Contoh Soal Operating Lease dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal operating lease dan finance lease berkaitan dengan materi akuntansi keuangan menengah tentang akuntansi sewa. Sewa adalah kegiatan pengalihan hak penggunaan dan pemanfaatan aktiva tetap kepada pihak tertentu untuk dipergunakan dalam jangka waktu yang disepakati.

Contoh transaksi finance lease dan leverage lease dapat dilakukan untuk menghindari adanya pencatatan yang tidak sesuai transaksii yang dilakukan. Sewa operasi adalah transaksi sewa menyewa dalam jangka pendek dimana tidak terjadi peralihan kepemilikan aktiva tetap pada akhir periode.

Contoh soal sewa guna usaha terdiri dari finance lease dan operating lease. Kasus sewa guna usaha menjadi bahasan dalam makalah akuntansi sewa untuk keuangan menengah. Skedul amortisasi lease untuk lessor dan lessee dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan aktiva tetap.

Contoh Soal Operating Lease dan Jawabannya


Kelebihan dan Kekurangan Sewa Operasi (Operating Lease)

Pengertian sewa operasi menurut para ahli adalah akad sewa guna usaha yang tidak akan mengalihkan kepemilikan barang setelah masa berakhirnya transaksi sewa. Aktiva tetap lease menjadi tanggungjawab pemilik barang atau pihak yang menyewakan dan penyewa tidak diperkenakankan mengakuinya sebagai aktiva tetap.

Kelebihan sewa operasi dalam akuntansi sewa menyewa menjadikan rasio keuangan perusahaan terlihat lebih bagus dan perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan. Perusahaan akan menghemat arus kas dimasa depan karena hanya mengeluarkan biaya sewa setiap periodenya.

Kekurangan operating lease untuk lessor adalah tidak diperkenankan diakui sebagai aktiva perusahaan. Ketika perusahaan melakukan sewa operasi maka perusahaan akan menanggung biaya sewa yang lebih besar dan kesulitan dalam memanfaatkan aktiva ketika adanya perubahan tehnologi.

Baca Juga: Contoh Soal Profit Sharing dan Revenur Sharing

Contoh Transaksi Finance Lease dan Leverage Lease

Contoh transaksi finance lease dan leverage lease dapat dijadikan materi akuntansi keuangan menengah tentang sewa guna usaha. Perbedaan finance lease dan operating lease adalah perpindahan kepemilikan aktiva tetap pada akhir periode setelah kontrak sewa berakhir.

Contoh kasus sewa guna usaha terdiri dari sewa operasi dan sewa pembiayaan. Sewa pembiayaan adalah akad sewa dimana akan terjadi transfer resiko dan manfaat penggunaan aktiva tetap pada akhir periode pembayaran sewa. Aktiva sewa pembiayaan akan diakui sebagai aset milik penyewa.

Contoh soal leasing manajemen keuangan dapat berbentuk pilihan ganda atau soal essay. Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang dirancang untuk mencatat transaksi yang berasal dari jurnal atau formulir keuangan. Pembukuaan berganda (double entry system) dipergunakan dalam rangka mencegah adanya manipulasi data keuangan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Soal dan Jawaban Sewa Operasi (Operating Lease)

Contoh soal sewa operasi dan sewa pembiayaan menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Perbedaan operating lease dan finance lease adalah perpindahan kepemilikan aset tetap pada akhir masa pembayaran sewa. Laporan arus kas tentang aktivitas investasi akan memperlihatkan informasi tentang pembelian dan penjualan aktiva tetap.

Contoh soal operating lease dan jawabannya terjadi pada PT Kakraffi yang menyewa kendaraan selama 6 tahun dengan pembayaran Rp 600.000 setiap periodenya. Apabila biaya perolehan kendaraan sebesar Rp 50.100.000 dan disusutkan dengan metode garis lurus. Buatlah jurnal beban sewa yang dibayarkans setiap bulannya.

Jurnal transaksi sewa operasi yang dilakukan perusahaan hanyalah mengakui jumlah yang dibayarkan setiap periodenya. Sewa operasi adalah sewa guna usaha yang tidak memindahkan kepemilikan aktiva tetap pada akhir periode sehingga perusahaan hanya mencatat transaksi pembayaran sewa saja. Adapun jurnal biaya sewa adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Sewa Rp 600.000
Kas di Bank Mandiri Rp 600.000

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pajak Penghasilan dan Jawabannya

Demikian contoh soal operating lease dan jawabannya semoga perusahaan dapat mengakui akuntani sewa guna usaha yang harus dilaporkan dalam laporan posisi keuangan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Operating Lease dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel