Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill dan Metode Bonus

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban metode goodwill dan metode bonus menjadi salah satu cara masuk anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama. Perubahan kepemilikan persekutuan mengakibatnya adanya perubahan terhadap persentase pembagian laba rugi sesuai dengan akta pendiri yang telah disepakati.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan firma dapat terjadi ketika kegiatan operasional mengalami keuntungan dan kerugian tahun berjalan. Penyebab terjadinya perubahan pemilik modal firma adalah penambahan dan pengurangan kekayaan yang diakibatkan berubahnya komposisi sekutu di firma.

Sebutkan dan jelaskan metode pencatatan masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya sekutu lama bergantung pada kebijakan akuntansi yang digunakan. Jika salah satu anggota firma meninggal dunia maka persekutuan akan dibubarkan secara hukum atau dapat dilanjutkan dengan mengubah akta pendirian.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill dan Metode Bonus


Akuntansi Perubahan Pemilikan Firma

Akuntansi perubahan pemilikan firma akan terjadi karena berjalannya kegiatan operasional yang meningkatkan keuntungan atau kerugian tahun berjalan. Jika salah satu anggota persekutuan meninggal duna maka firma akan dibubarkan atau diperkenankan mengganti sekutu baru dengan membeli hak sekutu lama.

Akuntansi perubahan pemilikan persekutuan terjadi ketika adanya perubahan dalam keanggotaan firma. Apa penyebab perubahan kepemilikan firma yaitu adanya anggota baru yang masuk dan anggota lama yang keluar dari kegiatan usaha serta sekutu yang meninggal dunia dalam menjalankan kegiatan operasional.

Contoh kasus akuntansi perubahan pemilikan persekutuan dapat menggunakan metode pencatatan masuknya anggota sekutu baru yaitu metode goodwill dan metode bonus. Kebijakan akuntansi persekutuan memperkenankan perusahaan menggunakan salah satu metode goodwill atau metode bonus dalam mengakui nilai lebih salah satu sekutu yang bergabung.

Baca Juga: Contoh Kasus Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Apa Penyebab Terjadinya Perubahan Kepemilikan Persekutuan

Apa penyebab terjadinya perubahan kepemilikan persekutuan dikarenakan adanya tindakan seorang sekutu mengurangi atau menambah kekayaan diperusahaan. Mutasi modal adalah ringkasan tentang penambahan dan pengurangan modal yang telah disetorkan masing-masing sekutu dalam menjalankan kegiatan usaha.

Penyebab terjadinya perubahan pemilikan persekutuan bergantung pada karakteristik firma seperti limited life dan ownership of interest in a partnership yang artinya firma memiliki umur terbatas dan seluruh kekayaan yang telah disetorkan sekutu menjadi hak dari sekutu lainnya.

Apa penyebab terjadinya perubahan kepemilikan persekutuan adalah adanya keuntungan dan kerugian yang diakibatkan kegiatan operasional yang menghasilkan laba atau rugi tahun berjalan. Firma yang memperoleh keuntungan akan menarik minat investor baru untuk menambah kekayaan sehingga memperluas pangsa pasar penjualannya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Persekutuan Firma

Contoh Soal Metode Goodwill dan Metode Bonus dan Jawabannya

Contoh soal metode goodwill dan metode bonus dalam persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi pembahasan tentang masuknya sekutu baru dalam firma. Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan akan terjadi ketika adanya perubahan terhadap komposisi pemodal yang sesuai akta pendirian.

Contoh soal dan jawaban metode goodwill dan metode bonus berkaitan dengan proses pembagian laba rugi persekutuan. Jika salah satu anggota sekutu meninggal dunia maka persekutuan akan dibubarkan karena tidak sesuai dengan karakteristik firma. Perseroan terbatas tidak akan berubah walaupun terjadi perubahan pemilik saham.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan terjadi pada Firma Anugerah yang telah berdiri sejak 2020. Pemilik modalnya adalah bapakraffi dan iburaffi dengan modal akhir sebesar Rp 11.000.000 dan Rp73.000.000. Apabila sekutu baru masuk ke firma dengan menyetorkan kekayaan sebesar Rp 23.000.000 dan memperoleh hak sebesar 25% dari total kekayaan firma yang baru. Buatlah jurnal masuknya anggota sekutu baru tersebut?

Jumlah Modal Firma
- Bapakraffi Rp 11.000.000
- Iburaffi Rp 73.000.000
- Sekutu Baru Rp 23.000.000
Total Kekayaan Rp 107.000.000
Hak Modal Sekutu Baru Rp 26.750.000
Kelebihan Setoran Rp 3.750.000
Pemberian bonus
- Bapakraffi Rp 491.071
- Iburaffi Rp 3.258.929
Pengurang Hak Sekutu Lama Rp 3.750.000

Masuknya anggota sekutu baru harus diakui dengan metode goodwill atau metode bonus. Apabila persekutuan menggunakan metode bonus, maka jurnal yang harus dibuat pada saat penambahan kekayaan firma adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Kas Rp 23.000.000
Modal Bapakraffi Rp 491.071
Modal Iburaffi Rp 3.258.929
Modal Sekutu Baru Rp 26.750.000

Baca Juga: Perbedaan Metode Bonus dan Metode Goodwill

Demikian contoh soal dan jawaban metode goodwill dan metode bonus semoga dapat membantu membuat necara saldo awal pendirian firma. Akuntansi pendirian firma dan akuntansi perubahan kepemilikan firma menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan yang harus dipahami calon akuntan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill dan Metode Bonus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel