Definisi Management Audit dan Tahapan Melaksanakan Audit Manajemen

Konten [Tampil]

Definisi management audit dan tahapan melaksanakan audit manajemen perlu dilakukan agar perusahaan dapat mempertimbangkan tingkat ekonomis, efisiensi dan efektivitas. Tujuan audit manajemen adalah menentukan apakah sumber daya yang dikeluarkan perusahaan sesuai dengan kreteria yang ditentukan oleh pihak direktur perusahaan.

Pengertian audit manajemen dan perbedaan antara audit manajemen dengan audit keuangan harus diketahui oleh konsultan manajemen atau auditor internal. Audit prosedur dalam melaksanakan audit manajemen seperti analytical review, menilai sistem pengendalian manajemen dan melakukan compliance test.

Tahap-tahap melaksanakan audit manajemen berfungsi untuk menentukan efisiensi, efektivitas dan ekonomis dari masing-masing departemen di perusahaan dalam menjalan kegiatan operasionalnya. Ketika melakukan audit manajemen, dapat dilakukan perbandingan antara anggaran dan realisasinya untuk menentukan variabel yang terdapat dalam kegiatan tersebut.

Definisi Management Audit dan Tahapan Melaksanakan Audit Manajemen


Pengertian Audit Manajemen dan Defisini Management Audit

Pengertian audit manajemen menurut para ahli adalah pemeriksaan yang dilakukan entitas dalam rangka mengetahui efisiensi, efektivitas dan ekonomis dari kegiatan operasional yang dilakukannya dengan mempertimbangkan kebijakan akuntansi untuk memperoleh dan membuat bukti transaksi.

Defisini management audit adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh konsultan manajemen atau audit internal dalam rangka menilai penggunaan sumber daya perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional. Tiga elemen dalam audit manajemen adalah efisiensi, efektivitas dan ekonomis.

Pengertian audit manajemen menurut para ahli adalah suatu kegiatan untuk mengevaluasi hasil pekerjaan masing-masing departemen di perusahaan apakah sesuai dengan tingkat efisiensi dan efektivitas atau tidak. Penerapan sistem pengendalian internal akan memungkinkan perusahaan dapat melakukan pengetesan terhadap bukti transaksi.

Baca Juga: Pengertian Management Letter dan Contohnya

Perbedaan Antara Audit Manajemen dan Audit Keuangan

Perbedaan antara audit manajemen dan audit keuangan tentunya terjadi karena fokus dalam kegiatan pemeriksaan yang ada di perusahaan. Audit manajemen biasanya dilakukan oleh auditor internal, sedangkan audit keuangan biasanya dilakukan oleh auditor eksternal yang telah memperoleh nomor registrasi akuntan publik dari kementerian keuangan.

Perbedaan antara management audit dan financial audit adalah hasil dari pekerjaan yang dilaksanakan dimana audit manajemen akan menghasilkan laporan informasi penerapan sistem pengendalian internal diperusahaan dan saran-saran untuk memperbaikinya. Sedangkan, audit keuangan menghasilkan informasi kewajaran laporan keuangan.

Perbedaan antara audit manajemen dan audit keuangan berkaitan dengan waktu pelaksanaan pemeriksaan. Audit manajemen dapat dilaksanakan setiap saatu ketika dirasakan adanya kebutuhan, audit keuangan harus dilaksanakan setiap akhir periode laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban manajemen kepada pemegang saham.

Baca Juga: Materi Pemeriksaan Subsequent Event dan Penyelesaian Pemeriksaan

Tahapan Dalam Pelaksanaan Audit Manajemen

Tahapan dalam melaksanakan audit manajemen yaitu preliminary survey, review and testing of management control system, detail examination, report development. Sebutkan dan jelaskan tahap-tahap audit manajemen harus dilakukan secara runtut dari proses mendapatkan informasi sampai menjadi temuan audit.

Jelaskan tahap-tahap dalam melakukan audit manajemen dimulai dari perencanaan, pengumpulan bukti, mengevaluasi bukti dan melaporkan temuan audit beserta pelaksanaan saran-saran yang telah diberikan. Preliminary survey digunakan agar informasi umum dan latar belakang perusahaan dapat diinformasikan kepada pemegang saham.

Tahapan dalam melaksanakan audit manajemen mengharuskan auditor dapat menentukan tentative audit objectives. Tentative audit objective yang tidak dapat dibuktikan dengan bukti transaksi yang  kompeten, maka auditor dapat mencari tujuan audit yang bersifat sementara lainnya.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pemeriksaan Pendapatan dan Beban dalam Laporan Laba Rugi

Demikian definisi management audit dan tahapan melaksanakan audit manajemen semoga dapat membantu proses membedakan antara audit manajemen dan audit keuangan.

Belum ada Komentar untuk "Definisi Management Audit dan Tahapan Melaksanakan Audit Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel