Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa dan Dagang

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang merupakan aktivitas perusahaan mempermudah prosedur siklus akuntansi keuangan menengah baru

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang merupakan aktivitas perusahaan mempermudah prosedur siklus akuntansi keuangan menengah dan akuntansi pengantar. Jurnal penyesuaian kembali dibuat pada awal periode setelah proses perhitungan laba rugi komprehensif.

Jurnal pembalik tidak dibuat untuk jurnal penyesuaian pengeluaran kas dan setara kas perusahaan.Tujuan jurnal penyesuaian kembali adalah menyesuaikan sistem pendebetan dan pengkreditan transaksi dimasa lampau yang berisikan nama akun, jumlah rupiah dan bukti transaksi pendukung informasi tersebut.

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik pada perusahaan dagang dan jasa tidak wajib diselenggarakan sebab entitas hanya memudahkan prosedur siklus akuntansi. Jurnal penyesuaian kembali bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki sistem pengendalian internal kuat atas transaksi yang diselenggarakannya.

Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa dan Dagang

Apa yang Dimaksud Jurnal Penyesuaian Kembali

Apa yang dimaksud jurnal penyesuaian kembali adalah sistem pencatatan bukti transaksi berdasarkan jurnal penyesuaian yang pernah dibuat sebelumnya. Tujuan jurnal pembalik adalah memastikan bahwa setiap hutang piutang dapat diselenggarakan secara normal untuk mengatasi siklus akuntansi yang rumit.

Pengertian jurnal penyesuaian kembali adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat aktivitas perusahaan berkaitan dengan piutang dan hutang. Pengakuan piutang dan hutang sesuai dengan akrual basis. Akrual basis adalah transaksi dicatat berdasarkan peristiwa tanpa mempertimbangkan aliran kas keluar masuk perusahaan.

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang merupakan tahapan akhir sebelum entitas melaksanakan input data periode selanjutnya. Tahapan siklus akuntansi hendaknya disesuaikan aturan perpajakan untuk menghindari adanya aktiva pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan tertentu.

Baca Juga: Apa itu Sistem Perpetual dan Sistem Periodik dalam Persediaan

Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa dan Dagang

Contoh soal dan jawaban jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang merupakan aktivitas terakhir sebelum entitas melaksanakan transaksi periode selanjutnya. Ada dua transaksi jurnal penyesuaian kembali yang boleh dilakukan dan berkaitan dengan aktivitas piutang dan hutang kepada lawan transaksinya.

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang tentu dilaksanakan posting ke buku besar. Buku besar atau ledger adalah buku yang berisikan riwayat pencatatan transaksi perusahaan per tanggal peristiwa terjadi. Jurnal penyesuaian kembali dipertimbangkan sebagai alat pelaksanaan kegiatan bisnis.

Contoh soal jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang melaksanakan prosedur penggajian setiap tanggal 15 bulan berikutnya. PT Kakraffi memiliki 3 karyawan dengan gaji Rp 4.300.000 dengan masa kerja 30 hari. Bagaimana cara membuat jurnal penyesuaian kembali perusahaan jasa?

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Bukti Transaksi dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penyesuaian Kembali Perusahaan Jasa

Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian kembali perusahaan jasa dan dagang hanya berkaitan dengan pencatatan utang piutang. Piutang adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan yang belum dibayarkan disertai pemberian termin agar mendapatkan kepastian periode aliran kas masuk tersebut.

Cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang bertujuan mengurangi kesalahan pencatatan yang mungkin terjadi. Sistem pengendalian internal kekayaan perusahaan perlu dipertimbangkan agar tidak terjadi pemakaian dana perusahaan tanpa adanya perintah pejabat perusahaan.

Contoh soal jurnal pembalik atas hutang gaji dan upah karyawan tentu harus mengakui adanya beban gaji yang belum dibayarkan pada akhir periode. Jurnal penyesuaian mencatat transaksi pengakuan beban gaji karyawan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Gaji Rp 6.300.000
Hutang Gaji Rp 6.300.000

Jurnal pembalik beban gaji yang belum dibayar dapat dibuat pada awal periode untuk mengingat transaksi tersebut. Adapun jurnal pembalik yang perlu dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2022Hutang Gaji Rp 6.300.000
Beban Gaji Rp 6.300.000

Jurnal pencatatan beban gaji yang dibayarkan penuh setiap tanggal 15 bulan berikutnya tentu memerlukan kas dan setara kas sebagai metode pembayarannya. Adapun jurnal mencatat beban gaji dan upah karyawan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/01/2022Beban Gaji Rp 12.600.000
Kas Rp 12.600.000

Baca Juga: Cara Posting Jurnal Umum ke Buku Besar

Demikian cara membuat jurnal pembalik perusahaan jasa dan dagang dalam materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Kapan jurnal penyesuaian kembali dibuat dapat menyesuaikan kebijakan akuntansi yang diterapkan guna menghindari adanya double input transaksi tertentu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa dan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel