Contoh Soal Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas dan Jurnal Penjualan

Contoh soal cara membuat jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan diperlukan agar entitas dapat melakukan penjadwalan prosedur penagihan atas barang

Konten [Tampil]

Contoh soal cara membuat jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan diperlukan agar entitas dapat melakukan penjadwalan prosedur penagihan atas barang yang dikirimkan ke pelanggan. Format jurnal pengeluaran kas diperlukan agar termin pembayaran dapat dilihat untuk memaksimalkan proses pembayarannya.

Contoh soal jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan menjadi transaksi yang terjadi di perusahaan dagang. Jurnal umum dan jurnal khusus dapat dibuat agar bukti transaksi dapat dicatat sesuai prosedur akuntansi keuangan yang berlaku. Setiap bukti harus didukung alat pencegahan terjadinya kecurangan.

Cara menyusun laporan keuangan dapat dibantu dengan informasi keuangan perihal bukti transaksi perusahaan. Adanya kesepakatan pembayaran dijadikan dasar bagi entitas memaksimalkan proses pemungutan pajak pertambahan nilai dan pembayaran pajak penghasilan badan setiap akhir tahun.

Contoh Soal Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas dan Jurnal Penjualan

Format Jurnal Penerimaan Kas

Format jurnal penerimaan kas harus dipenuhi agar pencatatan perusahaan sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku. Pengertian jurnal adalah alat mencatat bukti transaksi pertama kali setelah didapatkan dari lawan transaksi baik pelanggan atau supplier yang mempengaruhi modal perusahaan.

Apa isi jurnal penerimaan kas terdiri dari tanggal, keterangan, referensi, kas, diskon penjualan, piutang dagang dan akun lainnya. Kapan perusahaan mencatat penjualan yaitu ketika entitas melaporkan kekayaan yang dimilikinya selama menjalankan operasional dan mampu meningkatkan kekayaan badan usaha di periode tersebut.

Format jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan dapat disesuaikan kebutuhan dari perusahaan. Siklus akuntansi perusahaan dagang mewajibkan entitas melaporkan seluruh kekayaannnya yang berkaitan dengan prosedur penjualan, pembelian, persediaan bahkan aktiva tetap yang dikorbankannya.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup Penjualan dan Biaya

Contoh Kasus Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan Dagang

Contoh kasus jurnal penerimaan kas perusahaan dagang bertujuan agar entitas dapat memaksimalkan proses pemungutan pajak pertambahan nilai setiap periodenya. Entitas diwajibkan melaporkan segala aktivitas yang mempengaruhi laporan keuangan secara langsung dan bersifat materialitas sesuai tujuannya.

Contoh soal jurnal penerimaan kas dengan ppn perusahaan dagang berasal dari transaksi penjualan. Penjualan adalah aktivitas penyerahan barang pesanan pelanggan sesuai spesifikasi yang dimintanya. Tanggungjawab pelanggan adalah membayarkan barang sesuai harga jual yang disepakati sebelum pengirimannya.

Contoh kasus jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan perusahaan dagang terjadi pada PT Kakraffi yang menjual barang seharga Rp 420.000 sebanyak 9 buah secara kredit dengan termin n/30. Apabila harga pokok produksi barang adalah Rp 111.000, bagaimana cara menyusun jurnal pencatatan yang diperlukannya?

Baca Juga: Contoh Soal Beban Sewa dan Sewa Dibayar Dimuka

Cara Membuat Jurnal Penjualan dan Jurnal Penerimaan Kas

Cara membuat jurnal penjualan dan jurnal penerimaan kas berlaku untuk seluruh transaksi yang mengakibatkan aliran kas bertambah. Kas memiliki saldo normal didebit dan berkurang dikredit. Debit artinya pencatatan disisi kiri dan kredit artinya pencatatan disisi kanan dalam jurnal umum dan jurnal khusus.

Cara membuat jurnal penjualan hendaknya memberitahukan informasi tentang termin pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Perusahaan hanya dapat berlangsung ketika mendapatkan keuntungan ditahun berjalan dan akan dibubarkan ketika masing-masing pemegang saham sudah berbeda dalam pengambilan keputusannya.

Contoh soal cara membuat jurnal penerimaan kas dan jurnal penjualan berlaku untuk penjualan tunai, penjualan konsinyasi dan penjualan kredit. Kesepakatan termin pembayaran akan menentukan jenis penjualan yang dilakukan. Maka, cara menyusun jurnal transaksi penerimaan uang dari pelanggan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Piutang Rp 4.195.800
HPP Rp 999.000
Penjualan Rp 3.780.000
PPN Keluaran Rp 415.800
Persediaan Rp 999.000
(Jurnal penjualan secara kredit)
06/09/2022Kas Rp 4.195.800
Piutang Rp 4.195.800
(Jurnal penerimaan pelunasan piutang)

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Average Perpetual

Demikian contoh soal dan cara membuat jurnal penjualan dan jurnal penerimaan kas dengan sistem perpetual dan sistem periodik. Perusahaan berkewajiban mengungkapkan informasi keuangan secara sukarela untuk menghindari adanya sanksi administasi perpajakan yang dikenakan oleh perusahaan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas dan Jurnal Penjualan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel