Penjualan Aktiva Tetap Antar Perusahaan Yang Berafiliasi

Konten [Tampil]

Penjualan aktiva tetap antar perusahaan yang berafiliasi berkaitan dengan induk perusahaan kepada anak perusahaan. Laporan keuangan konsolidasi jual beli aktiva tetap sebaiknya dibuat setelah prosedur eliminasi penyusutan dilakukan.

Contoh soal penjualan aktiva tetap antar perusahaan yang berafiliasi terjadi oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan atau antar anak perusahaan. Pertanyaan tentang laba atas transaksi antar perusahaan aktiva tetap mungkin terjadi setelah adanya penggabungan usaha.

Prosedur konsolidasi penjualan aset tetap tidak disusutkan dan disusutkan akan dilakukan setelah proses penggabungan usaha dan konsolidasi selesai. Contoh soal dan jawaban laba atas transaksi antar perusahaan persediaan dan aktiva tetap harus dilaporkan dalam laporan posisi keuangan.

Penjualan Aktiva Tetap Antar Perusahaan Yang Berafiliasi


Contoh Soal Entitas Induk dan Entitas Anak Aset Tetap

Contoh soal entitas induk dan entitas anak aset tetap dapat terjadi karena adanya pembelian dan penjualan aktiva tetap antar perusahaan berafiliasi. Induk perusahaan memiliki lebih dari satu anak perusahaan diperkenankan selama mengikuti aturan akuntasi yang berlaku.

Contoh soal entitas induk dan entitas anak aset tetap harus dibuatkan jurnal atas eliminasi laba dan rugi yang terjadi dalam jual beli aktiva tetap. Makalah transaksi antar perusahaan aset tetap menjadi pilihan untuk soal essay dan pilihan ganda.

Contoh soal entitas induk dan entitas anak seperti siapakah yang bertanggungjawab membuat laporan keuangan konsolidasi? tentunya induk perusahaan. Seluruh transaksi yang berkaitan dengan anak perusahaan harus dibuatkan jurnal eliminasi karena prinsip akuntansi yang mengakui satu kesatuan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Soal dan Jawaban Transaksi Antar Perusahaan Aktiva Tetap

Soal dan jawaban transaksi antar perusahaan aktiva tetap terjadi ketika induk perusahaan menjual aset tetap kepada anak perusahaan sebesar Rp 46.000.000 dengan harga pokok Rp 36.000.000. Berdasarkan pendapat aktuaris, umur manfaat aktiva tersebut adalah 4 tahun tanpa nilai residu.

Soal dan jawaban transaksi antar perusahaan aktiva tetap harus dibuatkan jurnal untuk mengakui adanya keuntungan laba atas transaksi penjualan aktiva tetap perusahaan berafiliasi. Jurnal eliminasi laba antar perusahaan sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
10/01/2020Laba Ditahan Induk PerusahaanRp10.000.000
Aktiva Tetap Anak PerusahaanRp10.000.000

Penjualan aktiva tetap antar perusahaan berafiliasi mengakibatkan adanya eliminasi terhadap laba antar perusahaan. Pengakuan terhadap laba antar perusahaan seharusnya dibuatkan jurnal eliminasi karena pada dasarnya transaksi tersebut menjadi transaksi pada perusahaan yang sama.

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian PPN Keluaran dan PPN Masukan

Laporan Keuangan Konsolidasi Jual Beli Aktiva Tetap

Laporan keuangan konsolidasi jual beli aktiva tetap harus dilakukan setiap akhir periode. Penyusutan yang terjadi karena adanya aktiva tetap yang dijual oleh induk perusahaan harus dibuatkan tabel depresiasi sebagai berikut.

Penjualan aktiva tetap antar perusahaan yang berafiliasi seharusnya dilakukan karena prinsip akuntansi yang menyatakan bahwa satu kesatuan perusahaan seharusnya melaporkan satu laporan keuangan. Kewajiban membuat laporan keuangan konsolidasi dilakukan oleh induk perusahaan.

Cara membuat tabel depresiasi aktiva tetap atas penjualan aset tetap entitas induk dan entitas anak dilakukan dengan langkah.

Penyusunan Neraca   KonsolidasiLaba Ditahan IndukAkumulasi PenyusutanAktiva Tetap PT Anak
Saat PembelianRp10.000.000Rp0Rp10.000.000
Tahun PertamaRp7.500.000Rp2.500.000Rp10.000.000
Tahun KeduaRp5.000.000Rp5.000.000Rp10.000.000
Tahun KetigaRp2.500.000Rp7.500.000Rp10.000.000
Tahun KeempatRp0Rp40.000.000Rp40.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Laba Antar Perusahaan

Demikianlah contoh soal penjualan aktiva tetap antar perusahaan berafiliasi sehingga prosedur jurnal eliminasi jual beli harus dilaporkan dalam laporan keuangan konsolidasi jual beli aktiva tetap.

Belum ada Komentar untuk "Penjualan Aktiva Tetap Antar Perusahaan Yang Berafiliasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel