Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Konten [Tampil]

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo akan memberikan informasi bahwa perusahaan dapat memperoleh kembali surat hutangnya sebelum dibebankan biaya bunga yang lebih besar. Callable bonds adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan yang dapat dilunasi sebelum tanggal jatuh temponya datang.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya seharusnya menjadi dasar pencatatan oleh perusahaan. Cara menghitung harga jual obligasi dapat menghasilkan keuntungan dan kerugian apabila penjualan diatas atau dibawah nilai nominal obligasi. Premium obligasi akan terjadi ketika perusahaan menjual obligasi diatas nilai nominal dan bunga yang didapatkan diatas bunga pasar.

Contoh soal obligasi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam mengelola sumber daya modal perusahaan. Obligasi menjadi salah satu bentuk hutang atau liabilitas jangka panjang sebab perusahaan akan melunasinya dalam waktu lebih dari satu tahun.

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo


Mengapa Perusahaan Mengeluarkan Obligasi Daripada Saham Baru

Mengapa perusahaan mengeluarkan obligasi daripada menerbitkan saham baru tentunya pertimbangan presentase kepemilikan perusahaan dan adanya pembebanan bunga setiap periodenya. Saham adalah bukti kepemilikan modal seseorang yang ditanamkan diperusahaan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya.

Mengapa perusaaan lebih suka mengeluarkan obligasi daripada menerbitkan saham baru sebab penerbitkan obligasi atau surat hutang tidak akan menambah jumlah pemilik di perusahaan sehingga presentase pemilik lama akan tetap. Obligasi adalah bukti seseorang telah meminjamkan dana diperusahaan akan dikembalikan dalam waktu yang telah disepakati.

Perbedaan saham dan obligasi memang menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam perolehan sumber daya modal. Perusahaan memprioritaskan menerbitkan saham baru sebab tidak mengubah akta pendirian dan presentase modal perusahaan akan sama, peningkatan laba perusahaan akan terjadi ketika tahun berjalan perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Baca Juga: Contoh Soal Audit Liabilitas Jangka Panjang dan Pembahasannya

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo akan terjadi ketika perusahaan memperkirakan mendapatkan keuntungan ketika bunga pasar lebih rendah daripada bunga pada surat hutang. Perusahaan akan menarik kembali obligasinya dipasar modal yang akan menghasilkan laba atau rugi penarikan saham tersebut.

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo tentunya akan melibatkan nilai buku yang tidak sama dengan penariksan surat hutang tersebut. Mengapa perusahaan mau melunasi obligasi sebelum jatuh tempo? Tentunya mempertimbangkan beban bunga yang turun sangat tajam di bursa saham.

Contoh soal pembayaran obligasi sebelum tanggal jatuh tempo melibatkan pelunasan nilai nominal obligasi ditambah dengan premi pelunasannya. Callable bonds adalah obligasi yang dapat dilunasi sebelum masa jatuh temponya datang dengan membayar sejumlah premi pelunasan tertentu.

Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya telah tejradi pada PT Kakraffi yang menerbitkan obligasi sebesar Rp 52.500.000. Premi yang belum diamortisasi sebesar Rp 12.000.000, apabila perusahaan menarik kembali obligasinya sebesar 20% dengan harga jual kurs 98, buatlah jurnal pembelian kembali obligasinya.
Baca Juga: Apa Itu Obligasi Sinking Fund

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Dalam Akuntansi

Cara menghitung harga jual obligasi dalam akuntansi akan mempertimbangkan jangka waktu pelunasan hutang jangka panjang dan hutang jangka pendeknya. Obligasi menjadi materi akuntansi pengantar 2 dan akuntansi keuangan menengah yang menjadi keharusan bagi mahasiswa untuk mengetahuinya.

Cara membuat jurnal pengeluaran obligasi dan pembayaran bunga serta amortisasi harus mempertimbangkan nilai nominal obligasi yang dikeluarkan. Beban bunga obligasi yang dibayarkan dalam laporan laba rugi memang dapat diketahui dengan memperhatikan banyaknya periode yang dilalui dan tarif bunga pasar yang berlaku.

Cara menghitung harga jual obligasi dapat dilakukan dengan menggunakan kurs yang berlaku. Contoh soal obligasi jangka panjang dan jawabannya memperlihatkan bahwa obligasi dijual dengan harga 52.500.000 dengan kurs 98 sebanyak 20% dari jumlah yang beredar, maka penjualannya sebesar Rp 10.920.000.

Jurnal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo yang harus dibayarkan oleh perusahaan ketika memutuskan menarik surat hutang dari bursa saham adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30 Agustus 2020Utang Obligasi Rp 10.500.000
Premi Obligasi Rp 2.400.000
Laba Pelunasan Rp 2.610.000
Kas Rp 10.290.000

Baca Juga: Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Demikian contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo semoga dapat membantu menyelesaikan pembayaran obligasi jangka panjang dan obligasi jangka pendek yang dimiliki perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel