Contoh Soal Akad Murabahah dan Penyelesaiannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akad murabahah dan penyelesaiannya menjadi kasus akuntansi syariah yang berlangsung antara penjual barang dengan pembeli barang. Murabahah adalah akad jual beli suatu barang yang ditambah sejumlah keuntungan tertentu dimana nilainya telah ditentukan antara pihak-pihak yang terlibat.

Pertanyaan tentang akuntansi transaksi murabahah biasanya berkaitan dengan dalil al-quran dan hadist serta rukun akad murabahah. Acuan alternatif akuntansi murabahah adalah penjual yang menyerahkan barang dimana nilainya sudah dinaikkan sesuai kesepatakan bersama.

Contoh kasus akuntansi murabahah menjadi materi akuntansi syariah. Pencatatan jurnal akuntansi murabahan terdiri dari penjual dan pembeli. Untuk transaksi apa sajakah murabahah cocok digunakan yaitu transaksi barang yang memiliki nilai ekonomis dan berharga untuk diperjualbelikan di pasar.

Contoh Soal Akad Murabahah dan Penyelesaiannya


Contoh Soal Akuntansi Murabahah dan Penyelesaiannya

Contoh soal akuntansi murabahah dan penyelesaiannya dalam akad syariah akan terjadi ketika penjual dan pembeli telah sepakat untuk melakukan suatu hal. Pencatatan transaksi murabahah akan dilakukan mengingat bahwa penjual telah menyerahkan barang beserta keuntungan yang telah disepakati bersama.

Contoh soal transaksi murabahah hampir sama dengan jual beli pada umumnya. Untuk transaksi apa sajakah murabahah cocok digunakan yaitu untuk transaksi yang menganut prinsip syariah dalam mengelola dana investor. Rukun akad murabahah yang harus dipenuhi adalah:

  1. Pembeli
  2. Penjual
  3. Barang yang diperjualbelikan
  4. Harga barang
  5. Ijab Qabul

Contoh soal akuntansi murabahah dan penyelesaiannya terjadi ketika Kakraffi memiliki uang sebesar Rp 620.000.000. Masraffi menghubungi bank syariah untuk mendapatkan dana agar dapat mengatasi kekurangan pembelian mobil seharga Rp 914.000.000. Apabila bank syariah menerapkan keuntungan tahun pertama sebesar 8% dan faktor stabilizer nilai beli uang yang dipinjam selama 2 tahun sebesar dua kali inflasi (6%). Berapakah angsuran per bulan yang harus dibayarkan?

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Syariah

Pertanyaan Tentang Akuntansi Transaksi Murabahah

Pertanyaan tentang akuntansi transaksi murabahah biasanya berkaitan dengan rukun dan syarat akad, dalil al-quran dan hadist dan contoh akad murabahah dalam kehidupan sehari-hari. Rumus murabaah adalah jual beli dimana penjual telah menentukan tingkat keuntungan yang harus dikembalikan oleh pembeli.

Pertanyaan tentang akuntansi transaksi murabahah terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti seorang ibu yang menjual roti diatas harga pokok penjualan. Acuan alternatif transaksi murabahah adalah alquran dan hadist. Penjual harus dapat menentukan tingkat inflasi dan cost recovery untuk menentukan biaya tersebut.

Pertanyaan tentang transaksi murabahah dalam akuntansi syariah dapat menggunakan pertimbangkan profit sharing dan revenue sharing. Bank syariah berperan sebagai penjual dan nasabah berperan sebagai pembeli dalam akad murabahah.

Baca Juga: Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah

Pencatatan Jurnal Akuntansi Murabahah

Jurnal akuntansi murabahah akan dibuat ketika pembel telah sepakat atas dasar harga dan keuntungan yang disepakai. Pencatatan transaksi murabahah untuk penjual dan pembeli dapat dipergunaan dalam rangka memperoleh keuntungan yang sesuai prinsip syariah yang berlaku.

Cara menghitung angsuran akad murabahah berdasarkan contoh soal transaksi murabahah dan penyelesaiannya dapat dilakukan dengan mempertimbangkan inflasi dan cost recovery. Adapun angsuran yang harus dibayar per bulan adalah

Harga Pokok Mobil Rp 914.000.000
Dibayar Kakraffi Rp 620.000.000
Dibayar Bank Syariah Rp 294.000.000
Margin Bank Rp 23.520.000
Stabilizer Inflasi Rp 35.280.000
Margin dan Stabiliser Rp 58.800.000
Sisa Angsuran Rp 352.800.000
Angsuran Per Bulan Rp 14.700.000

Jurnal akuntansi murabahah bagi penjual akan mencatat piutang dan pembayaran angsuran setiap periodenya. Adapun pencatatan akuntansi murabahah sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2021Piutang Murabahah Rp 294.000.000
Kas Rp 294.000.000
31/01/2021Kas Rp 12.250.000
Margin Murabahah Tangguhan Rp 2.450.000
Piutang Murabahah Rp 12.250.000
Pendapatan Margin Murabahah Rp 2.450.000

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Profit Sharing dan Revenue Sharing

Demikian contoh soal akad murabahah dan penyelesaianya semoga penjual dapat memberikan harga terbaik bagi pembeli sehingga angsuran murabahah dapat terselesaikan dan margin murabahah tangguhan didapatkan oleh penjual.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akad Murabahah dan Penyelesaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel