Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aset Tetap Sejenis

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap sejenis yang memiliki substansi komersial adalah aset perusahaan yang dapat meningkat nilainya dimasa de

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap sejenis yang memiliki substansi komersial adalah aset perusahaan yang dapat meningkat nilainya dimasa depan tanpa harus melaksanakan perubahan signifikan. Tujuan pembelian aktiva tetap adalah mengurangi biaya gaji dan tunjangan karyawan yang diakui sebagai biaya variabel.

Cara menghitung laba rugi pertukaran aktiva tetap bertujuan agar entitas dapat memaksimalkan potensi perolehan kekayaan dimasa depan. Perbedaan antara aset yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial terletak pada pengakuan pendapatan dan aktiva dilaporan posisi keuangan sesuai keberadaannya.

Perbedaan pertukaran aktiva tetap memiliki substansi komersial dan tidak komersial bertujuan agar entitas dapat bertanggungjawab terhadap kesepakatan bisnis. Apa saja yang termasuk biaya perolehan aktiva tetap terdiri dari segala pengeluaran perusahaan yang berhubungan dengan terciptanya prosedur perolehan kekayaannya.

Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aset Tetap Sejenis

Apa yang Dimaksud Pertukaran Aktiva Tetap

Pengertian pertukaran aktiva tetap adalah kegiatan perusahaan dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dengan mengalokasikan sebagian besar kekayaannya. Jika aset tetap sudah tidak digunakan lagi maka cara apa yang harus dilakukan oleh perusahaan maka perusahaan dapat membuat jurnal pembalik aset tersebut.

Apa yang dimaksud pertukaran aktiva tetap sejenis adalah tindakan perusahaan tukar tambah aset tetap dengan supplier yang memiliki kesamaan bentuk dan kegunaannya. Tujuan penyusutan aset adalah memaksimalkan potensi pengurangan pajak penghasilan badan usaha sesuai target yang ditetapkan lawan transaksi.

Pengertian pertukaran aktiva tetap adalah kebijakan perusahaan dalam rangka mengapresiasi pejuang rupiah dengan memperdagangkan aset yang dimilikinya. Bagaimana kriteria suatu aktiva tetap berwujud agar dapat diakui sebagai aktiva oleh perusahaan adalah memiliki bentuk fisik dan entitas telah mengeluarkan sebagian besar kekayaannya.

Baca Juga: Contoh Soal PPN Kurang Bayar dan Lebih Bayar

Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Sejenis Memiliki Substansi Komersial

Contoh soal pertukaran aktiva tetap sejenis memiliki substansi komersial merupakan tindakan entitas dalam rangka mengapresiasi staff keuangan perusahaan. Staff pajak adalah julukan bagi karyawan yang melaporkan spt badan usaha dan spt masa sesuai target waktu yang ditetapkan kementerian keuangan.

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap sejenis dilakukan sebagai dasar pengenaan pajak. Setiap pendapatan bagi perusahaan merupakan earning bagi negara. Negara memiliki hak sebesar 25% dari total pendapatan kena pajak yang harus dilaporkan dan disetorkan paling lambat akhir bulan ke empat dari tahun pajak.

Contoh perhitungan laba rugi pertukaran aset terjadi ketika PT Kakraffi menyetujui adanya pertukaran kendaraan baru senilai Rp 40.000.000. Kendaraan lama miliki PT Kakraffi memiliki nilai perolehan Rp 55.000.000 dan telah disusutkan sebesar Rp 19.000.000. PT Kakraffi harus menambah kas senilai Rp 500.000 untuk mendapatkan kendaraan baru. Berapakah keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi PPKD dan SKPD

Contoh Perhitungan Laba Rugi Aktiva Tetap

Contoh perhitungan laba rugi aktiva tetap bertujuan agar keuntungan yang didapatkan perusahaan dapat diintegrasikan dengan informasi perpajakannya. Aktiva adalah aset perusahaan yang hanya dapat dilakukan prosedur integrasi dengan mendatangkan laba dan rugi sesuai peruntukkan dan target penjualannya.

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap sejenis diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi entitas mendatangkan aset untuk keperluan produksi. Produksi adalah tindakan perusahaan menciptakan barang dan jasa baru dengan bahan baku yang dimilikinya. Adapun cara menghitung laba rugi pertukaran aset adalah

Harga Mesin baru Rp 40.000.000
Kas Rp 500.000
Biaya Peroleha Rp 40.500.000
Harga mesin Baru Rp 40.000.000
Nilai Buku Mesin lama Rp 36.000.000
Laba Pertukaran aset Rp 4.000.000

Jurnal Pertukaran Aktiva Tetap Memiliki Substansi Komersial

Jurnal pertukaran aktiva tetap memiliki substansi komersial adalah metode pencatatan yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan para pemegang sahamnya. Setiap perusahaan memiliki kebijakan akuntansi yang dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan sesuai periode penagihannya.

Adapun jurnal pencatatan pertukaran aset tetap adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
19/03/2023 Mesin Baru Rp 40.500.000
Akumulasi Depresiasi Rp 19.000.000
Mesin Lama Rp 55.000.000
Laba Rugi Pertukaran Rp 4.000.000
Kas Rp 500.000

Baca Juga: Contoh Kasus Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud

Demikian contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap sejenis dalam hubungan antar induk perusahaan dan anak perusahaan. Akuntansi aktiva tetap akan membahas perihal pembelian, perolehan aset, pelepasan aset dan penghentian pemakaian sesuai periode yang dilaporkan dalam spt badan usahanya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aset Tetap Sejenis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel