Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill untuk Anggota Baru

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban metode goodwill untuk anggota sekutu baru menjadi metode yang digunakan untuk mencatat transaksi nilai lebih diakui sebagai harta perusahaan. Penerimaan sekutu baru akan mengubah komposisi modal perusahaan yang mengakibatkan perubahan terhadap laporan posisi keuangan yang dihasilkan.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan dapat dilakukan sebagai upaya firma mencatat transaksi tambahan kekayaan yang berasal dari pemilik modal. Perbedaan metode goodwill dan metode bonus adalah pengaruh terhadap modal akhir dari masing-masing sekutu dan pembagian laba rugi persekutuan yang dihasilkan.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dan jawabannya dapat menjadi pilihan karena adanya pertumbuhan dan penyesuaian kondisi ekonomi. Buatlah neraca persekutuan baru dengan metode bonus dan goodwill bergantung pada kebijakan akuntasi yang diterapkan diperusahaan tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill untuk Anggota Baru


Metode Masuknya Anggota Sekutu Baru dalam Persekutuan

Metode masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan berpengaruh terhadap struktur kepemilikan anggota firma. Adanya perubahan komposisi sekutu firma mengakibatkan pembubaran persekutuan dan digantikan dengan firma baru sesuai dengan akta pendirian yang akan direvisi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan metode pencatatan metode goodwill dan metode bonus adalah transaksi yang dilakukan sebagai upaya perusahaan mendistribusikan selisih nilai dari harta yang disetorkan anggota baru terhadap hak modal pada laporan posisi keuangan. Pembubaran firma adalah proses mendirikan firma dengan memasukkan anggota sekutu baru.

Bagaimana cara menghitung metode goodwill dan metode bonus dalam masuknya anggota sekutu baru dan anggota sekutu lama tentunya berkaitan dengan prosedur kebijakan akuntansi yang diterangkan dalam akta pendirian. Akuntansi perubahan pemilikan firma terdiri dari perubahan karena adanya anggota baru atau perubahan karena adanya anggota yang keluar atau meninggal dunia.

Baca Juga: Cara Menghitung Bagi Hasil Mudharabah

Contoh Soal Metode Bonus dan Metode Goodwill

Contoh soal metode bonus dan metode goodwill adalah cara yang digunakan akuntan untuk mendistribusikan setoran modal sekutu baru. Anggota sekutu baru dapat masuk dengan membeli hak sekutu lama atau menanamkan modal atau kekayaan pada persekutuan firma perusahaan.

Contoh soal dan jawaban metode bonus dan metode goodwill dapat dilakukan sebagai upaya perusahaan mencatat nilai lebih dari anggota sekutu baru. Goodwill adalah akun yang digunakan untuk mencatat nilai lebih seperti keahlian, ketenaran nama bahkan kemampuan sekutu untuk membantu memperoleh laba.

Contoh kasus metode bonus dan metode goodwill berkaitan dengan proses perhitungan jumlah modal yang masuk setelah adanya tambahan modal dari sekutu baru atau lama. Cara menghitung hak sekutu baru dilakukan dengan menerapkan pasal dalam akta pendirian sehingga dapat ditentukan pembagian laba rugi perusahaan yang harus dibagikan ke sekutu.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Sewa dan Pembahasannya

Contoh Kasus Likuidasi Akibat Perubahan Pemilik

Contoh soal likuidasi akibat perubahan pemilik dapat terjadi karena firma mengalami keuntungan yang menarik minat investor baru. Cara menentukan goodwill dan bonus yang diterima oleh sekutu baru harus membandingkan antara kekayaan yang disetorkan dengan hak modal di laporan posisi keuangan.

Contoh kasus likuidasi akibat perubahan pemilik hanya terjadi ketika firma memperoleh kerugian selama beberapa periode. Kerugian fiskal dapat ditanggung selama 5 tahun sehingga persekutuan yang memperoleh kerugian tidak perlu membayarkan pajak penghasilan badan ke kas negara.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan terjadi pada Firma Kakraffi yang didirikan oleh sekutu aktif yaitu dekraffi dan mbakraffi. Laporan posisi keuangan menunjukan modal sebesar Rp 56.000.000 dan Rp 42.600.000. Apabila sekutu baru menyerahkan kas sebesar Rp 53.000.000 dan memperoleh hak 40% dari total kekayaan firma yang baru. Buatlah jurnal masuknya anggota sekutu baru tersebut?

Cara menghitung goodwill dan bonus yang diterima oleh sekutu baru dilakukan dengan membandingkan kekayaan yang telah disetorkan dengan hak sekutu baru yang diakui. Contoh perhitungan nilai lebih anggota sekutu baru adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
21/01/2021Kas Rp 53.000.000
Goodwill Rp 7.640.000
Modal Sekutu baru Rp 60.640.000

Ayat jurnal masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan harus dibuat bersamaan dengan perubahan akta pendirian. Metode goodwill dan metode bonus dapat digunakan sebagai materi akuntansi keuangan lanjutan 1. Adapun jurnal perubahan pemilikan anggota sekutu adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
21/01/2021Kas Rp 53.000.000
Goodwill Rp 7.640.000
Modal Sekutu baru Rp 60.640.000

Baca Juga: Contoh Kasus Pembagian Laba Rugi Persekutuan

Demikian contoh soal dan jawaban metode goodwill untuk anggota baru semoga dapat membantu proses siklus akuntansi keuangan lanjutan. Ayat jurnal penyesuaian persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi pembahasan yang harus dipahami dalam proses perubahan pemilikan persekutuan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Metode Goodwill untuk Anggota Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel