Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham (Convertible Bonds)

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham akan terjadi ketika pemegang obligas memandang bahwa nilai saham perusahaan menguntungkan apabila mengubah hutang menjadi modal perusahaan. Obligasi konversi yang dikonversikan ke saham biasa dengan bunga efektif menjadi pilihan terutama ketika perusahaan memperoleh laba tahun berjalan yang besar.

Contoh soal konversi obligasi menjadi saham biasa perusahaan akan mengakibatkan perubahan hutang menjadi modal perusahaan. Convertible bonds adalah obligasi yang memberikan kesempatan pemegang untuk merubah kewajiban jangka pendek menjadi saham perusahaan dan menjadikan presentase kepemilikan perusahaan akan berubah.

Kewajiban yang dapat dikonversi menjadi saham biasa menjadi salah satu metode pembayaran yang paling akhir untuk mengatasi kekurangan modal di perusahaan. Contoh soal obligasi konversi yang dikonversikan ke saham biasa dengan bunga efektif akan menjadi pertanyaan pilihan ganda dan soal essay pada materi akuntansi keuangan menengah.

Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham (Convertible Bonds)


Perbedaan Tingkat Bunga Nominal, Tingkat Bunga Riil dan Tingkat Bunga Pasar

Tingkat bunga pasar, tingkat bunga nominal dan tingkat bunga riil harus dipertimbangkan dalam proses perusahaan menerbitkan surat hutang atau penerbitan saham baru. Obligasi menjadi metode menambah jumlah modal diperusahaan dengan membayarkan biaya bunga setiap periodenya sebagai keuntungan yang diberikan kepada pemilik modal.

Tingkat bunga pasar adalah tingkat bunga yang mampu dibayar oleh peminjam dan dapat diterima oleh pemberi pinjaman sebagai akibat penggunaan uang pada masa lampau. Bunga pasar akan naik ketika permintaan akan modal meningkat sehingga tingkat bunga pasar akan berfluktuasi setiap hari.

Tingkat bugan nominal adalah tingkat bunga yang tercantum di lembar surat hutang atau saham. Obligasi dapat diperjualbelikan sesuai nilai nominal (nilai pari). Akan tetapi, biasanya akan diperjualbelikan dengan tingkat bunga pasar lebih rendah atau lebih kecil sehingga memunculkan diskonto obligasi dan premi obligasi.

Baca Juga: Pengertian Subsequent Events dan Contohnya

Mengapa Pemegang Obligasi Mengubah Obligasi Menjadi Saham Biasa Perusahaan

Mengapa pemegang obligasi mengubah obligasi menjadi saham biasa perusahaan tentunya berakibat pemilik tidak akan memperoleh pendapatan bunga setiap periode yang telah disepakati. Saham adalah bentuk penyertaan pemilik dalam kegiatan operasional perusahaan dan harus dipertimbangkan dalam proses penerbitan saham baru.

Kenapa pemilik obligasi mau mengubah obligasi menjadi saham biasa perusahaan? sebab perusahaan telah memiliki laba tahun berjalan yang meningkat dari periode ke periode lainnya sehingga nilai saham perusahaan naik. Situasi tersebut akan menguntungkan aabila pemegang obligasi mau mengkonversikan hutang jangka panjang menjadi saham perusahaan.

Mengapa pemegang obligasi meng-konversikan obligasi jangka panjang menjadi saham biasa tentunya mempertimbangkan persyaratan yang telah ditentukan ketika penerbitkan surat hutang. Apabila obligasi diubah menjadi saham, maka perusahaan dianggap telah mengubah hutang menjadi penyertaan modal.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Hutang Jangka Panjang

Contoh Soal Konversi Obligasi Menjadi Saham Biasa

Contoh soal konversi obligasi menjadi saham biasa akan terjadi ketika perusahaan penerbit memperbolehkan pemberi pinjaman menjadi pemilik saham baru di perusahaan. Diskonto obligasi dan premium obligasi akan menjadi tanda penyertaan modal pemilik dan tidak perlu dikembalikan lagi sebagai hutang jangka panjang.

Contoh soal perubahan obligasi menjadi saham biasa terjadi pada PT Kakraffi mengeluarkan nilai nominal obligasi sebesar Rp 55.000.000 dengan amortisasi sebesar Rp 5.000.000. Apabila pemegang obligasi ingin merubah obligasi jangka panjang menjadi saham biasa perusahaan sebesar Rp 30% dimana nilai nominal saham adalah @2.000 untuk 70lot saham.

Jurnal perubahan obligasi menjadi saham biasa harus menyesuaikan nilai buku dengan nilai saham yang beredar di bursa efek. Agio saham adalah selisih antara pembayaran dengan nilai buku perusahaan. Adapun jurnal konversi obligasi menjadi saham biasa adalah:

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01/08/2020Utang Obligasi Rp 16.500.000
Diskonto Obligasi Rp 1.500.000
Modal Saham Rp 14.000.000
Agio Saham Rp 1.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Demikian contoh soal perubahan obligasi menjadi saham biasa, alangkah baiknya penerbit perusahaan telah menetapkan perjanjian konversi hutang menjadi saham agar menghindari presentase kepemilikan yang lebih rendah bagi pemegang saham lama.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham (Convertible Bonds)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel