Pengertian Management Letter dan Contohnya

Konten [Tampil]

Pengertian management letter dan contohnya akan diberikan kepada perusahaan yang memiliki kelemahan pengendalian internal. Apakah kepentingan publik dapat mengetahui management letter? berikan contohnya menjadi pertanyaan tentang langkah memperbaiki kelemahan sistem pengendalian internal di perusahaan.

Manfaat dari manajemen letter bagi perusahaan dan bagi auditor dapat meningkatkan kualitas sistem pengendalian internal di perusahaan. Substantive test dan compliance test didokumentasikan pada kertas kerja pemeriksaan guna mendapatkan bukti bahwa auditor telah memeriksa laporan keuangan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya terjadi.

Contoh kasus management letter dan pertanyaan tentang management letter akan menerangkan bagaimana cara megatasi sistem pengendalian internal yang lemah agar dapat diberikan solusi sehingga terdapat kelebihan dan kebaikan dari bukti transaksi yang dibuat oleh perusahaan.

Pengertian Management Letter dan Contohnya


Pengertian Management Letter

Pengertian management letter adalah surat yang diberikan kepada klien setelah akuntan publik menyelesaikan pemeriksaan ketaatan (compliance test). Management letter berisi tentang usulan perbaikan sistem pengendalian internal yang buruk diperusahaan sehingga diharapkan dapat diperbaiki dan menghindari adanya indikasi kecurangan.

Management letter menjadi upaya bagi akuntan publik untuk mendapatkan klien yang diauditnya. Akuntan publik dilarang mengiklankan jasa keuangan karena dianggap telah melanggar kode etik KAP. Agar dapat memperoleh langganan maka auditor harus memberikan pemeriksaan yang terbaik bagi kliennya dengan harapan perusahaan akan merekomendasikan kepada perusahaan lainnya.

Pengertian management letter adalah laporan tambahan yang diberikan bersamaan dengan laporan audit independen. Kelemahan pengendalian internal perusahaan harus diberitahukan agar klien dapat memperbaiki kekurangan sistem pengendalian dengan mentaati saran yang telah diberikan oleh akuntan publik.

Baca Juga: Contoh Kasus Management Letter

Contoh Management Letter Pdf

Contoh management letter pdf akan memberikan infromasi tentang hasil pemeriksaan lapangan yang telah dilakukan oleh akuntan publik. Agar dapat mencapai pengendalian internal yang lebih baik, maka saran untuk memperbaiki pengendalian internal dapat dikaitkan dengan informasi anggaran, internal audit, prenumbered document, jurnal voucher dan perangkapan tugas oleh beberapa orang.

Contoh management letter dapat dibuat dengan memperhatikan ketepatan waktu dan berisikan saran-saran perbaikan yang dapat diterapkan diperusahaan. Saran perbaikan kelemahan pengendalian internal dapat diurutkan sesuai dengan pos laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif.

Management letter berisikan saran perbaikan yang dituliskan dengan bahasa yang baik, halus dan tidak menyinggung perasaan orang lain walaupun akuntan publik mengomentari kesalahan orang lain. Management representation letter sebaiknya didiskusikan dengan perusahaan agar dapat dimintai pendapatan tentang alasan penerapan sistem pengendalian internal.

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan atas Perkiraan Laba Rugi

Manfaat Management Letter Bagi Perusahaan dan Bagi Auditor

Manfaat management letter bagi perusahaan dan bagi auditor akan meningkatkan reputasi dari KAP dimata klien. Klien yang puas dengan audit yang dilakukan diharapkan memberitahukan kepada teman-temannya untuk menggunakan jasa kantor akuntan publik yang dapat meningkatkan jumlah klien KAP.

Manfaat management letter bagi perusahaan adalah mengetahui kelemahan-kelemahan sistem pengendalian internal yang diterapkan diperusahan sehingga diharapkan dapat diambil tindakan untuk mencegah kecurangan dengan menaati saran-saran yang telah diberikan oleh akuntan publik.

Manfaat management letter bagi auditor adalah meningkatkan kesejahteraan staff audit dari masing-masing kantor akuntan publik sebab pelanggan pemeriksaan meningkat. Struktur organisasi KAP haruslah berisikan anggota sebagai berikut asisten ahli, senior auditor, audit supervisor dan audit partner.

Baca Juga: Kapan Management Letter Dibuat

Demikianlah pengertian management letter dan contohnya semoga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan akuntan publik bahkan staf kantor akuntan publik.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Management Letter dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel