Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan

Konten [Tampil]

Perbedaan audit manajemen dan audit keuangan tentunya akan memberikan hasil pemeriksaan yang berbeda-beda sebab tujuan pemeriksaan financial audit dan management audit. Tahapan audit manajemen harus dilakukan agar dapat dicapai prosedur audit dan tujuan pemeriksaan pos laporan keuangan seperti kas dan setara kas, piutang usaha, liabilitas jangka pendek dan jangka panjang serta ekuitas perusahaan.

Pengertian audit manajemen menurut para ahli adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik atau konsultan manajemen yang berbeda dengan audit keuangan laporan laba rugi. Administrasi dan karakteristik audit manajemen harus diketahui agar proses pemeriksaan dapat berjalan sesuai prosedur yang direncanakan.

Perbandingan antara management audit dan financial audit memiliki beberapa unsur pembeda. Tujuan audit manajemen adalah memeriksa sistem pengendalian internal perusahaan telah menjalankan criteria, causes dan effects dari setiap penyimpangan pengendalian internal yang ada diperusahaan.

Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan


Pengertian Audit Manajemen dan Audit Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian audit manajemen menurut para ahli adalah pemeriksaan terhadap kegiatan operasional perusahaan, fungsi audit internal dan sistem audit dalam rangka mengetahui tingkat efisien, ekonomis dan efektivitas yang telah dilakukan perusahaan untuk menjalankan kegaitan operasionalnya sehari-hari.

Pengertian audit keuangan menurut para ahlu adalah pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik dalam rangka memperoleh informasi tentang kewajaran laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif. Akuntan publik dapat memberikan management letter sebagai alat untuk memberikan saran kelemahan pengendalian internal perusahaan.

Audit manajemen dan audit keuangan menjadi pemeriksaan yang menghasilkan laporan akhir berbeda sesuai dengan tujuan pemeriksaannya. Audit manajemen berfokus pada bagaimana cara menggunakan sumber daya perusahaan secara efektif, ekonomis dan efisien ketika menjalankan kegiatan operasionalnya.

Audit Prosedur dan Tujuan Pemeriksaan Audit Manajemen

Audit prosedur dan tujuan pemeriksaan audit manajemen tentunya harus direncanakan sesuai dengan audit plan. Tujuan umum audit manajemen adalah menilai kinerja manajemen dan departemen yang ada diperusahaan dalam mengelola sumber daya modal dan sumber daya manusia secara efektif dan efisien.

Audit prosedur dan tujuan pemeriksaan audit manajemen harus dijalankan dalam rangka memperoleh informasi bahwa perusahaan telah menjalankan kegiatan operasionalnya secara efisien dan efektif. Audit manajemen dapat dilakukan oleh konsultan manajer, kantor akuntan publik, auditor pemerintah bahkan auditor internal perusahaan.

Tujuan umum audit manajemen dan audit prosedur harus disusun menyesuaikan perencanaan audit yang dilakukannya. Sikap independen dan kepemilikan kompentensi yang mendukung harus dipertahankan auditor walaupun tidak menilai kewajaran atas laporan keuangan tahunan.

Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan

Perbedaan audit manajemen dan audit keuangan harus dilakukan dengan mempertahankan sikap independensi dalam fakta, independensi dalam penampilan dan independensi dalam pikiran. Walaupun audit manajemen bisa dilakukan oleh pihak internal perusahaan, seharusnya auditor atau pemeriksan tetap mempertahankan sikap independensi yang dimilikinya.

Persamaan audit manajemen dan audit keuangan tentunya harus mendapatkan bukti audit yang cukup untuk mendukung opini audit yang diberikannya. Audit dapat dilakukan oleh akuntan publik dan dapat disupervisi oleh staf yang memiliki pengalaman dalam bidang audit serta harus mendokumentasikan seluruh proses pemeriksaan yang telah dilakukannya.

Perbedaan audit keuangan dan audit manajemen dapat berkaitan dengan standar yang digunakan dimana audit manajemen menggunakan standar perusahaan sementara audit keuangan menggunakan standar profesional akuntan publik. Audit manajemen bertujuan untuk menilai kegiatan operasional perusahaan sudah berjalan secara ekonomis, efisien dan efektif sesuai kriteria perusahaan.

Baca Juga: Mengapa Auditor Harus Memahami Sistem Pengendalian Internal Klien

Demikian perbedaan audit manajemen dan audit keuangan semoga dapat membantu proses pemeriksaan terhadap tahap-tahapan audit manajemen yang harus dilalui untuk memberikan laporan tentang sistem pengendalian internal perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Audit Manajemen dan Audit Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel