Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Salam

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi akad salam dapat dipergunakan dalam rangka menyediakan barang sesuai spesifikasi yang diminta pelanggan. Salam adalah jual beli yang dilakukan sesuai dengan spesifikasi pesanan dan pembeli akan memberikan modal terlebih dahulu agar penjual melakukan kegiatan produksi.

Contoh soal akuntansi transaksi salam dan salam paralel akan terjadi ketika penjual bertransaksi dengan bank syariah. Ilustrasi akuntansi akad salam paralel berawal dari pembeli yang mengajukan pesanan sesuai spesifikasinya dan penjual menerima pesanan tersebut. Pembeli akan menyerahkan modal agar proses produksi berjalan.

Kelebihan dan kelemahan akad salam dan istishna menjadi transaksi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Akad tijarah adalah kegiatan jual beli yang berorientasi memperoleh keuntungan. Jenis-jenis akad tijarah diantaranya akad yang mengandung kepastian dan akad yang tidak mengandung kepastian.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Salam


Kelebihan dan Kelemahan Akad Salam dan Akad Istishna

Kelebihan dan kelemahan akad salam dan akas istishna tentu berorientasi pada perjanjian kerja yang dilakukan. Sebagai penjual akan memperoleh keuntungan akan adanya akad salam sebab penjualan perusahaan akan memperoleh omzet sehingga dapat dipergunakan membayar pesanan atau beban.

Kekurangan akad salam adalah harga jual yang dipergunakan tidak mengikuti harga wajar nilai sekarang. Contoh audit pemeriksaan kas dan setara kas akan mendeteksi harga yang tidak wajar sehingga penjual harus memperoleh bukti transaksi yang cukup untuk membuktikan adanya transaksi tersebut.

Kelebihan akad salam dan akad istishna adalah penjual akan mendapatkan kepastian tentang adanya penjualan dimasa depan. Penjual harus memberikan jaminan kepada pembeli sehingga menghindari adanya kegagalan dalam transaksi. Kejadian luar biasa (force marjure) dianggap sebagai kejadian yang tidak diinginkan kedua belah pihak.

Baca Juga: Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Menurut Pajak

Pertanyaan Tentang Akuntansi Transaksi Salam

Pertanyaan tentang akuntansi transaksi salam seharusnya menjadi dasar dalam proses pembuatan laporan keuangan. Perbedaan akad salam dan akad istishna adalah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli dimana akad salam harus dilakukan pembayaran penuh dimuka sedangkan istishna boleh dilakukan cicilan sebelum penyerahan barang.

Pertanyaan tentang akad salam dalam akuntansi syariah biasanya berkaitan spefisikasi barang yang diminta. Apabila penjual tidak dapat memberikan barang sesuai dengan kehendak dari pembeli maka penjual harus memberikan alasan agar tidak terjadi kerugian diantara kedua belah pihak.

Pertanyaan tentang akuntansi transaksi salam terjadi ketika adanya pembayaran barang terlebih dahulu daripada penyerahan barang. Pembeli dapat meminta jaminan agar transaksi berjalan sesuai barang yang dipesan. Rukun akad salam yang harus dipenuhi diantaranya.

  1. Pembeli
  2. Penjual
  3. Spesifikasi barang
  4. Ijab Qabul
  5. Harga Barang

Baca Juga: Contoh Soal Mengelola Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh Soal Akuntansi Transaksi Salam dan Salam Paralel

Contoh soal akuntansi transaksi salam dan salam paralel terjadi antara penjual dan pembeli yang menyerahkan barang kemudian hari tetapi pembayarannya dilaksanakan sekarang secara tunai. Pembelian yang mengandung pesanan atau spesifikasi harus ditentukan secara jelas baik waktu, timbangan dan ukuran barang.

Contoh soal dan jawaban akuntansi transaksi salam dan salam paralel harus menyajikan data modal usaha sebagai piutang salam. Transaksi salam adalah jual beli barang sesuai spesifikasi yang diminta pembeli dan pembeli memberikan modal terlebih dahulu agar produksi dijalankan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi syariah akad salam terjadi pada PT Kakraffi yang memproduksi pakaian dengan harga jual Rp 6.250. PT Kakraffi memerlukan modal sebesar Rp 83.750.000 untuk menjalankan produksi sesuai pesanan, apabila harga jual yang disepakati sebesar Rp 6.790. Berapakah keuntungan yang didapatkan?

Total Pinjaman Rp 83.750.000
Harga Barang Normal6.250
Total Barang Dihasilkan Rp 13.400
Harga Jual Barang6.790
Total Barang Terjual Rp 90.986.000
Total Keuntungan Rp 7.236.000

Jurnal akuntansi transaksi salam yang harus dibuat oleh pembeli yaitu bank syariah sebagai berikut ini.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/04/2021Kas Rp 90.986.000
Hutang Usaha Dalam Negeri Rp 90.986.000
04/04/2021Piutang Salam Rp 83.750.000
Kas Rp 83.750.000
07/04/2021Persediaan Barang Salam Rp 83.750.000
Piutang Salam Rp 83.750.000
11/04/2021Hutang Usaha Dalam Negeri Rp 90.986.000
Persediaan Barang Salam Rp 83.750.000
Margin Salam Rp 7.236.000

Baca Juga: Contoh Kasus Istishna Dalam Kehidupan Sehari-hari

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi akad salam semoga dapat membantu proses alokasi biaya perolehan atas margin persediaan barang dagang salam. Kelebihan dan kekurangan akad salam menjadi pertimbangkan ketika adanya perjanjian kontrak dengan penjual.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Akad Salam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel