Contoh Soal Perhitungan Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan akad ijarah muntahiya bittamlik adalah transaksi sewa menyewa yang mengakibatkan perpindahan kepemilikan barang pada akhir periode. Pengertian akuntansi ijarah adalah transaksi sewa menyewa untuk mengalihkan hak penggunaan atau manfaat barang pada periode tertentu.

Pengertian ijarah menurut para ahli adalah sewa menyewa barang yang mengalihkan hak penggunaan aktiva tetap dari pemilik barang ke penyewa. Contoh soal akad ijarah dan jawabannya mengharuskan perusahaan harus melaporkan sebagai penambah manfaat perusahaan yang tidak dikenakan pajak penghasilan badan.

Contoh soal dan jawaban akad ijarah bisa terjadi penjualan barang sebelum masa sewa berakhir. Selisih harga jual dengan nilai buku akan dicatat sebagai keuntungan dan kerugian periode berjalan. Kumpulan pertanyaan tentang akuntansi ijarah tentu melibatkan adanya perpindahan hak milik perusahaan.

Contoh Soal Perhitungan Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik


Pengertian dan Contoh Kasus Pembiayaan Ijarah

Pengertian akad ijarah menurut para ahli adalah transaksi sewa menyewa barang dimana dapat terjadi perpindahan hak milik ketika selesai masa sewanya. Contoh kasus pembiayaan ijarah dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelian kendaraaan bemotor dengan cara leasing atau sewa guna usaha.

Kasus pembiayaan ijarah dapat menerapkan sistem informasi akuntansi di perusahaan manufaktur. Pengendalian internal menjadi solusi agar pelaksanaan transaksi berjalan sesuai dengan prinsip dan akad syariah. Pengertian syariah adalah hukum yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya.

Pengertian akad ijarah muntahiya bittamlik menurut para ahli adalah akad perjanjian perpindahan hak milik barang yang disewa pada akhir periode dengan cara hibah atau janji untuk menjual. Ijarah atau sewa operasi bagi pemilik akan mengakui adanya beban depresiasi dan beban pemeliharaan aset leasing.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Musyarakah dan Jawabannya

Contoh Soal Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya

Contoh soal ijarah muntahiya bittamlik dan jawabannya harus mengikuti asas transaksi syariah yaitu persaudaraan, keadilan, kemaslahatan dan universalime dalam menjalankan pencatatan akuntansi. Akuntansi ijarah bagi penyewa akan melibatkan biaya sewa setiap bulannya dan ditambah dengan biaya pemeliharaan aktiva tetap.

Contoh soal ijarah muntahiya bittamlik dan jawabannya memungkinkan terjadi perpindahan hak milik dengan cara penjualan. Apabila terjadi penjualan sebelum masa akad selesai, maka selisih nilai buku dan harga jual dapat diperlakukan sebagai keuntungan atau kerugian pada akhir masa tersebut.

Contoh soal ijarah dan penyelesaiannya dapat menggunakan metode saldo menurun berganda atau garis lurus dalam melakukan depresiasi. Perlu diketahui, nilai residu dalam perpajakan tidak boleh menjadi pengurang biaya perolehan sehingga disarankan perusahaan tidak menetapkan nilai residu aktiva tetap.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akad Salam

Contoh Transaksi dan Pencatatan Akad Ijarah

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah muntahiya bittamlik dapat menyesuaikan dengan prinsip dan akad transaksi syariah. Tujuan akad ijarah dilaksanakan adalah memperoleh keuntungan yang berasal dari pendapatan sewa atau penjualan aktiva tetap setelah berakhirnya masa penggunaan.

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah bagi pemilik barang akan diakui adanya beban pemeliharaan dan beban depresiasi aktiva leasing. Pemilik barang leasing dapat menggunakan metode saldo menurun berganda atau garis lurus ketika ingin menyusutkan biaya perolehan aktiva tetap.

Contoh perhitungan akad ijarah muntahiya bittamlik terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki motor dengan harga perolehan Rp 44.210.000. Apabila motor disewakan dengan harga Rp 1.420.000 selama 3 tahun dan diberikan kepada penyewa dengan cara hibah. Berapakah keuntungan akad ijarah yang didapatkan?

Pendapatan Ijarah Rp 51.120.000
Penyusutan Mobil Rp 44.210.000
Pendapatan Kotor Rp 6.910.000
Nilai Sisa Rp -
Pendapatan Bersih Rp 6.910.000

Baca Juga: Contoh Soal Profit Sharing dan Revenue Sharing

Demikian contoh soal perhitungan akad ijarah muntahiya bittamlik semoga dapat membantu memahami alur akuntansi syariah transaksi ijarah sehingga dapat menjawab pertanyaan tentang akad transaksi sewa menyewa dalam hukum islah.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Perhitungan Akad Ijarah Muntahiya Bittamlik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel