Contoh Soal Jurnal Wesel Bayar Tanpa Bunga dan Pembahasannya

Contoh soal jurnal wesel bayar tanpa bunga dan pembahasannya merupakan prosedur yang diselenggarakan entitas dalam rangka mendapatkan peluang berbisni

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal wesel bayar tanpa bunga dan pembahasannya merupakan prosedur yang diselenggarakan entitas dalam rangka mendapatkan peluang berbisnis. Modal kerja adalah tujuan utama agar proses alokasi kas dan setara kas dapat mengeluarkan omzet sesuai target yang diterapkan manajemen.

Jurnal penerbitan wesel bayar dan jurnal pelunasan wesel tagih tentu mempertimbangkan informasi nilai waktu uang. Wesel termasuk akun liabilitas jangka pendek yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan. Utang wesel dapat membantu kegiatan administrasi perusahaan terutama membayarkan tagihan jatuh tempo.

Cara menghitung bunga wesel bergantung pada tingkat bunga per tahun, diskonto wesel dan nilai nominal hutangnya. Piutang adalah kondisi pelanggan tidak membayarkan tagihan secara tepat waktu setelah pengiriman barang. Produk dan jasa harus disegerakan agar entitas dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Contoh Soal Jurnal Wesel Bayar Tanpa Bunga dan Pembahasannya

Apa itu Utang Wesel dalam Akuntansi

Pengertian utang wesel dalam akuntansi adalah jenis sumber daya modal kerja yang berasal dari pinjaman pihak ketiga. Pemberian pinjaman berakibat pada munculnya biaya bunga per periodenya. Biasanya perusahaan akan melakukan pelunasan tagihan dan bunga yang dibebankannya per periode sesuai kebutuhan.

Penyebab munculnya utang wesel dalam laporan posisi keuangan adalah entitas memberikan janji kepada supplier mengenai jumlah pembayaran tagihan. Karakteristik wesel tagih adalah entitas akan menerima sejumlah dana tertentu apabila memberikan perpanjangan masa pelunasan tagihan yang telah jatuh tempo.

Apa itu wesel bayar? Pengertian wesel bayar menurut para ahli adalah surat perintah pembayaran tagihan sesuai nilai nominal disertai bunga pada waktu tertentu. Pendiskontoan wesel tagih hanya dapat dilakukan pada lembaga keuangan dan perbankan dengan disertai pemotongan diskon bunga tertentu.

Baca Juga: Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang Tak Tertagih

Contoh Soal Jurnal Wesel Bayar dan Wesel Tagih Tanpa Bunga

Contoh soal jurnal wesel bayar dan wesel tagih tanpa bunga diselenggarakan perusahaan dalam rangka mengapresiasi peluang bisnis. Pendapatan dan biaya adalah hal yang wajar dalam bisnis. Penentuan harga jual produk sebaiknya mempertimbangkan biaya riset dan pengembangan untuk menentukan harga pokok produksi.

Contoh soal jurnal penerbitan wesel dan jurnal pelunasan bunga wesel bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan. Keterlambatan pembayaran transaksi berakibat pada pemutusan hubungan kerjasama bisnis sehingga kondisi keuangan akan menurun sesuai perkembangannya.

Cara menghitung bunga wesel bayar terjadi ketika PT Kakraffi memutuskan menandatangani surat wesel bayar senilai Rp 83.000.000 dalam jangka waktu 7 tahun. PT Kakraffi akan menerima uang tunai sebesar Rp 70.000.000 dari hasil pencairan dana tersebut. Berapakah nilai bunga per periode yang harus ditanggung perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran dan Jurnalnya

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Wesel Bayar dan Tagih

Langkah-langkah membuat jurnal wesel bayar dan tagih diprioritaskan pada pembayaran tagihan jatuh tempo. Keterlambatan pembayaran tagihan mengakibatkan adanya pengurangan jumlah pengiriman bahan baku. Bahan baku adalah bahan yang diperlukan dalam proses produksi untuk mempertimbangkan penjualan barangnya.

Cara Menghitung Bunga Wesel Tagih dan Wesel Bayar

Contoh soal jurnal wesel bayar tanpa bunga tentu mengakibatkan perubahan terhadap komposisi keuangan perusahaan. Liabilitas dan ekuitas adalah komponen pendukung aktiva tetap perusahaan. Semakin banyak aset perusahaan menandakan entitas semakin berkembang sesuai informasi yang dibutuhkannya.

KeteranganJumlah
Nilai Nominal Wesel Tanpa Bunga Rp 83.000.000
Nilai tunai wesel Rp 70.000.000
Bunga per 7 tahun Rp 13.000.000
Bunga per tahun Rp 1.857.143

Jurnal Penerbitan Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Jurnal penerbitan wesel bayar dan wesel tagih akan mengandung nilai nominal dan nilai tunai. Nilai nominal adalah nilai yang tercantum pada surat janji pembayaran. Nilai tunai adalah nilai yang diterima perusahaan saat pencairan dana obligasi. Obligasi bermanfaat untuk menambah jumlah kekayaan perusahaan.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
25/03/2023Kas Rp 70.000.000
Diskonto Utang Wesel Rp 13.000.000
Wesel Bayar Rp 83.000.000
(Jurnal mencatat penerimaan kas dari utang wesel)

Jurnal Pembayaran Bunga Wesel Per Periode

Jurnal pembayaran bunga wesel per periode bermanfaat bagi perusahaan dalam rangka mengaplikasikan setiap arus kas keluar. Laporan arus kas bermanfaat bagi entitas dalam rangka menentukan jumlah biaya operasional, investasi dan pendanaan bisnis. Adapun jurnal pembayaran bunga per periode adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
24/03/2024Beban bunga wesel Rp 1.857.143
Diskonto Utang Wesel Rp 1.857.143
(Jurnal mencatat biaya bunga wesel)

Baca Juga: Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Tagih dan Perhitungannya

Demikian contoh soal jurnal wesel bayar tanpa bunga dan pembahasannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Setiap kekayaan perusahaan harus dipertanggungjawabkan sebab adanya indikasi pajak penghasilan yang harus dibayarkan per periodenya. Tahun fiskal adalah tahun perhitungan jumlah kekayaan perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Wesel Bayar Tanpa Bunga dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel