Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Konten [Tampil]

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi menjadikan perusahaan akan menanggung pajak penghasilan badan. Contoh soal dan jawaban audit kasus pemeriksaan perkiraan laba rugi dapat dibuatkan kertas kerja pemeriksaan terutama bagian gaji dan penjualan periode berjalan.

Pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat dilakukan guna mencegah adanya manajemen laba sehingga dapat meningkatkan laba tahun berjalan. Manajemen laba adalah tindakan klien meningkatkan laba tahun berjalan guna mempengaruhi pengambilan keputusan dari pemegang saham perusahaan.

Bagaimana prosedur audit pemeriksaan atas akun laba rugi tentunya dimulai dengan melakukan analytical review. Akuntan publik dapat membandingkan antara laba tahun lalu dengan laba tahun sekarang untuk memastikan adanya fluktuasi laba yang besar diantara kedua tahun tersebut.

Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi


Pertanyaan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat digunakan sebagai alat untuk memahami dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan. Penilaian pengendalian internal dapat dilakukan menggunakan metode flowchart, narrative atau internal control questionnaires sebagai alat mendeteksi adanya bukti audit yang tidak valid.

Pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi berkaitan dengan adanya penjualan, harga pokok penjualan, beban pemasaran dan beban administrasi. Pengendalian internal perusahaan dipergunakan sebagai sarana untuk melakukan pengujian ketaatan dan pengujian kewajaran saldo laporan keuangan.

Pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dilanjutkan dengan memeriksa kewajaran saldo laporan laba rugi komprehensif. Penggunaan prinsip konservatisme dapat digunakan sebagai sarana pencatatan biaya yang belum terjadi dan diperbolehkan diakui dan pendapatan yang belum terjadi dan tidak diperbolehkan diakui.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Modal Pemegang Saham

Apa Alasan Perlu Dilakukannya Audit Terhadap Laba Rugi Perusahaan

Apa alasan perlu dilakukannya audit terhadap laba rugi perusahaan berkaitan dengan kewajaran kinerja perusahaan yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan. Bagaimana audit prosedur pemeriksaan atas akun laba rugi perusahaan dimulai dengan meminta rincian penjualan selama tahun tersebut dan dilakukan sampling untuk pemeriksaannya.

Bagaimana audit prosedur pemeriksaan atas perkiraan laba rugi perseroan terbatas tentu membutuhkan riwayat penggajian karyawan termasuk biaya pemasaran dan biaya administrasi. Biaya pemasaran adalah beban untuk melakukan penjualan sampai barang diterima oleh konsumen.

Harga pokok penjualan adalah biaya untuk membuat persediaan barang dagang yang dikirimkan oleh kepada pelanggan. Tujuan pemeriksaan atas perkiraan akun laba rugi berkaitan dengan penilaian kewajaran pelaporan kinerja perusahaan dalam satu tahun. Pajak penghasilan badan dapat dibayarkan paling lambat 4 bulan dari tanggal laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Laporan Laba Rugi Komprehensif

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Laba Rugi Perseroan Terbatas

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan perkiraan atas laba rugi perusahaan menjadikan pengusaha kena pajak dapat melakukan pelaporan pajak penghasilan badan. Akuntan publik diharapkan telah memeriksa pembayaran gaji dan rincian penjualan perusahaan selama satu tahun dengan menggunakan metode sampling.

Contoh soal kasus audit pemeriksaan atas akun laba rugi dilakukan karena adanya indikasi kecurangan bahwa perusahaan akan melakukan manajemen laba untuk meningkatkan laba perusahaan. Oleh karena itu, alasan akuntan publik melakukan pemeriksaan terhadap laba tahun berjalan adalah untuk mengetahui kemungkinan peningkatan laba secara drastis tersebut.

Contoh kasus pemeriksaan atas perkiraan laba rugi telah terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan laba tahun berjalan sebesar Rp 623.500.000. Temuan akuntan publik menyatakan bahwa sebanyak Rp 5.790.000 menjadi pendapatan bunga bulan depan, bagaimanakan audit adjustment yang diperlukan.

TanggalKeteranganDebitKredit
30/12/2020Laba DitahanRp 5.790.000
   KasRp 5.790.000

Baca Juga: Pertanyaan Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi Perseroan Terbatas

Demikianlah prosedur audit dan tujuan pemeriksaan perkiraan laba rugi, semoga dapat membantu proses penilaian pengendalian internal yang ada diperusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel