Contoh Kasus Tanggal Ganda dalam Laporan Audit Independen

Konten [Tampil]

Contoh kasus dual dating tanggal ganda dalam laporan audit independen menjadikan pertanyaan mengapa tanggal laporan akuntan publik tidak sama dengan tanggal selesainya pekerjaan lapangan. Peristiwa kemudian dan dual dating menjadi pertimbangan baru auditor dalam menentukan kualitas audit yang dilakukan.

Jelaskan tanggal ganda dalam laporan audit independen adalah tanggal dimana terjadinya peristiwa penting yang harus diungkapkan auditor karena adanya kerugian material. Dalam kondisi seperti apa auditor dapat memberikan tanggal ganda dual dating pada laporan audit yaktu adanya peristiwa penting yang luar biasa.

Dual dating adalah tanggal dimana auditor harus menjelaskan peristiwa penting setelah berakhirnya pekerjaan lapangan akan tetapi adanya peristiwa khusus yang menyebabkan kerugian material bagi perusahaan. Laporan audit independen berisika informasi tentang lembaran opini dan laporan keuangan tahunan perusahan.

Contoh Kasus Tanggal Ganda dalam Laporan Audit Independen


Jelaskan Tanggal Ganda dalam Laporan Audit

Jelaskan tanggal ganda dalam laporan audit adalah tanggal dimana terjadinya peristiwa luar biasa yang menyebabkan ketidak materialitas laporan keuangan. Tanggungjawab auditor terhadap subsequent event harus dilakukan karena menjadi langkah untuk mendeteksi adanya manajemen laba perusahaan.

Tanggal ganda adalah tanggal dimana auditor telah selesai mengerjakan pekerjaan lapangan. Peristiwa kemudian adalah kejadian setelah akhir periode laporan keuangan yang menjadi dasar untuk mengerjakan pekerjaan lapangan auditor dan menuliskan pada kertas kerja pemeriksaan.

Contoh dual dating dalam audit akan berkaitan dengan tanggal peristiwa kemudian. Subsequent event menjadi dasar bagi auditor untuk menghindari adanya manajemen laba perusahaan. Dalam kondisi seperti apa auditor dapat memberikan tanggal ganda atau dual dating pada laporan audit yaitu terjadinya kejadian luar biasa setelah berakhirnya audit field work.

Baca Juga: Jenis-Jenis Opini Audit Terhadap Laporan Keuangan

Peristiwa Kemudian dan Dual Dating

Peristiwa kemudian dan dual dating menjadi tanggal penting dalam laporan audit independen. Laporan audit independen harus diberikan tanggal setelah auditor mampu mendapatkan bukti audit yang cukup dan tepat yang mendasari proses pemberian opini audit laporan keuangan.

Dalam kondisi seperti apa auditor dapat memberikan tanggal ganda dual dating dalam laporan audit bergantung kepada adanya peristiwa yang menyebabkan perusahaan mengalami perubahan secara material. Tanggal selesainya pekerjaan lapangan akan membuat auditor hanya bertanggungjawab pada periode tersebut.

Peristiwa kemudian dan dual dating dapat disusun bersamaan dengan seluruh laporan yang membentuk laporan keuangan dan tanggungjawab dari pihak-pihak auditor terhadap tidak terjadinya salah saji material dalam laporan keuangan.

Baca Juga: 10 Standar Audit Yang Harus Dipahami Auditor

Contoh Kasus Dual Dating dalam Laporan Audit

Contoh soal tanggal ganda dalam laporan audit menjadi permasalahan karena tanggal laporan akuntan publik seharusnya sama dengan tanggal selesainya pekerjaan lapangan auditor. Tanggal ganda adalah peristiwa yang menyebabkan auditor dapat memundurkan waktu pekerjaan lapangannya.

Contoh soal dual dating dalam laporan audit terjadi pada PT Kakraffi yang mengalami kerusakan terhadap gedung yang dimilikinya pada tanggal 6 maret 2021. KAP Masraffi yang ditunjuk melakukan audit telah menyelesaikan pekerjaan lapangan pada tanggal 19 februari 2021.

Bagaimana cara menentukan tanggal ganda atas peristiwa luar biasa tersebut? Tentunya auditor memiliki hak untuk menggunakan tanggal ganda dalam laporan audit independen yaitu tanggal 19 februari 2021 dan 6 maret 2021 ya.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Terhadap Piutang Usaha dan Piutang Lainnya

Demikian contoh kasus tanggal ganda dalam laporan audit independen semoga paham tentang tanggungjawab auditor terhadap subsequent event dan peristiwa setelah tanggal laporan keuangan ya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kasus Tanggal Ganda dalam Laporan Audit Independen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel