Pengertian Akuntansi Sektor Publik, Ruang Lingkup, Tujuan dan Karakteristik

Konten [Tampil]

Pengertian akuntansi sektor publik menurut para ahli tentunya harus dikatikan dengan ruang lingkup, tujuan dan karakteristik dari sistem akuntansi yang digunakan diperusahaan. Mekanisme mengelola dana masyarakat harus dipertanggungjawabkan agar dapat mengetahui organisasi sektor publik yang menggunakan dana masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan.

Karakteristik akuntansi sektor publik akan berguna untuk menganalisis dan menggunakan teknik akuntansi dalam pengelolaan dana masyarakat pada organisasi sektor publik. Contoh organisasi sektor publik adalah BUMN, BUMD, LSM dan yayasan sosial yang mengolah dana umum untuk berbagai tujuan.

Ruang lingkup akuntansi sektor publik akan dimulai dari perencanaan publik, penganggaran, realisasi anggaran, pengadaan barang dan jasa sampai pelaporan keuangan sektor publik. Perbedaan sektor publik dan sektor swasta berkaitan dengan pengelolaan dana yang ada pada organisasi nirlaba dan organisasi laba.

Pengertian Akuntansi Sektor Publik, Ruang Lingkup, Tujuan dan Karakteristik


Pengertian Akuntansi Sektor Publik Menurut Para Ahli

Pengertian akuntansi sektor publik menurut para ahli adalah sistem pencatatan yang dikhususkan untuk organisasi nirlaba agar dapat melaporkan kinerja keuangan atas dana masyarakat yang dikelolanya. Dana masyarakat adalah ada yang dimiliki oleh masyarakat melalui pengumpulan pajak atau pemungutan lainnya sehingga tidak mungkin dimiliki oleh individual saja.

Pengertian akuntansi sektor publik menurut para ahli adalah penerapan teknik dan analisis akuntansi pada organisasi nirlaba seperti BUMN dan BUMD agar dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana masyarakat. Akuntansi sektor publik disebut juga akuntansi pemerintahan artinya sistem akuntansi yang dipraktikkan untuk organisasi sektor publik.

Definisi akuntansi sektor publik menurut para ahli adalah sistem informasi tentang kinerja keuangan dari penggunaan dana masyarakat yang dilaporkan oleh organisasi sektor publik. Akuntansi dianggap sebagai bahasa bisnis, karena seluruh informasi perusahaan sudah terdapat pada laporan keuangan tahunan yang diterbitkan.

Baca Juga: Pengertian Management Letter dan Contohnya

Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Publik

Ruang lingkup akuntansi sektor publik adalah seluruh organisasi sektor publik yang meliputi lembaga dan departemen pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dahulunya, sistem perekonomian terpusat pada pihak swasta yang mengakibatkan peranan pemerintah cenderung berkurang bahkan terdapat batasan dalam penyelenggaraan pemerintah.

Ruang lingkup akuntansi sektor publik harus dipertanggungjawabkan dalam laporan penggunaan dana masyarakat yang diatur dalam kerangka standar akuntansi sektor publik. Globalisasi menjadi faktor utama yang mengakibatkan adanya kesadaran untuk memperbaiki pelayanan publik sebagai pengelolaan dana masyarakat.

Ruang lingkup akuntansi sektor publik di indonesia adalah seluruh departemen dan institusi yang ada di pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah. Terdapat beberapa bidang akuntansi sektor publik diantaranya.

  1. Akuntansi untuk pemerintah pusat dan daerah
  2. Akuntansi untuk partai politik dan LSM.
  3. Akuntansi untuk yayasan dan pendidikan.
  4. Akuntansi untuk bidang kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas.
  5. Akuntansi untuk tempat peribadatan umat manusia.

Baca Juga: Sejarah Akuntansi Sektor Publik

Tujuan Akuntansi Sektor Publik

Tujuan akuntansi sektor publik adalah mempertanggungjawabkan dana yang didapatkan dari masyarakat dalam penyediaan fasilitas publik. Agar makalah karakteristik akuntansi sektor publik dapat digunakan maka elemen-elemen akuntansi sektor publik harus dimasukkan dalam materi tersebut.

Tujuan akuntansi sektor publik adalah membuat perencanaan anggaran dengan mempertimbangkan proses realisasi anggaran untuk pengadaan barang dan jasa publik. Organisasi sektor publik harus melaporkan laporan posisi keuangan yang telah di audit oleh badan pemeriksa keuangan (BPK) pemerintah.

Tujuan akuntansi sektor publik adalah mengetahui realisasi penerimaan dan pengeluaran organisasi sektor publik atas pembelanjaan dan penerimaan dana masyarakat untuk pengadaan fasilitas umum. Laporan keuangan sektor publik akan dipublikasikan untuk pertanggungjawaban aparatur sipil negara.

Baca Juga: Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan

Demikian pengertian akuntansi sektor publik, ruang lingkup, tujuan dan karakteristik semoga dapat membantu membuat makalah dan memahami elemen akuntansi pemerintahan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Akuntansi Sektor Publik, Ruang Lingkup, Tujuan dan Karakteristik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel