Cara Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam dan Jurnal Pencatatannya

Cara menghitung deplesi sumber daya alam dan jurnal pencatatannya merupakan pedoman yang digunakan perusahaan dalam rangka contoh soal deplesi akuntan

Konten [Tampil]

Cara menghitung deplesi sumber daya alam dan jurnal pencatatannya merupakan pedoman yang digunakan perusahaan dalam rangka menyelenggarakan kegiatan perpajakan. Pembukuan adalah kegiatan perusahaan mengaplikasikan setiap penjualan, pembelian, pembiayaan pesanan sesuai arah dan target marketingnya.

Perbedaan deplesi dan depresiasi aktiva tetap adalah aktivitas perusahaan memperoleh keuntungan semaksimal atas pembayaran pajak penghasilan. Kekayaan perusahaan menjadi objek pajak penghasilan yang harus dilaporkan dalam setiap kali prosedur pemungutan pajak pertambahan nilai atas penjualan barang kena pajak.

Contoh soal deplesi dan jawabannya harus disesuaikan pernyataan standar akuntansi keuangan. Tujuan deplesi adalah memaksimalkan potensi atas pemakaian sumber daya alam yang dapat dibebankan ke penghasilan perusahaan. Pendapatan adalah segala kas yang diterima dari transaksi utama bisnis selama satu periode.

Cara Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam dan Jurnal Pencatatannya

Masalah yang Terjadi dalam Perhitungan Deplesi

Masalah yang terjadi dalam perhitungan deplesi sumber daya alam adalah penentuan total tembaga dan batubara yang ditargetkan atas investasi perusahaan. Investasi jangka panjang ditujukan bagi investor agar mau menanamkah sejumlah dana dengan tujuan mendapatkan dividen sesuai periode pembagian dalam targetnya.

Cara menghitung deplesi sumber daya alam dan jurnal pencatatannya merupakan anjuran bagi perusahaan tembaga untuk memaksimalkan potensi di perusahaan. Target penjualan perlu ditentukan diawal produk rilis agar departemen marketing dapat memaksimalkan potensi promosi barang dan jasa sesuai nilai penjualannya.

Masalah yang sering terjadi dalam perhitungan deplesi adalah penetapan biaya perolehan. Biaya deplesi hanya diperkenankan untuk dialokasikan ke dalam beberapa periode. Penetapan umur manfaat sumber daya alam didasarkan pada pertimbangan entitas ketika memakai aset sejenis sesuai target yang telah ditetapkannya.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang

Contoh Soal Perhitungan Deplesi dan Jawabannya

Contoh soal perhitungan deplesi dan jawabannya dianjurkan diterapkan sesuai pedoman keuangan. Pernyataan standar akuntansi keuangan adalah dasar bagi entitas menetapkan dasar pengenaan pajak. DPP perpajakan merupakan komponen utama saat memungut pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan.

Cara menghitung deplesi sumber daya alam dan jurnal pencatatannya hanya dapat dilakukan menggunakan metode unit produksi. Penyusutan metode unit produksi akan menetapkan biaya depresiasi per unit. Penetapan dasar penyusutan menjadi dasar bagi entitas menghitung total pengeluaran selama satu periode.

Contoh soal deplesi dan amortisasi terjadi ketika PT Kakraffi memberikan sejumlah dana untuk investasi jangka panjang senilai Rp 56.000.000. Atas investasi tersebut, PT kakraffi menargetkan mendapatkan barang sebanyak 7.000 ton. Jika ditahun pertama hanya mendapatkan 750 ton. Berapakah nilai deplesi selama satu periode tersebut?

Baca Juga: Cara Membuat Bukti Potong PPh Pasal 22

Rumus Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam

Rumus menghitung deplesi sumber daya alam dapat menerapkan standar akuntansi keuangan perihal unit produksi. Metode unit produksi adalah perhitungan biaya didasarkan pada estimasi jumlah unit yang berhasil dicipkan oleh mesin. Penetapan jumlah unit didasarkan pada kebijakan pemegang saham sesuai pengalamannya.

Contoh soal deplesi sumber daya alam harus dicantumkan pada catatan atas laporan keuangan untuk menghindari pemeriksaan dari kantor akuntan publik. Bagaimana cara menentukan umur manfaat aktiva tetap? penetapan usia ekonomis didasarkan pada pertimbangan kategori aktiva di ketentuan umum perpajakan.

Adapun cara menghitung deplesi sumber daya alam adalah

Rumus Deplesi = Rp 56.000.000 : 7.000 ton = Rp 8.000 per ton
Deplesi per tahun = Rp 8.000 x 750 ton = Rp 6.000.000

Setelah perhitungan deplesi, maka departemen akuntansi dan keuangan akan mencatat transaksi untuk mengurangi total pendapatan perusahaan. Deplesi merupakan biaya tetap sehingga akan dikenakan walaupun tidak produksi. Biaya tetap merupakan pengeluaran rutin perusahaan tanpa mempertimbangan kenaikan harga pokok produksinya.

Adapun jurnal pencatatan deplesi sumber daya alam adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
21/03/2023 Beban Deplesi Rp 6.000.000
Akumulasi Deplesi Rp 6.000.000

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Staff Gudang

Demikian cara menghitung deplesi sumber daya alam dan jurnal pencatatannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Perusahaan pertambangan dan mineral adalah subyek pajak penghasilan. Pemungutan pph pasal 22 dan pph harus dijalankan apabila lawan transaksi akan menyelenggarakan kerjasama bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam dan Jurnal Pencatatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel