Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan berisikan informasi tentang bagaimana masing-masing sekutu mendirikan firma. Neraca pendirikan firma harus segera dibentuk ketika masing-masing sekutu telah menyetorkan kas dan aktiva lainnya agar dapat dinilai sesuai dengan harga wajar pada saat penyerahan.

Contoh soal dan jawaban pembentukan firma menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan yang harus dibuatkan makalah oleh calon akuntan. Akuntansi pendirian firma terdiri dari persekutuan yang didirikan oleh anggota yang belum memiliki usaha atau anggota yang sudah memiliki usaha sehingga mempermudah proses administrasinya.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan menjadi hal yang harus diketahui oleh masing-masing sekutu yang terlibat. Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan dapat menjadi pilihan bagi investor untuk menginvestasikan dana dalam bentuk perseroaan terbatas atau persekutuan firma.

Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan


Contoh Laporan Keuangan Persekutuan Firma

Contoh laporan keuangan persekutuan firma harus dapat menjelaskan tentang keberadaan harta dan hutang perusahaan sebagai hasil dari kinerja operasional. Neraca dan laporan laba rugi harus dibuatkan per periode sehingga dapat menjelaskan keberhasilan perusahaan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Contoh neraca pada saat pendirian persekutuan menjadi pertimbangan bagi sekutu ketika menyerahkan aktiva selain kas sebagai investasinya. Aktiva non kas yang diserahkan ke firma akan diperhitungkan nilai wajar pada saat penyerahan atau nilai sesuai dengan kesepakatan masing-masing sekutu.

Akta pendirian persekutuan hendaknya dibentuk untuk menjelaskan hak dan tanggungjawab dari masing-masing sekutu. Pembagian laba rugi persekutuan menjadi prioritas karena masing-masing sekutu akan berusaha memperoleh laba bagi perusahaan agar memperoleh bagi hasil yang lebih besar pada akhir periode.

Baca Juga: Contoh Soal Kepemilikan Saham Utama Kumulasi dan Berpartisipasi

Contoh Soal Pembentukan Firma Oleh Anggota Yang Belum Memiliki Usaha

Contoh soal pendirian firma oleh anggota yang belum memiliki usaha menjadi bagi dari perhitungan akuntansi keuangan lanjutan 1. Persekutuan adalah organisasi yang berusaha memperoleh laba yang telah didirian sesuai dengan modal yang telah disetorkan masing-masing sekutu dan memiliki pertanggungjawaban yang tidak terbatas.

Soal dan jawaban akuntansi pembentukan persekutuan harusnya mempertimbangkan syarat pengambilan modal dan penambahan modal sekutu. Adanya prosedur penerimaan anggota baru, keluarnya anggota lama bahkan proses likuidasi firma harus diterangkan dalam akta pendirian perseroaan terbatas.

Perbedaan firma dan perseroan terbatas tentunya harus menggunakan kebijakan akuntansi yang berbeda. Adanya perbedaan temporer dan perbedaan permanen dalam perhitungan pajak penghasilan dan kebijakan akuntansi yang diterapkan perusahaan membuat persekutuan harus memperhitungkan pajak pertambahan nilai sejak awal pendirian.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Jurnal Pembentuan Persekutuan

Jurnal pembentukan persekutuan dapat digunakan untuk membuat neraca saldo awal. Laporan posisi keuangan persekutuan pada awal periode menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menginvestasikan kas menjadi aset tetap untuk menjalankan kegiatan operasional agar memperoleh laba tahun berjalan.

Jurnal pembentukan firma menjadi upaya pertanggungjawaban pihak akuntan dalam melakukan pembayaran dan penerimaan kas pada periode tersebut. Contoh laporan keuangan firma menjadi hal yang harus dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan wewenang sehingga tidak terpenuhinya hak dan tanggungjawab masing-masing sekutu.

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan terjadi pada Firma Kakraffi yang didiririkan oleh dekraffi dan dekricky. Masing-masing sekutu telah menyetorkan uang kas sebesar Rp 62.000.000 dan Rp 10.000.000. Dekricky telah menyerahkan mesin produksi dengan nilai wajar Rp 49.000.000. Bagaimana cara membuat laporan keuangan awal periode.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Kas Rp 72.000.000
Aktiva Tetap Rp 49.000.000
Modal Dekraffi Rp 62.000.000
Modal Dekricky Rp 59.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan semoga dapat membantu masing-masing sekutu menilai aktiva tetap yang telah disetorkannya agar memperoleh pembagian laba rugi sesuai presentase di akta pendirian.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel