Contoh Soal Akad Ijarah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akad ijarah dan jawabannya adalah transaksi sewa menyewa yang mengakibatkan adanya pemindahan hak guna atas barang dan jasa. Makalah akuntansi transaksi ijarah berisikan tentang pengertian dan dasar hukum, macam-macam akad ijarah, rukun dan syarat serta contoh perhitungan biaya depresiasi sewa operasi.

Contoh soal ijarah muntahiya bittamlik adalah akad sewa menyewa dimana barang yang disewa akan menjadi milik orang yang menyewa. Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah dapat dilakukan oleh pemilik barang dan penyewa barang. Perpindahan hak kepemilikan atas barang menjadi dasar dari transaksi ijarah mintahiyah bittamlik.

Kumpulan pertanyaan tentang akad ijarah tentunya berkaitan dengan proses perpindahan kepemilikan. Kasus pembiayaan ijarah akan memungkinkan pemilik barang untuk menghibahkan barang atau menjual barang pada akhir periode sewa. Ijarah dalam akuntansi syariah dan akuntansi konvensional dikenal dengan sewa operasi.

Contoh Soal Akad Ijarah dan Jawabannya


Pertanyaan Tentang Akuntansi Ijarah

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah menjadi dasar dalam menentukan siapakah yang akan menyusutkan aset sampai akhir periode. Akad ijarah muntahiya bittamlik adalah transaksi perpindahan barang setelah berakhirnya masa sewa menyewa aktiva tetap. 

Kumpulan pertanyaan tentang akuntansi ijarah berguna untuk mengetahui jumlah depresiasi aset per periode dan bagaimana alur perpindahan kepemilikan aktiva tetap. Jurnal akuntansi ijarah berguna sebagai dasar pembuatan laporan keuangan syariah melalui buku besar dan buku pembantu piutang leasing.

Pertanyaan tentang akuntansi ijarah pada dasarnya mirip dengan akuntansi keuangan menengah bab finance lease dan operating lease. Jawaban bab 12 akuntansi transaksi ijarah menjadi materi akuntansi syariah bab terakhir. Rukun akad ijarah muntahiya bittamlik yang harus dipenuhi adalah:

  • Penyewa
  • Pemilik barang
  • Barang yang disewa
  • Harga sewa
  • Manfaat barang yang disewa
  • Ijab qabul

Baca Juga: Contoh Soal Akad Murabahah dan Jawabannya

Contoh Soal Akuntansi Akad Ijarah dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi akad ijarah dan jawabannya dapat digunakan sebagai dasar pencatatan bagi pemilik barang atau penyewa. Ijarah muntahiya bittamlik adalah sewa menyewa yang akan diikuti perpindahan hak milik ketika periode pembayaran sewa telah selesai.

Contoh soal akad ijarah dan jawabannya akan membuktikan bahwa proses perpindahan kepemilikan barang melalui proses hibah atau janji untuk menjual barang. Perpindahan kepemilikan akad ijarah dengan hibah berarti pemilik barang akan menyerahkan barang sewaan secara gratis kepada penyewa pada akhir periode.

Contoh soal transaksi ijarah dalam akuntansi syariah dapat melibatkan perpindahan kepemilikan dengan cara janji untuk menjual. Transaksi ijarah yang diikuti janji menjual barang yang disewa biasanya dilakukan sehingga harga sewa barang cenderung mendekati harga beli barang sesungguhnya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Salam

Contoh Transaksi dan Pencatatan Akad Ijarah

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah muntahiya bittamlik adalah akad sewa yang akan menyerahkan barang sewaan ketika selesai proses pembayaran cicilan setiap periodenya. Akuntansi ijarah bagi pemilik barang harus melakukan depresiasi dan amortisasi aktiva setiap periodenya berdasarkan biaya perolehannya.

Contoh transaksi dan pencatatan akad ijarah terjadi pada PT Kakraffi yang menyewakan kendaraan dengan biaya perolehan Rp 56.450.000. Nilai residu ditetapkan sebesar 5% dari biaya perolehan dan umur manfaat selama 4 tahun. Pembayaran sewa setiap bulan adalah Rp 2.500.000 dan menggunakan akad ijarah muntahiya bittamlik. Berapakah keuntungan PT kakraffi apabila pada akhir periode perpindahan kepemilikan dilakukan dengan cara hibah?

Cara menghitung depresiasi dan amortisasi atas biaya perolehan aktiva tetap ijarah dapat menggunakan metode garis lurus atau saldo menurun berganda. Perpindahan aktiva tetap dengan cara hibah tidak akan menambah jumlah kas diperusahaan. Adapun cara menghitung operating lease atau akuntansi ijarah sebagai berikut.

Pendapatan Akad Ijarah Rp 120.000.000
Penyusutan Aktiva Tetap Rp 53.627.500
Pendapatan Kotor Rp 66.372.500
Rugi Penghentian Pemakaian Rp 2.822.500
Pendapatan Bersih Akad Ijarah Rp 63.550.000

Jurnal akuntansi ijarah muntahiya bittamlik yang harus dibuat oleh PT Kakraffi sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Akumulasi Penyusutan Kendaraan Rp 53.627.500
Rugi Penghentian Pemakaian Rp 2.822.500
Kendaraan Rp 56.450.000

Baca Juga: Contoh Soal Profit Sharing dan Revenue Sharing

Demikian contoh soal akad ijarah dan jawabannya semoga dapat membantu menjawab pertanyaan tentang akuntansi transaksi ijarah muntahiya bittamlik.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akad Ijarah dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel