Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas berkaitan dengan dokumentasi pemeriksaan terhadap bukti audit yang cukup dan tepat ditemukan oleh akuntan publik. Pemeriksaan kas dan setara kas menjadi studi kasus praktium audit tentang rekonsiliasi bank.

Contoh soal audit atas saldo kas dan setara kas memungkinkan akuntan publik memeriksa saldo kas yang berasal dari kas kecil, rekening giro bahkan kas yang disimpan ditempat lainnya. Rekonsiliasi bank dan jawabannya akan memberitahu adanya pendapatan dan beban bulanan apabila menggunakan giro sebagai metode pembayarannya.

Pertanyaan tentang kas dan setara kas dapat berupa top schedule dan supporting schedule yang digunakan sebagai tick mark. Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas akan berguna terutama mendeteksi adanya kesalahan penggunaan kas dan giro sebagai metode pembayaran.

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas


Prosedur dan Tujuan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Prosedur dan tujuan pemeriksaan kas dan setara kas akan bersama didapati oleh pengguna laporan keuangan. Audit plan, audit program, audit procedure dan audit tehnik aka memberikan kemudahan dalam memahami dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan klien.

Tujuan dan prosedur pemeriksaan kas dan setara kas harus disesuaikan dengan asersi manajemen. Asersi manajemen berkaitan dengan kas dan setara kas yang digunakan seperti apakah transaksi benar terjadi, apakah transaksi sudah dicatat pada periode yang tepat bahkan apakah transaksi sudah dikategorikan sesuai dengan kas dan setara kas.

Prosedur pemeriksaan dan tujuan pemeriksaan sebaiknya disesuaikan terutama berkaitan dengan compliance test dan substantive test. Agar contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas menghasilkan audit adjustment untuk menentukan apakah terdapat salah saji material ataukah tidak.

Baca Juga: Contoh Kasus Tanggal Ganda Dalam Laporan Audit Independen

Contoh Soal Pemeriksaan Kas dan Setara Kas atas Rekonsiliasi Bank

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas atas rekonsiliasi bank dapat terjadi ketika pihak manajemen salah menggunakan metode pembayaran antara kas dan giro. Contoh kas dan setara kas diantaranya kas kecil, saldo rekening bank, bon sementara, bon yang belum di reimbursed bahkan check tunai yang akan didepositokan.

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas tentang rekonsiliasi bank terjadi ketika PT Kakraffi telah membayar cek sebesar Rp 5.000.000 dan melakukan penyetoran kas sebesar Rp 6.000.000 dimana saldo awal bank adalah 10.000.000. Sewa deposit box telah dimasukan klien pada proses rekonsiliasi bank sebesar Rp 600.000 dimana pembayarannya digunakan kas kecil.

Contoh soal pemeriksaan kas dan setara kas rekonsiliasi bank dapat terjadi pada akhir periode. Kertas kerja pemeriksaan dibutuhkan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh asisten bahkan partner KAP.

Baca Juga: Mengapa Auditor Harus Memahami Pengendalian Internal Klien

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas akan berhubungan dengan proses rekonsiliasi dan penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan perusahaan. Kertas kerja pemeriksaan dibutuhkan agar partner dapat mengkoreksi pekerjaan dari asisten sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas dapat dibuat hampir menyerupai proses rekonsiliasi klien sebagai berikut.

KlienAuditor
Saldo AwalRp10.000.000Rp10.000.000
+ Deposit in TransitRp6.000.000Rp6.000.000
+ Sewa Deposit BoxRp600.0000
- Cek Masih BeredarRp5.000.000Rp5.000.000
Saldo AkhirRp11.600.000Rp11.000.000

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara akan membutuhkan jurnal pemeriksaan atas penyesuaian yang diajukan oleh auditor sebagai audit adjustment sebagai berikut

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020Beban Lain-LainRp600.000
Kas di BankRp600.000

Baca Juga: Cara Membetulkan Faktur Pajak Masukan dan Keluaran Yang Sudah Di Upload

Demikian contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas yang dapat digunakan sebagai bentuk contoh soal dan jawaban audit rekonsiliasi bank ya.

1 Komentar untuk "Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel