Contoh Soal Utang Wesel Berbunga dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal utang wesel berbunga dan pembahasannya menjadi bentuk liabilitas jangka pendek yang harus dilunasi perusahaan. Jurnal penyesuaian wesel tagih dan wesel bayar akan diperlukan setiap adanya pembayaran hutang jangka pendek yang dibebankan dalam satu periode siklus operasi perusahaan.

Contoh soal perhitungan utang wesel jangka pendek dan jangka panjang memang bergantung kesepakatan dengan lawan transaksi. Liabilitas adalah kewajiban perusahaan mengembalikan pinjaman atas penggunaan manfaat ekonomis di masa lalu. Contoh liabilitas jangka pendek adalah hutang pajak, hutang gaji dan pendapatan diterima dimuka.

Jurnal penyesuaian wesel tagih dan wesel bayar bergantung pada periode untuk mengakui adanya beban bunga. Wesel tagih adalah utang wesel yang menjadi aktiva perusahaan. Wesel bayar adalah wesel yang menjadi liabilitas perusahaan. Pendiskontoan wesel adalah penjualan wesel sebelum jatuh temponya sehingga menyebabkan adanya pendapatan bunga yang belum diterima perusahaan.

Contoh Soal Utang Wesel Berbunga dan Pembahasannya


Pengertian Kewajiban Jangka Pendek dan Contohnya

Pengertian kewajiban jangka pendek menurut para ahli adalah hutang perusahaan yang diharapkan dapat dilunasi dalam waktu kurang dari satu periode akuntansi. Hutang dapat dilunasi dengan menyerahkan kas dan setara kas, penyerahan aktiva, penyerahan barang dan jasa, penggantian dengan hutang lain dan menjadikannya sebagai bagian dari penyetoran saham.

Pengertian kewajiban jangka pendek menurut para ahli adalah penggunaan manfaat ekonomis dari suatu aktiva dimasa depan dan harus dikembalikan dengan mengorbankan aktiva perusahaan. Contoh liabilitas jangka pendek adalah hutang wesel, hutang bank, pendapatan diterima dimuka, hutang pajak dan hutang gaji.

Definisi liabilitas jangka pendek menurut para ahli adalah kewajiban perusahaan mengembalikan manfaat ekonomis yang telah dipinjam dari lawan transaksi di masa lalu. Jurnal penyesuaian wesel tagih dan wesel bayar akan diperlukan terutama ketika perusahaan mau mendiskontokan wesel untuk mendapatkan kas dengan cepat.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Laba Rugi

Contoh Soal Utang Wesel Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Contoh soal utang wesel jangka pendek akan terjadi ketika lawan transaksi memutuskan membayar piutang dengan mengeluarkan wesel. Perusahaan akan menerima wesel sebagai alat pembayaran hutang karena memiliki kekuatan hukum dan adanya pendapatan bunga dimasa depan.

Contoh soal utang wesel jangka panjang dan jangka pendek pada dasarnya bergantung pada termin pembayaran yang diberikan oleh penjual. Wesel terdiri dari wesel berbunga dan wesel tanpa bunga, pihak perusahaan tentunya mengharapkan adanya keuntungan dari pembayaran dengan wesel berdasarkan prinsip nilai waktu dan uang.

Contoh perhitungan wesel bunga dan wesel tanpa bunga terjadi pada PT Kakraffi yang mendapatkan pinjaman sebesar Rp 6.000.000 dengan syarat menandatangani wesel berbunga 8% dalam waktu 4 bulan. Jurnal mencatat penerimaan hutang dengan wesel bayar adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/10/2020Kas Rp 6.000.000,00
Hutang Wesel Rp 6.000.000,00

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Jurnal Pembayaran Hutang Wesel dan Beban Bunga

Jurnal pembayaran hutang wesel dan beban bunga akan menjadi resiko ketika perusahaan menyetujui adanya bayar piutang dan utang wesel. Prinsip conservatism adalah prinsip yang memperbolehkan mengakui adanya beban yang dapat diukur dan tidak boleh mengakui pendapatan yang belum terjadi sehingga harus dibuatkan jurnal penyesuaian beban bunga.

Contoh jurnal penyesuaian wesel bayar dan wesel tagih hanya akan terjadi pada akhir periode akuntansi. Apabila perusahaan akan membayar beban bunga pada tanggal jatuh tempo wesel, maka jurnal penyesuaiannya adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2020Beban Bunga Rp 120.000
Hutang Bunga Wesel Rp 120.000

Jurnal pembayaran wesel berbunga dan wesel tanpa bunga tentunya melibatkan adanya beban bunga wesel yang telah diakui pada akhir periode akuntansi. Contoh soal utang wesel berbunga dan pembahasannya akan dibayarkan pada akhir tanggal jatuh tempo wesel dengan jurnal pembayaran yakni:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/01/2021Hutang Bunga Wesel Rp 120.000
Beban Bunga Rp 40.000
Hutang Wesel Rp 6.000.000
Kas Rp 6.160.000

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham Biasa

Demikian contoh soal utang wesel berbunga dan pembahasannya semoga dapat membantu memahami bagaimana pengertian dan cara menghitung liabilitas jangka pendek.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Utang Wesel Berbunga dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel