Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud dan Jawaban

Contoh soal revaluasi aktiva tetap berwujud dan aset tak berwujud merupakan bagian dari programperusahaan dapat mengalokasikan biaya pembelian mesin,

Konten [Tampil]

Contoh soal revaluasi aktiva tetap berwujud dan aset tak berwujud merupakan bagian dari program perusahaan dapat mengalokasikan biaya pembelian mesin, kendaraan dan bangunan. Biaya investasi kendaraan tidak diperkenankan langsung mengurangi total pendapatan kena pajak melainkan harus di depresiasi.

Tujuan kebijakan revaluasi dalam perencanaan pajak adalah menghindari adanya praktik pengurangan pajak penghasilan. Setiap badan usaha harus melaporkan keuntungan dan kerugian yang didapatkannya selama menjalankan kegiatan operasional guna menghindari sanksi administrasi dan denda perpajakannya.

Kenapa pemerintah dan perusahaan perlu melakukan revaluasi aset tetap sebab adanya pertimbangan perihal stabilitas nilai tukar rupiah. Perusahaan menyelenggarakan kegiatan revaluasi saat terjadi akuisisi saham, restrukturisasi modal perusahaan, peningkatan jumlah saham yang beredar melalui merger atau konsolidasi.

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud dan Jawaban

Pengertian Revaluasi Aktiva Tetap dan Dampaknya Bagi Perusahaan

Pengertian revaluasi aktiva tetap dan dampaknya bagi perusahaan akan dirasakan wajib pajak saat menyelenggarakan transaksi pembukuan. Pembukuan adalah prosedur pencatatan bukti transaksi berdasarkan hasil penilaian kinerja keuangan selama beberapa periode sesuai arah dan tujuan perkembangan bisnis.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap di perusahaan manufaktur dan dagang diperkenankan diakui saat terjadi perubahan anggaran dasar. Akta pendirian perusahaan adalah dokumen penting berkaitan dengan kemampuan entitas saat menyelenggarakan transaksi bisnis sesuai jenis organisasi dan perdagangannya.

Dampak revaluasi terhadap perusahaan adalah meningkatkan anggaran pembayaran pajak final. Pajak final artinya pemungutan pajak yang dilakukan saat transaksi berlangsung dan tidak dapat dikreditkan di akhir periode. Pengkreditkan ppn dan pph hanya dapat dilakukan sesuai bukti transaksi yang di dapatkan perusahaan.

Baca Juga: Macam-Macam Metode Penyusutan Aset Tetap

Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap Berwujud dan Tak Berwujud

Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap berwujud dan tak berwujud menjadi bagian dari akuntansi perpajakan dan akuntansi keuangan menengah. Aktiva tetap adalah segala kekayaan perusahaan yang digunakan membantu kegiatan produksi dan memiliki usia lebih dari satu periode akuntansi.

Contoh soal revaluasi aset tetap pajak dapat menjadi pertimbangan bagi staff pajak untuk menghimpun dana kas. Pembayaran pajak hendaknya disesuaikan kebutuhan perusahaan untuk menghindari sanksi administrasi yang mungkin muncul saat penyelenggaraan transaksi keuangannya.

Bagaimana cara meningkatkan nilai rupiah dapat digunakan agar perusahaan terhindar dari koreksi fiskal. Pengertian koreksi fiskal adalah tindakan perusahaan menyesuaikan laba menurut akuntansi agar dapat digunakan sebagai dasar perhitungan pajak penghasilan yang harus disetorkan per periodenya.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 21 Atas Gaji Karyawan Tetap

Jurnal Pencatatan Transaksi Revaluasi Aset Tetap Menurut Perpajakan

Jurnal pencatatan transaksi revaluasi aset tetap menurut perpajakan wajib menghindari adanya denda pajak. Denda pajak adalah kejadian perusahaan tidak patuh terhadap prosedur pembayaran pajak. Usia ekonomis adalah perkiraan usia pemanfaatan hak milik dan fungsi menurut pembuat aktiva yang telah dibelinya.

Jurnal pencatatan transaksi revaluasi aset tetap menurut perpajakan terdiri dari jurnal penyusutan, perhitungan akumulasi depresiasi per periode dan surplus revaluasi. Surplus revaluasi adalah selisih antara nilai buku dan nilai wajar transaksi berdasarkan kesepakatan dengan jasa penilai atau appraisal.

Soal dan jawaban revaluasi terjadi ketika PT Kakraffi menyepakati adanya pembelian komputer server senilai Rp 12.000.000. Komputer server termasuk aktiva tetap kategori pertama dalam perpajakan. Usia manfaatnya selama 4 tahun. Jika diakhir tahun pertama, komputer direvaluasi senilai Rp 9.250.000. Bagaimana cara membuat jurnal penyusutan aktiva tetap metode garis lurus dan jurnal surplus revaluasinya?

Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap Metode Garis Lurus

TanggalKeteranganDebitKredit
13/03/2023Biaya Depresiasi Aktiva Tetap Rp 3.000.000
Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 3.000.000

Jurnal Revaluasi Aset Tetap dan Perhitungan Pajak Final

TanggalKeteranganDebitKredit
18/03/2023 Akumulasi Depresiasi Aktiva Tetap Rp 3.000.000
Biaya Revaluasi Rp 25.000
Bangunan Rp 2.750.000
Surplus Revaluasi Rp 250.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 25.000

Baca Juga: Apa itu Pajak Final

Demikian contoh soal revaluasi aktiva tetap berwujud dan jawabannya dalam makalah aktiva tetap. Karakteristik, pengertian dan macam-macam aset tetap harus dipertimbangkan perusahaan sebagai basis informasi keuangan. Seluruh kekayaan entitas harus dijaga agar dapat menyeimbangkan konsekuensinya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud dan Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel