Pertanyaan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Konten [Tampil]

Pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi menghasilkan kertas kerja pemeriksaan yang berguna sebagai alat untuk mendeteksi indikasi kecurangan dengan menaikkan laba tahun berjalan. Contoh kasus audit pemeriksaan perkiraan laba rugi akan mencegah adanya manajemen laba yang bisa dilakukan klien pada akhir tahun.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan laba rugi tentunya berkaitan dengan penghasilan dan biaya untuk mendapatkan penghasilan tahun berjalan. Contoh kasus pemeriksaan perkiraan laba rugi dapat dilakukan melalui analytical review, compliance test, substantive test.

Contoh kasus audit laba rugi harus dibandingkan dengan perolehan laba pada tahun sebelumnya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan laba rugi harus memperhatikan prinsip conservatism dan matching cost against revenue. Jangka waktu pemeriksaan laba rugi cukup pendek sebab akuntan publik telah memeriksa pos laporan keuangan yang lainnya.

Pertanyaan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi


Pertanyaan Tentang Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Pertanyaan tentang pemeriksaan atas perkiraan laba rugi tentu berkaitan dengan penggunaan aktiva perusahaan sebagai sarana memperhitungkan kinerja pada akhir tahun. Transaksi yang terjadi dalam mata uang asing harus menggunakan kurs beli pada saat transaksi dilakukan. Laba adalah kenaikan manfaat ekonomis selama satu periode.

Pertanyaan tentang pemeriksaan perkiraan laba rugi dapat menggunakan internal control questionnaires. Kas basis adalah pencatatan yang dilakukan ketika kas diterima dan dikeluarkan. Akrual basis adalah pencatatan yang dilakukan pada saat adanya kemungkinan manfaat ekonomis masuk dan keluar dari perusahaan yang dapat diukur dengan handal.

Bagaimana prosedur audit untuk pemeriksaan atas perkiraan laba rugi akan dilakukan dengan meminta rincian penjualan dan pembayaran setelah akhir periode pelaporan. Akuntan publik dapat melakukan analytical review untuk membandingkan data tahun sebelumnya dengan tahun berjalan melalui rasio likuiditas, profitabilitas dan leverage.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Sebelum PPn dan PPh

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemeriksaan Laba Rugi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan laba rugi tentunya penggunaan prinsip conservatism dan matching revenue against cost. Prinsip konservatisme adalah prinsip yang mengakui adanya beban yang belum terjadi tetapi dapat diperkirakan jumlahnya pada periode berjalan dan tidak boleh mengakui adanya pendapatan yang belum pasti diterima.

Contoh kasus pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat berlangsung singkat dengan mempertimbangkan beban operasi yaitu beban penjualan dan beban umum serta administrasi. Harga pokok penjualan adalah harga persediaan barang dagang yang diproduksi sendiri dan diperjualbelikan kepada pelanggan untuk memperoleh penghasilan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan laba rugi harus berpedoman pada prinsip matching revenue against cost. Prinsip perbandingan antara pendapatan dan biaya yaitu prinsip yang mengakui adanya beban dan pendapatan yang sama-sama diakui pada periode tertentu. PSAK memberikan pedoman bahwa pendapatan dan beban harus dicatat berdasarkan dasar akrual bukan dasar kas.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Ekuitas Pemegang Saham

Prosedur Audit Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Prosedur audit pemeriksaan atas perkiraan laba rugi dapat dilakukan guna mencegah manajemen laba. Akuntan publik diharapkan mempertimbangkan konsep matching revenue against cost dalam memutuskan ada tidaknya indikasi meningkatkan laba pada tahun berjalan.

Bagaimana prosedur audit pemeriksaan perkiraan laba rugi tentu membutuhkan sistem pengendalian internal yang mampu mencegah terjadinya manipulasi data pendapatan dan beban. Pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi mengharuskan memeriksa pendapatan yang telah menjadi hak milik perusahaan pada akhir periode laporan keuangan.

Prosedur audit pemeriksaan atas akun laba rugi diperlukan guna mendeteksi adanya perubahan besar (fluktuasi laba tahun berjalan). Apabila terjadi kenaikan laba secara drastis maka akuntan publik wajib menanyakan alasan dari kenaikan dan penurunan laba. Adanya indikasi kesalahan pencatatan menjadikan jurnal penyesuaian pemeriksaan wajib diberikan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Demikianlah pertanyaan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi semoga dapat membantu proses audit prosedur yang dipergunakan oleh klien ya.


Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel