Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Laba Rugi? Mengapa Audit Laba Rugi Diperlukan

Konten [Tampil]

Seberapa penting pemeriksaan atas laba rugi dan mengapa diperlukan audit atas akun laba rugi sebab adanya indikasi perusahaan meningkatkan laba tahun berjalan dan indikasi terlambat melaporkan pajak penghasilan badan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan atas perkiraan laba rugi tentunya memerlukan rincian penjualan dan biaya produksi selama tahun berjalan.

Bagaimana prosedur audit atas pemeriksaan perkiraan laba rugi? Tujuan pemeriksaan audit dan perencanaan audit yang diperlukan ketika pekerjaan lapangan auditor? Ini harus mempertimbangkan penggunaan prinsip conservatism dan matching revenue againt cost serta jangka waktu memeriksa akun pendapatan dan beban.

Pertanyaan tentang pemeriksaan atas perkiraan perkiraan laba rugi membutuhkan internal control questionnaires dan flowchart. Komponen dalam laporan laba rugi berisikan pendapatan dan beban tahun berjalan dengan mempertimbangkan penggunaan prinsip perbandingan dalam periode yang sama.

Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Laba Rugi? Mengapa Audit Laba Rugi Diperlukan


Mengapa Diperlukan Audit Atas Akun Laba Rugi

Mengapa diperlukan audit atas akun laba rugi sebab laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh manajemen perusahaan tentu ada indikasi kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja. Contoh laporan keuangan yang memperoleh opini audit wajar tanpa pengecualian akan menyakinkan pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan yang bersifat ekonomis.

Audit atas laporan laba rugi diperlukan untuk memastikan komponen laporan rugi laba komprehensif telah disajikan dan diklasifikasikan sesuai standar akuntansi keuangan. Komponen laporan laba rugi berisikan informasi pendapatan, harga pokok penjualan, biaya administrasi dan biaya pemasaran.

Mengapa diperlukan audit atas akun laba rugi tentu akan membandingkan antara bukti audit dengan asersi manajemen. Asersi manajemen adalah representasi klien tentang bagaimana mengelola bukti audit untuk dijadikan laporan keuangan. Perusahan yang sudah go-public diharuskan menyerahkan financial report beserta laporan SPT tahunan pajak agar mendapatkan prioritas penjualan saham.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Liabilitas Jangka Panjang

Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi?

Seberapa penting pemeriksaan atas perkiraan laba rugi tentunya sangatlah penting sebagai tolak ukur penilaian terhadap kinerja perusahaan selama satu periode akuntansi. Keuntungan dan penghasilan penjualan barang menjadi pendapatan perusahan yang harus diakui sesuai periodenya untuk dibandingkan dengan biaya operasi selama tahun tersebut.

Komponen laporan laba rugi komprehensif terdiri dari pendapatan, keuntungan, harga pokok penjualan dan biaya operasi. Contoh kasus pemeriksaaan perkiraan laba rugi memungkinkan seorang akuntan publik mendeteksi adanya bukti transaksi yang tidak wajar untuk memastikan kebenaran saldo keuangan yang telah dilaporkan.

Seberapa penting pemeriksaan atas perkiraan laba rugi biasanya berlangsung singkat sebab ketika memeriksa pos laporan keuangan pastinya berhubungan dengan kinerja perusahaan. Perusahaan kontrak konstruksi dapat menggunakan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian dalam pengakuan pendapatan tahun berjalan.

Tujuan Pemeriksaan (Audit Objectives) Atas Perkiraan Laba Rugi

Tujuan pemeriksaan atas perkiraan laba rugi adalah pemeriksaan terhadap sistem pengendalian internal untuk mendapatkan bukti audit yang cukup dan tepat dalam pemberian opini audit. Prinsip revenue agains cost dapat dipertimbangkan untuk menentukan jumlah pendapatan dan biaya tahun berjalan.

Sistem pengendalian internal atas perkiraan laba rugi dapat mencegah adanya fluktuasi besar dalam memperkirakan jumlah pendapatan dan beban tahun selanjutnya. Tujuan pemeriksaan perkiraan laba rugi dapat diperiksa dengan metode analytical review sebagai perbandingan antara laba tahun berjalan dan laba tahun sebelumnya.

Tujuan pemeriksaan perkiraan laba rugi dapat dicapai ketika akuntan publik telah mendapatkan informasi ketika auditor melaksanakan audit work paper. Akuntan publik diharapkan telah memperhatikan cut-off periode laporan laba rugi pada akhir tahun untuk memastikan semua pendapatan dan beban telah dicatat dibuku perusahaan dan benar-benar terjadi.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Atas Perkiraan Laba Rugi

Demikian seberapa penting pemeriksaan atas laba rugi dan mengapa audit laporan laba rugi komprehensif diperlukan, semoga dapat membantu proses auditor dalam pekerjaan lapangan ke perusahaan klien.

Belum ada Komentar untuk "Seberapa Penting Pemeriksaan Atas Laba Rugi? Mengapa Audit Laba Rugi Diperlukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel