Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan adalah tindakan akuntan perusahaan dalam rangka meningkatkan relevansi, keandalan dan daya banding laporan keuangan antar periode. Kebijakan akuntansi adalah seluruh prinsip dan dasar yang digunakan untuk menyusun dan menyajikan laporan keuangan.

Contoh soal kebijakan akuntansi perubahan estimasi dan koreksi kesalahan harus menerapkan prinsip materialitas. Pengertian materialitas menurut para ahli adalah apabila terjadi kesalahan dalam mencantumkan informasi akan menjadikan perusahaan mengalami adanya kesalahan pengambilan keputusan ekonomis.

Perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan harus diterapkan secara konsisten terhadap transaksi dan peristiwa sejenis dikemudian hari. Perusahaan hanya diperkenankan memperbarui kebijakan akuntansi ketika dipersyaratkan oleh PSAK atau meningkatkan keandalan laporan keuangan perusahaan.

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan


Pertanyaan Tentang Kebijakan Akuntansi dan Perubahan Estimasi

Pertanyaan tentang kebijakan akuntansi dan perubahan estimasi akan dilakukan ketika perusahaan dapat mengumpulkan dampak kumulatif dari adanya laporan keuangan yang tidak sesuai PSAK. Perusahaan harus melakukan perubahan secara retrospektif artinya entitas tidak menyesuaikan neraca saldo awal periode.

Pertanyaan tentang estimasi akuntansi menjadi salah satu kebijakan akuntansi. Transaksi estimasi akuntansi seperti penilaian masa manfaat aktiva tetap dan perubahan metode penilaian persediaan dari fifo ke average atau sebaliknya. Perusahaan diperkenankan tidak menerapkan kebijakan retrospektif ketika tidak terjadi dampak spesifik terhadap periode tersebut.

Pertanyaan tentang kebijakan akuntansi tentu harus diterapkan secara konsisten atas transaksi sejenis dimasa depan. Estimasi akuntansi adalah pos-pos laporan laba rugi yang dipengaruhi oleh adanya informasi pendapatan dan beban yang dapat diandalkan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Salam

Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan biasanya terjadi pada akun-akun yang memiliki masa manfaat lebih dari satu periode. Contoh perubahan akuntansi adalah perubahan metode penilaian persediaan dari FIFO ke Average atau dari Average ke FIFO.

Contoh soal kebijakan akuntansi perubahan estimasi dan koreksi kesalahan harus diungkapkan oleh perusahaan ketika terjadi dampak terhadap periode berjalan atau diperkirakan berdampak pada periode selanjutnya. Penilaian terhadap kelangsungan usaha perusahaan menjadi hak dari auditor dalam menyampaikan temuan auditnya.

Contoh perubahan kebijakan akuntansi dan perubahan estimasi terjadi pada PT Kakraffi dimana periode 2020 menggunakan metode FIFO dan periode 2021 menggunakan metode Average. Informasi perubahan kebijakan akuntansi sebagai berikut:

Keterangan20202021
Penjualan Rp 8.000.000 Rp 8.000.000
Pembelian Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
Beban Operasi Rp 1.000.000 Rp 1.200.000
Persediaan FIFO Rp 500.000 Rp 600.000
Persediaan Averaga Rp 400.000 Rp 500.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Cara Menghitung Perubahan Estimasi dan Koreksi Kesalahan

Cara menghitung perubahan estimasi dan koreksi kesalahan akan melibatkan adanya penerapan kebijakan retrospektif dalam akuntansi keuangan menengah. Penerapan retrospektif adalah perubahan kebijakan akuntansi yang baru dimana adanya koreksi terhadap pengakuan, pengukuran atas transaksi yang telah terjadi.

Cara menghitung perubahan kebijakan estimasi akuntansi dan koreksi kesalahan akan melibatkan adanya pembaruan dalam laporan posisi keuangan. Laporan posisi keuangan yang berubah-ubah mengakibatkan timbulnya kecurigaan stakeholder atas informasi keuangan perusahaan dan kinerja keuangan satu periode.

Contoh perhitungan perubahan retrospektif dilakukan dengan membuat jurnal perubahan metode penilaian persediaan FIFO ke Average dan menyesuaikan laporan perubahan ekuitas perusahaan periode sebelumnya. Adapun jurnal penyesuaian atas kebijakan akuntansi yang baru adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020Laba Ditahan Rp 100.000
Persediaan Rp 100.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pajak Penghasilan dan Jawabannya

Demikian contoh soal perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan semoga dapat membantu penyesuaian terhadap estimasi penilaian yang dilakukan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel