Contoh Soal Menghitung Harga Jual Obligasi dengan Kurs dan Metode Suku Bunga Efektif

Contoh soal menghitung harga jual obligasi dengan kurs dan metode suku bunga efektif menjadi bagian materi kewajiban jangka panjang akuntansi keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal menghitung harga jual obligasi dengan kurs dan metode suku bunga efektif menjadi bagian materi kewajiban jangka panjang akuntansi keuangan menengah. Obligasi dijual diantara dua tanggal bunga bertujuan agar entitas dapat pelunasan bunga obligasi sebelum masa jatuh tempo pembayarannya.

Penentuan harga obligasi dan teori tingkat bunga diberlakukan agar entitas dapat melangsungkan efektifitas bisnisnya. Penjualan obligasi dapat dilakukan setelah tanggal penerbitannya atau diantara dua tanggal bunga yang berakhir adanya bunga berjalan. Bunga berjalan tidak boleh diakui sebagai pendapatan bagi penerbit.

Contoh soal obligasi premium dan diskonto dapat berupa callable bonds dan convertible bonds. Tarif bunga kontrak merupakan bunga wajib yang harus dibayar oleh penerbit. Penerbitan obligasi dapat menggunakan trustee sebagai market untuk mendistribusikan dan memperdagangkannya di pasar modal.

Contoh Soal Menghitung Harga Jual Obligasi dengan Kurs dan Metode Suku Bunga Efektif

Perbedaan Obligasi, Wesel dan Saham

Perbedaan obligasi, wesel dan saham harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan perusahaan. Sumber daya modal dan pinjaman merupakan kekayaan utama perusahaan yang dipergunakan membantu kegiatan produksi, pemasaran dan administrasi dalam rangka meningkatkan omzet bagi pemegang sahamnya.

Perbedaan obligasi dan saham terletak pada siapakah pembeli surat hutang tersebut. Obligasi biasanya dibeli oleh masyarakat secara bersama-sama. Saham biasanya dibeli oleh pemilik perusahaan yang ingin mendapatkan hak kontrol terutama hak mengatur kondisi keuangan perusahaan baik penerimaan kas dan pengeluaran kas.

Contoh soal menghitung harga jual obligasi dengan kurs dan metode suku bugan efektif diberlakukan agar entitas mampu memaksimalkan pinjaman dana jangka panjang. Wesel adalah bukti bahwa perusahaan mampu melunasi tagihan dalam waktu yang ditentukan disertai bunga. Wesel hanya ditujukan kepada satu orang saja.

Baca Juga: Cara Menggunakan Menu Penjualan dan Pembelian di Accurate

Contoh Soal Obligasi dan Rumus Cara Menghitungnya

Contoh soal obligasi dan rumus cara menghitungnya menjadikan perusahaan memiliki kepastian tentang pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo bertujuan agar perusahaan mengurangi beban bunga yang harus dibayarkan pada saat tingkat bunga pasar menurun.

Contoh soal obligasi dan rumus cara menghitungnya dapat diselenggarakan secara wajar untuk menentukan pendapatan bunga. Obligasi dijual diantara dua tanggal bunga terjadi ketika masa pembayaran bunga terakhir terjadi bersamaan dengan penjualan obligasi sesuai kesepatakan dengan trustee.

Contoh soal penerbitan obligasi terjadi ketika PT Kakraffi menyetujui mengeluarkan obligasi callable senilai Rp 621.000.000 selama 4 tahun dengan bunga 8%. Trustee berhasil menjual obligasi dengan kurs 97 atau menggunakan metode suku bunga efektif. Berapakah kas dan setara kas yang diterima perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal Capital Leasing dan Jawabannya

Rumus Menghitung Harga Jual Obligasi Premium dan Diskonto

Rumus menghitung harga jual obligasi premium dan diskonto dapat menggunakan nilai kurs atau metode bunga efektif. Penerbit obligasi dapat memilih metode garis lurus ketika melakukan amortisasi. Tabel amortisasi diskonto obligasi bermanfaat untuk melangsungkan kinerja keuangan selama satu periodenya.

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dengan Kurs

Cara menghitung harga jual obligasi dengan kurs memiliki kelebihan karena perusahaan tidak perlu menggunakan nilai sekarang atau present value. Present value adalah rumus yang merepresentasikan aliran kas masa depan menggunakan arus kas sekarang untuk mencapai target tertentu. Adapun perhitungan harga jual obligasi dengan kurs adalah

Harga jual obligasi dengan kurs = Rp 621.000.000 x 97%
Harga jual obligasi dengan kurs = Rp 602.370.000

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi Metode Bunga Efektif

Cara menghitung harga jual obligasi metode bunga efektif menjadikan perusahaan dapat melaksanakan kewajiban pembayaran jatuh tempo. Pada saat kapan obligasi akan dijual dengan diskonto dan premium bergantung pada kebijakan pelunasan tagihannya.

Rumus menghitung harga jual obligasi dengan nilai present value adalah

PV Nilai Nominal = Rp 621,000.000 x (1/(1+10%)^4) Rp 424.151.356
PV Pembayaran Bunga = (Rp 621,000.000*8%) x ((1-(1+10%)^-4)/10%) Rp 157.478.915
Harga Jual Obligasi Rp 581.630.271

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Amortisasi Obligasi dan Jawabannya

Demikian contoh soal menghitung harga jual obligasi dengan kurs dan metode suku bunga efektif dalam materi akuntansi keuangan menengah. Tujuan obligasi dibuat adalah mendapatkan pinjaman jangka panjang dengan pengembalian sepadan melalui bunga yang ditawarkan oleh penerbit surat hutang tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Menghitung Harga Jual Obligasi dengan Kurs dan Metode Suku Bunga Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel