Perbedaan Audit Plan, Audit Program, Audit Procedure dan Audit Tehnik

Konten [Tampil]

Perbedaan audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik memberikan kemudahan dalam merencanakan pemeriksaan. Contoh audit plan dan audit program dalam satu kasus terjadi ketika penetapan strategi akuntan publik sesuai dengan keadaan pengendalian internal yang ada di perusahaan klien.

Pengertian, tujuan, contoh bahkan hal-hal yang mempengaruhi audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik akan berakibat jenis pemeriksaan yang dilakukan. Apa manfaat yang diperoleh dari audit plan akan dikaitkan dengan fee audit yang dibebankan akuntan publik terhadap pemeriksaan laporan keuangan perusahaan.

Audit plan, audit program, audit procedure, audit tehnik, risiko audit dan materialitas menjadi tingkatan kualitas dari pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik. Tahapan penyelesaian audit dimulai dari proses perencanaan hingga perolehan bukti audit untuk memberikan opini audit laporan keuangan.

Perbedaan Audit Plan, Audit Program, Audit Procedure dan Audit Tehnik


Manfaat Audit Plan, Audit Procedure, Audit Program dan Audit Tehnik

Manfaat audit plan, audit procedure, audit program dan audit tehnik akan membuat pertanggungjawaban pembuatan perencanaan dan supervisi audit berlangsung baik. Pertimbangan awal tentang materialitas diharuskan karena berkaitan dengan tujuan audit pada akhir periode.

Audit plan, audit program dan audit procedure dapat dilakukan untuk memberikan pertimbangan auditor berkiatan dengan catatan audit terhadap usaha klien. Proses pengumpulan bukti audit dan laporan keuangan interim menjadi pembahasan karena transaksi perusahaan tetap berjalan selama proses audit.

Manfaat audit procedure, audit plan, audit program bahkan audit tehnik mempermudah perusahaan untuk mempertimbangkan dampak terhadap PSAK dan SPAP yang berlaku. Pembuatan jadwal pemeriksaaan dan koordinasi staff audit akan berguna untuk mengantisipasi kecurangan yang mungkin terjadi

Baca Juga: Contoh Kasus Tanggal Ganda dalam Laporan Audit Independen

Jelaskan Tahapan Penyelesaian Pemeriksaan Audit

Jelaskan tahapan penyelesaian audit dimulai dari akuntan publik membuat audit plan, audit procedure, audit program dan audit tehnik. Seluruh proses audit akan melibatkan tingkat materialitas sehingga adanya risiko audit tidak mungkin terhindari lagi.

Tahapan penyelesaian pemeriksaan audit dimulai dari pekerjaan lapangan yang harus disupervisi dengan baik. Tujuan audit plan adalah merencanakan setiap kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan yang akan dilakukan dilapangan berkaitan dengan data akuntansi yang dicatat.

Tahapan penyelesaian pemerikaan audit dilakukan dengan mempertimbangkan pemahaman tentang entitas dan lingkungan bisnisnya. Adanya risiko salah saji material dan risiko bawaan akun laporan keuangan akan membuat auditor harus memahami dan mengevaluasi pengendalian internal klien.

Baca Juga: Mengapa Auditor Harus Memahami Pengendalian Internal Klien

Perbedaan dan Tujuan dari Audit Plan, Audit Program, Audit Procedure dan Audit Tehnik

Perbedaan dan tujuan dari audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik akan memberikan penjelasan tentang lingkungan pengendalian. Penentuan risiko penugasan akan memperkecil kemungkinan adanya kesalahan dalam pemberian opini audit laporan keuangan.

Perbedaan audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik layak digunakan sebagai tahapan dalam menyelesaikan proses pemeriksaan oleh akuntan publik. Contoh audit plan dan audit program dalam satu kasus biasanya terjadi pada pekerjaan lapangan auditor ketika terjadi kejadian luar biasa.

Perbedaan audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik menjadikan tahapan penyelesaian audit berlangsung lama. Rumus audit risk yang harus diperhatikan sebelum memberikan opini audit laporan keuangan sebagai berikut.

Overall audit risk = inherent risk x control risk x derection risk

Baca Juga: Jenis-Jenis Risiko Audit dan Contohnya

Demikianlah perbedaan audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik dalam satu kasus semoga dapat memahami proses pemeriksaan audit dari perencanaan sampai terbitnya laporan audit independen ya.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Audit Plan, Audit Program, Audit Procedure dan Audit Tehnik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel