Pengertian Subsequent Events dan Contohnya

Konten [Tampil]

Pengertian subsequent events dan contohnya menjadikan akuntan publik harus dibuatkan jurnal penyesuaian apabila mempengaruhi laporan keuangan tahun berjalan. Tanggungjawab auditor terhadap subsequent events berlangsung guna memastikan kebenaran dari saldo kas yang digunakan untuk menerima pembayaran atau pengeluaran kas.

Subsequent event atau peristiwa setelah tanggal neraca akan terjadi ketika perusahaan menggunakan prinsip keberlangsungan usaha atau going concern. Mengapa diperlukan subsequent event dalam audit karena perusahaan dianggap tidak melikuidasi perusahaan pada akhir periode laporan keuangan sehingga dipergunakan untuk memastikan nilai kas dan setara kas dalam neraca yang dilaporkan.

Pengaruh subsequent events terhadap opini audit tentu melibatkan adanya indikasi kecurangan seperti windows dressing dan manajemen laba. Bagaimana subsequent event dapat menyakinkan auditor? Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya transaksi subsequent payment dan subsequent collection yang diperlukan dalam pengakuan beban dan pendapatan tahun berjalan.

Pengertian Subsequent Events dan Contohnya


Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca

Apa yang dimaksud dengan peristiwa setelah tanggal neraca adalah transaksi yang dilakukan perusahaan dalam rangka mendapatkan pendapatan dan beban tahun selanjutnya yang diperkirakan mempengaruhi laporan keuangan tahun berjalan. Adanya jurnal penyesuaian membuat peristiwa subsequent events berpengaruh terhadap opini audit.

Peristiwa setelah tanggal neraca dinamakan subsequent events. Pembayaran kas dan penerimaan kas setelah tanggal necara dianggap sebagai penghasilan dan beban tahun berikutnya. Peristiwa yang memerlukan jurnal penyesuaian hanyalah transaksi yang dianggap sebagai beban tahun berjalan di perusahaan klien.

Pengertian subsequent events adalah transaksi yang dilakukan perusahaan melewati tanggal pelaporan posisi keuangan sebelum audit memberikan otorisasi bahwa laporan keuangan dapat diterbitkan. Bagaimana subsequent event dapat menyakinkan auditor tentunya auditor memiliki tingkat materialitas menentukan kualitas dan kuantitas bukti audit.

Baca Juga: Pertanyaan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Contoh Peristiwa Setelah Tanggal Neraca atau Laporan Posisi Keuangan

Contoh peristiwa setelah tanggal neraca atau laporan posisi keuangan tentunya melibatkan sikap skeptisme akuntan publik. Skeptisme auditor adalah perilaku yang mencurigai adanya indikasi kecurangan yang dilakukan klien sebab adanya risiko bawaan dan risiko pengendalian.

Contoh peristiwa setelah tanggal necara atau laporan posisi keuangan perlu dilakukan pertimbangan atas kejadian yang perlu dibuatkan jurnal penyesuaiannya. Setiap rincian pendapatan dan beban tahun berjalan dan tahun berikutnya perlu dibuatkan pertimbangan dengan membaca laporan keuangan interim.

Contoh subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan akan bermanfaat dalam menentukan jumlah penerimaan kas dan pengeluaran kas tahun berjalan. Pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan harus diberikan dalam rangka memperoleh kejelasan tentang pajak dibayar dimuka pada tahun depan.

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Perkiraan Atas Laba Rugi Perseroaan Terbatas

Contoh Kasus Subsequent Event dan Penyelesaian Pemeriksaan

Contoh kasus subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan akan bermanfaat untuk memberikan kepastian bahwa perusahaan yang bertanggungjawab dalam proses pembuatan laporan keuangan. Pertanyaan tentang subsequent event seperti bagaimana pengaruh peristiwa setelah tanggal necara terhadap pemberikan opini audit.

Contoh kasus subsequent event terdiri dari pembayaran setelah tanggal necara dan penerimaan kas setelah tanggal necara. PT Masraffi menerima uang sebesar Rp 52.000.000 sebagai pembayaran atas hutang pada bulan desember, PT Masraffi tidak memerlukan jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan transaksi penerimaan kas tersebut.

Contoh soal dan jawaban subsequent event akan melibatkan surat pernyataan berlangganan yang harus diberikan klien kepada perusahaan. Klien hanya akan menerima laporan keuangan hasil audit ketika telah menyerahkan surat pertanyaan berlangganan sebagai pertanggungjawaban bahwa manajemen perusahaan yang membuat laporan keuangan.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Laba Rugi Perusahaan

Demikianlah pengertian subsequent event dan contohnya semoga dapat memberikan pemahaman bagaimana pengaruh peristiwa setelah tanggal laporan keuangan terhadap pemberian opini audit

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Subsequent Events dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel