Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal liabilitas jangka pendek dan jawabannya terjadi pada siklus penggajian dan wesel bunga serta wesel tidak berbunga. Hutang jangka pendek menjadi kejadian transkasi yang sering dilakukan ketika perusahaan tidak memiliki kas cukup untuk membayarkan tagihan secara tunai.

Contoh soal hutang jangka pendek dan jawabannya berkaitan dengan potongan gaji dan tunjangan pajak. Pengertian hutang menurut para ahli adalah kewajiban perusahaan yang diakibatkan transaksi masa lalu tentang penggunaan barang atau jasa milik lawan transaksi yang harus dibayar dengan kas dan setara kas.

Penyajian liabilitas jangka pendek dalam laporan keuangan disajikan berdasarkan tanggal jatuh tempo tagihan tersebut. Contoh soal essay dan pilihan ganda utang jangka pendek dapat dilakukan pelunasan dengan menggunakan kas atau aktiva lain bahkan terjadi pertukaran dengan liabilitas jangka panjang.

Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya


Pengertian Liabilitas Jangka Pendek Menurut Para Ahli

Pengertian liabilitas jangka pendek menurut para ahli adalah kewajiban yang timbul sebagai akibat transaksi perdagangan dimasa lalu yang harus diselesaikan dalam waktu yang disepakati. Contoh kewajiban lancar adalah utang wesel, hutang usaha, pendapatan diterima dimuka dan hutang pajak.

Pengertian hutang jangka pendek menurut para ahli adalah liabilitas yang ditimbulkan sebagai akibat penggunaan aktiva tetap milik perusahaan lain. Perusahaan yang memiliki hutang lancar lebih besar daripada aktiva lancar menunjukan adanya rasio solvabilitas yang rendah.

Definisi liabilitas jangka pendek menurut para ahli adalah tagihan yang harus dibayarkan perusahaan kurang dari satu tahun fiskal sebagai akibat penjualan kredit atau kontrak kerjasama. Nilai liabilitas harus kurang dari nilai aktiva lancar agar perusahaan dapat melunasi tagihan sebelum terjadi kebangkrutan.

Baca Juga: Cara Menghitung PPh Pasal 21 Karyawan Tetap dan Upah Borongan

Contoh Soal Pilihan Ganda Hutang Jangka Pendek

Contoh soal pilihan ganda hutang jangka pendek berperan sebagai pemberian modal milik lawan transaksi. Aktiva perusahaan terdiri dari modal yang disetorkan oleh investor ditambahkan dengan liabilitas yang terjadi sebagai akibat adanya transaksi penjualan kredit dengan lawan transaksi.

Contoh soal essay dan pilihan ganda liabilitas jangka pendek menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Rumus utang jangka pendek adalah total aktiva perusahaan dikurangi modal investor dan liabilitas jangka panjang yang harus dilunasi untuk beberapa periode mendatang.

Contoh soal pilihan ganda liabilitas jangka pendek harus menyesuaikan kebijakan akuntansi perusahaan. Apa saja yang termasuk hutang jangka pendek adalah seluruh tagihan yang harus dibayarkan perusahaan kurang dari satu tahun fiskal seperti hutang pajak, hutang dagang dan hutang gaji karyawan.

Baca Juga: Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Contoh Kasus Liabilitas Jangka Pendek dan Penggajian

Contoh kasus liabilitas jangka pendek dan penggajian terjadi ketika perusahaan akan membayarkan pajak penghasilan pasal 21, 22, 23, 24 dan 26 serta schedule pembayaran hutang yang jatuh tempo. Pendapatan diterima dimuka menjadi masalah dalam pajak pertambahan nilai bagi perusahaan.

Contoh liabilitas jangka pendek seperti pendapatan diterima dimuka, hutang dagang, hutang wesel, hutang pajak, hutang bpjs ketenagakerjaan dan biaya listrik bulanan. Pembayaran liabilitas jangka pendek dapat menggunakan kas dan setara kas menyesuaikan kebijakan pelunasan tagihan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban liabilitas jangka pendek terjadi pada PT Kakraffi yang membayarkan gaji karyawan sebanyak Rp 43.300.000 dimana terdapat hutang pph pasal 21 sebesar Rp 1.410.000 dan potongan bpjs ketenagakerjaan sebesar Rp 4.090.000. Bagaimana jurnal pengajian yang harus dicatat perusahaan?

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/04/2021Beban Gaji Rp 43.300.000
Hutang PPH pasal 21 Rp 1.410.000
Hutang BPJS ketenagakerjaan Rp 4.090.000
Kas Rp 37.800.000
(Jurnal penggajian karyawan)
10/05/2021Hutang PPh pasal 21 Rp 1.410.000
Hutang BPJS Ketenagakerjaan Rp 4.090.000
Kas Rp 5.500.000
(Jurnal pelunasan hutang jangka pendek)

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Angsuran dan Pembahasannya

Demikian contoh soal liabilitas jangka pendek dan jawabannya semoga perusahaan dapat menyajian hutang perusahaan sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Pilihan ganda dan soal essay akuntansi keuangan menengah menjadi pedoman dalam membuat laporan posisi keuangan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Liabilitas Jangka Pendek dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel