Contoh Soal Pengakuan Pendapatan dan Pemalsuan Pembukuan

Contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan layak dipertimbangkan dalam proses pencatatan bukti transaksi perusahaan atas laporan keuanga

Konten [Tampil]

Contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan layak dipertimbangkan dalam proses pencatatan bukti transaksi perusahaan. Menurut PSAK 72 kapan pendapatan dari suatu kontrak harus diakui ketika entitas menerima termin pembayaran atau menerima manfaat ekonomis yang diukur handal.

Contoh soal pengakuan pendapatan pada saat penjualan dan proses produksi dilaksanakan untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan. Pengaruh transaksi keuangan diakui pada saat terjadinya bukan saat penerimaan kas dan setara kas dengan menggunakan acrual basis penyusunan laporan keuangan.

Akuntansi keuangan menengah 2 pengakuan pendapatan hendaknya dijadikan dasar bagi lawan transaksi untuk mengakuisisi informasi keuangannya. Pendapatan kontrak kontruksi dapat diakui secara proporsional atau diakui pada akhir periode pelaporan informasi keuangan sejalan aktivitas bisnis perusahaan.

Contoh Soal Pengakuan Pendapatan dan Pemalsuan Pembukuan

Mengapa Pengakuan Pendapatan Diakui Pada Saat Penjualan dan Proses Produksi

Mengapa pengakuan pendapatan diakui pada saat penjualan dikarenakan entitas telah menjalin kontrak kerjasama penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak sesuai harga jual yang disepakati. Pengiriman barang dapat menggunakan FOB destination point dan FOB shopping point untuk menentukan kualitas kerjasamanya.

Mengapa pengakuan pendapatan diakui pada saat proses produksi dikarenakan entitas menjalankan aktivitas bisnis sesuai tujuan pembentukan informasi keuangan. Contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan layak dipertimbangkan untuk mengurangi kesenjangan informasi keuangan antar departemen.

Mengapa pengakuan pendapatan diakui pada saat penjualan dan proses produksi dikarenakan entitas harus mengikuti PSAK 72 tentang pendapatan kontrak kontruksi. Pendapatan berasal dari aktivitas penjualan barang, pemberian jasa, peizinan penggunaan aset dan penjualan aset secara permanen ke lawan transaksinya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pendapatan Kontrak Kontruksi dan Jawabannya

Contoh Kasus Pengakuan Pendapatan dan Pemalsuan Pembukuan

Contoh kasus pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan hendaknya menjadi dasar bagi lawan transaksi untuk menerapkan prinsip laporan keuangan. Penghasilan diukur dari adanya transaksi pembiayaan berdasarkan nilai wajar yang dimiliki perusahaan atas aktivitas perdagangan dan pemberian jasa.

Contoh kasus pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan harus diselenggarakan secara wajar sesuai prinsip akuntansi berterima umum. Pendapatan dapat ditunda pengakuannya ketika tidak terdapat kepastian tentang jumlah pendapatan dan biaya yang merepresentasikan penyelesaian substansialnya.

Contoh soal pengakuan pendapatan terjadi ketika PT Kakraffi menjual barang senilai Rp 65.000.000 belum ppn dengan termin 2/10, n/30. Buatlah jurnal penghapusan diskon ketika terjadi keterlambatan pembayaran tagihan saat entitas telah mengakui adanya pemberian potongan harga diawal periodenya?

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Amortisasi Diskonto dan Premium Obligasi

5 Langkah Proses Pengakuan Pendapatan

5 Langkah proses pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 72 tentang pendapatan kontrak kontruksi. langkah-langkah pengakuan pendapatan saat penjualan dan proses produksi harus mematuhi aturan kebijakan akuntansi yang berlaku diwilayah tersebut sesuai dasar peraturan menteri keuangan atau ketentuan umum perpajakan.

Langkah-langkah dalam proses pengakuan pendapatan terdiri dari mengidentifikasi kontrak, menentukan kewajiban pelaksanaan, menentukan nilai kontrak, pengalokasian harga transaksi ke kewajibannya dan pengakuan pendapatan yang harus diterima sesuai perbandingan periode pelaksanaan kontraknya.

5 langkah proses pengakuan pendapatan berdasarkan psak 72 dapat menjadi pedoman bagi akuntan internal perusahaan. Kondisi apa saja yang harus dipenuhi agar pendapatan dari penjualan barang dapat diakui ketika entitas sudah mengetahui nilai pasti harta kekayaan yang akan diterima dari pelanggannya.

Adapun jurnal pengakuan pendapatan dan pemberian diskon berdasarkan contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan adalah

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dan Bunganya

Demikian contoh soal pengakuan pendapatan dan pemalsuan pembukuan dalam materi akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi keuangan. Jika barang yang dipertukarakan dengan sifat dan nilai serupa, maka pertukaran aktiva tidak dianggap terjadi sebagai transaksi yang menambah tambahan manfaat ekonomis.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pengakuan Pendapatan dan Pemalsuan Pembukuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel