Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Dagang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda piutang dagang dan jawabannya tentunya akan dilaporkan sesuai jumlah bersih yang diperkirakan dapat ditagihkan dari debitur. Piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung akan mengakibatkan adanya penerapan prinsip akuntansi yang berterima umum dalam akuntansi pengantar 2.

Contoh soal cadangan kerugian piutang dan jawabannya menjadi makalah piutang tak tertagih yang harus dipahami dalam melaporkan kejadian luar biasa seperti pelanggan mengalami kebangkrutan. Contoh kasus piutang tak tertagih seharusnya melaporkan piutang usaha sebesar nilai bersih piutang yang dapat direaliasikan.

Cara menghitung umur piutang dapat menjadi solusi ketika perusahaan menerapkan metode cadangan dan metode penghapusan piutang. Apa perbedaan antara penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih berakibat dari aktiva atau kekayaan perusahaan yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan.

Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Dagang dan Jawabannya


Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung mengakibatkan adanya perlakukan akuntansi yang berbeda ketika mencatat transaksi. Perbedaan penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih menjadi pilihan ganda dan essay yang harus dipilih agar menyesuaikan penerapan kebijakan akuntansi perusahaan.

Contoh soal piutang tak tertagih dan jawabannya ketika menggunakan metode penghapusan piutang mengakibatkan perusahaan kehilangan manfaat laporan posisi keuangan. Dalam laporan keuangan, akun cadangan kerugian piutang disajikan sebagai akun kontra dari piutang usaha yang termasuk akun aktiva perusahaan.

Contoh soal cadangan kerugian piutang dan pembahasannya berasal dari penjualan kredit. Resiko penjualan kredit adalah adanya kemungkinan perusahaan tidak memperoleh piutang usaha yang diberikan kepada pelanggan. Pengendalian internal piutang usaha yang cocok digunakan adanya diadakannya analisis kredit tentang kualitas kredit debitur sebelum melakukan transaksi.

Baca Juga: Cara Menghitung Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah

Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang dan Jawabannya

Contoh soal cadangan kerugian piutang dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi 2. Piutang usaha adalah tagihan yang diberikan kepada pelanggan sebagai akibat penyerahan barang atau jasa dimasa lalu dengan termin pembayaran secara kredit.

Cadangan kerugian piutang menjadi salah satu bentuk beban yang tidak dapat dijadikan sebagai biaya dalam perhitungan pajak penghasilan. Perbedaan antara kreditur dan debitur adalah pihak yang melaksanakan transaksi hutang piutang perusahaan selama satu periode akuntansi.

Contoh soal dan jawaban cadangan kerugian piutang menjadi pedoman dalam mengungkapkan piutang usaha perusahaan. Bagaimana pengendalian internal yang baik atas piutang dagang adalah dengan menugaskan analisis kredit untuk menilai kualitas kredit pelanggan sebelum memutuskan melakukan penjualan secara kredit.

Baca Juga: Contoh Soal Operating Lease dan Jawabannya

Cara Menghitung Umur Piutang dan Pembahasannya

Contoh cara menghitung umur piutang dan pembahasannya dilakukan dengan membandingkan antara cut-off periode akuntansi dengan tanggal tagihan yang dikirimkan kepada pelanggan. Pengukuran piutang dilakukan dengan mencatat penghapusan piutang tak tertagih yang belum dibayarkan pelanggan.

Contoh soal analisis umur piutang usaha dan jawabannya telah terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki piutang usaha sebesar Rp 66.000.000. Apabila PT Kakraffi menaksir kerugian piutang tak tertagih sebesar 2% dari piutang usaha? buatlah jurnal penyisihan piutang apabila telah terdapat rekening sebesar Rp 990.000.

Cara menghitung umur piutang usaha harus mengetahui jumlah hari yang ada setiap bulan yang dilalui perusahaan. Apabila taksiran umur piutang adalah 2% x Rp 66.000.000 = Rp 1.320.000. Maka, perusahaan harus membuat jurnal taksiran umur piutang usaha sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Kerugian Piutang Rp 330.000
Cadangan Kerugian piutang Rp 330.000

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Demikian contoh soal pilihan ganda piutang dagang dan jawabannya semoga dapat membantu membuat analisis umur piutang tak tertagih yang harus dilaporkan perusahaan setiap akhir periode.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Dagang dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel