Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian dan Jawabannya

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian dan jawabannya menjadi dasar bagi lawan transaksi mengeluarkan bukti penagihan invoice

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian dan jawabannya menjadi dasar bagi lawan transaksi mengeluarkan bukti penagihan dan pembayaran. Pembeli dan penjual harus mematuhi aturan kebijakan akuntansi yang berterima umum sebagai dasar pembayaran atas segala pengeluaran perusahaan.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian dapat disesuaikan aturan perolehan penghasilan di perusahaan. Hak dan tanggungjawab kontraktor harus dipenuhi ketika mengajukan insentif dan klaim biaya yang belum termasuk perkiraan biaya diawal periode.

Metode apa yang dapat digunakan untuk mengakui pendapatan konstruksi terdiri dari metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian. PSAK 34 dan PSAK 72 mengatur bagaimana dan kapan waktu pendapatan boleh diakui sebagai tambahan kekayaan bagi lawan transaksi setelah mendapatkan informasi keuangannya.

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian dan Jawabannya

Perbedaan Metode Kontrak Selesai dan Persentase Penyelesaian

Perbedaan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian akan terjadi ketika lawan transaksi mengadakan hubungan bisnis dengan perusahaan. Apa yang dimaksud metode kontrak selesai adalah akad kerjasama bisnis dimana entitas mengutamakan kesejahteraan para pemegang saham diakhir periode pembayaran.

Perbedaan metode persentase penyelesaian dan kontrak selesai dalam pengakuan pendapatan hendaknya dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk mengadakan kerjasama bisnis. Bagaimana penghasilan dapat diakui ketika entitas mendapatkan kepastian harga jual dan berapakah barang atau jasa yang diserahkan ke pelanggan.

Pengakuan pendapatan metode kontrak selesai dan persentase penyelesaian bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran hutang yang jatuh tempo. Kapan pendapatan diakui menurut kerangka konseptual penyajian dan penyusunan laporan keuangan ketika dapat diukur dengan handal sesuai nilai jualnya.

Baca Juga: Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian Akad Istishna

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian akad istishna merupakan salah satu bentuk akad kerjasama pembangunan dan perencanaan jangka panjang. Kontrak jangka panjang berarti entitas harus menerima pendapatan untuk melangsungkan hidupnya selama beroperasi sesuai tujuannya.

Contoh soal pendapatan kontrak konstruksi terdiri dari metode kontrak selesai dan metode persentase penyelesaian. Pendapatan kontrak diakui sebagai penghasilan ketika sudah melaksanakan tanggungjawab perencanaan dan pembuatan gedung sesuai laporan laba rugi dan laporan kinerja keuangan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian terjadi ketika PT Kakraffi menyepakati kontrak jangka panjang pembangunan gedung senilai Rp 945.000.000. Perkiraan biaya awal sebesar Rp 350.000.000. Adapun estimasi rincian pembangunan dan penerimaan kas selama beroperasi adalah

202020212022
Biaya yang harus dikeluarkan143,50 Juta294,00 Juta350,00 Juta
Perkiraan biaya selesai200,90 Juta117,60 Juta
kemajuan tagihan378,00 Juta359,10 Juta207,90 Juta
kas terkoleksi340,20 Juta287,28 Juta317,52 Juta

Baca Juga: Cara Memasukkan Faktur Pembelian dan Penjualan di Accurate

Cara Menghitung Pendapatan Kontrak Konstruksi dan Rumusnya

Cara menghitung pendapatan kontrak konstruksi dan rumusnya bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai nominal yang terutang. Kewajiban perusahaan mengoptimalkan kas dan setara kas untuk mengakuisisi pelunasan piutang tak tertagih dan hutang yang belum dibayarkan ke suppliernya.

Cara menghitung pendapatan kontrak konstruksi bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang nilai yang menjadi dasar nominal pelunasan piutangnya. Keuntungan dan kerugian selama menjalankan kontrak jangka panjang akan terjadi dan boleh diajukan klaim atas biaya yang tidak sesuai kesepakatan.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian dan kontrak selseai bertujuan agar entitas mendapatkan keputusan teknis tentang informasi keuangannya. Ketepatan nilai penjualan dan harga yang harus dibayarkan oleh lawan transaksi mengakibatkan adanya catatan di neraca saldo perusahaan.

202020212022
Harga Kontrak945,00 Juta945,00 Juta945,00 Juta
- Biaya dikeluarkan143,50 Juta294,00 Juta350,00 Juta
- Perkiraan biaya sampai selesai200,90 Juta117,60 Juta0,00 Juta
Perkiraan total laba kotor600,60 Juta533,40 Juta595,00 Juta
Persentase penyelesaian kontrak41%84%100%

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Fluktuasi dan Imprest

Demikian contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan atas kelemahan sistem pengendalian internal. Kelebihan dan kekurangan metode persentase penyelesaian harus dipertimbangkan sebelum perusahaan menggunakannya ketika mengakusisi adanya tambahan penghasilan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pengakuan Pendapatan Metode Persentase Penyelesaian dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel