Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan jawabannya menjadi salah satu liabilitas dan expance perusahaan ketika menggunakan tenaga kerja langsung baru

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan jawabannya menjadi salah satu liabilitas dan expance perusahaan ketika menggunakan tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung. Pengertian imbalan kerja dalam akuntansi keuangan adalah segala pengorbanan perusahaan ketika menggunakan jasa para pekerja atau buruh.

Pertanyaan tentang imbalan kerja jangka panjang dan jangka pendek bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Tujuan imbalan keja adalah perusahaan dapat mengakui penggunaan jasa tenaga kerja sebagai liabilitas dan expance selama melaksanakan kegiatan operasionalnya.

Contoh perhitungan PSAK 24 imbalan pasca kerja telah mengatur bagaimana proses pengakuan dan pencatatan atas kegiatan bisnis. Pengertian aset program adalah kekayaan yang dimiliki oleh dana pensiun dan polis asuransi yang memenuhi syarat ketika melaksanakan pembayaran sesuai peraturan menteri keuangan.

Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya

Tujuan dan Ruang Lingkup Imbalan Kerja

Tujuan akuntansi imbalan kerja adalah memaksimalkan pemungutan biaya pemakaian jasa tenaga kerja dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan dapat mengakui sebagai beban dan hutang bergantung pada jasa yang sudah atau belum diserahkan oleh pekerja setelah entitas menikmati manfaat ekonomis yang diinginkannya.

Ruang lingkup imbalan kerja terdiri dari imbalan kerja jangka pendek, bagi hasil atau bonus, pesangon, kontrubusi pasti, manfaat pasti dan imbalan kerja jangka panjang lainnya seperti dana pensiun. Program iuran pasti adalah  iuran yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pengelola jasa kesehatan dan ketenagakerjaan.

Tujuan dan ruang lingkup imbalan kerja perlu dipertimbangkan oleh perusahaan agar dapat menjalankan aktivitas bisnis tanpa terganggu akibat tertundanya pembayaran gaji atau upah tenaga kerja. Mengapa imbalan kerja harus dicadangkan karena entitas telah terikat kontrak jangka panjang dengan para pencari kerja.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka

Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja Menurut PSAK 24

Contoh soal akuntansi imbalan kerja menurut psak 24 mewajibkan entitas menggunakan tenaga kerja asing dan lokal. Dasar akrual atau acrual basis merupakan dasar pencatatan transaksi akuntansi dimana perusahaan telah mengupayakan aktivitas bisnis agar dapat memperoleh penghasilan atau omzet tahun berjalan.

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan perhitungannya akan diakui ketika entitas memiliki kewajiban hukum sebagai akibat transaksi dimasa lampau serta pengeluaran perusahaan dapat diukur dengan handal. Prinsip perbandingan antara pendapatan dan beban bertujuan agar dapat diukurnya kinerja keuangannya.

Contoh soal imbalan kerja jangka panjang dan jangka pendek harus diselenggarakan sesuai pertimbangan informasi kinerja keuangan entitas. Mengapa timbul kerugian atau keuntungan akruarial karena adanya perbedaan asumsi untuk perhitungan nilai kini dari kewajiban yang disebabkan realiasi tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Laporan Penjualan Konsinyasi bagi Pengamanat

Contoh Perhitungan PSAK 24 Imbalan Kerja Jangka Panjang dan Pendek

Contoh perhitungan PSAK 24 imbalan kerja jangka panjang dan pendek bertujuan agar entitas dapat mengukur dengan handal informasi keuangan perusahaan. Laporan keuangan konsolidasi adalah informasi keuangan yang harus disetorkan oleh lawan transaksi ketika mengadakan kegiatan bisnis tertentu.

Contoh perhitungan psak 24 imbalan kerja excel mewajibkan adanya pencadangan dana kas sebagai timbulnya akun kewajiban imbalan pascakerja. Contoh transaksi imbalan kerja pascakerja akan terjadi ketika entitas memberikan beberapa kebijakan ketika kontrak ditandatangani oleh para pekerja diantaranya

Contoh soal akuntansi imbalan kerja dan jawabannya terjadi ketika PT Kakraffi memiliki karyawan sebanyak 8 orang dengan gaji Rp 424.000 selama 5 hari. Apabila terdapat 1 orang cuti selama 1 hari dan sisanya cuti selama 3 hari berturut-turut. Berapakah nilai beban fasilitas imbalan kerja jangka pendeknya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
25/05/2022Beban cuti berimbalan Rp 12.296.000
Kas Rp 12.296.000

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Prinsip Akuntansi

Demikian contoh soal akuntansi imbalan pasca kerja dalam akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi. Apa saja yang tidak dapat dimasukkan dalam perubahan prinsip akuntansi telah diatur pada pernyataan standar akuntansi keuangan sesuai tujuan pembentukan persekutuan dan perseroan terbatas.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja dan Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel