Contoh Soal Utang yang Dapat Dikonversi (Convertible Bond)

Contoh soal utang yang dapat dikonversi merupakan aktivitas bisnis untuk membantu perekonomian perusahaan dengan memberikan hak opsi surat obligasi

Konten [Tampil]

Contoh soal utang yang dapat dikonversi merupakan aktivitas bisnis untuk membantu perekonomian perusahaan dengan memberikan hak opsi bagi pembeli surat berharga. Surat berharga adalah surat yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakan sumber daya keuangan berupa hutang jangka panjang dan ekuitas.

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah 1. Obligasi dimiliki hingga jatuh tempo, obligasi yang dilunasi sebelum masa jatuh tempo dan pendiskontoan wesel tagih perlu diberlakukan untuk mengantisipasi kemungkinan kerusakan barang selama proses produksi.

Bagaimana perhitungan dan pembayaran bunga obligasi bergantung pada kesepakatan dengan bank kustodian. Obligasi konversi adalah surat hutang yang memberikan hak opsi bagi pemiliknya untuk menukarkan dengan saham atau penyertaan modal di perusahaan sesuai nilai wajar pada saat transaksi.

Contoh Soal Utang yang Dapat Dikonversi (Convertible Bond)

Pengertian dan Perlakuan Akuntansi Obligasi Konversi

Pengertian obligasi konversi menurut para ahli adalah contoh soal utang yang dapat dikonversi dari liabilitas jangka pendek menjadi ekuitas perusahaan tanpa mempengaruhi hak kontrol. Hak kontrol merupakan imbal balik atas penggunaan kekayaan perusahaan untuk memberikan estimasi diperiode berjalan.

Jelaskan perlakuan akuntansi untuk obligasi konversi harus dipisahkan pengungkapannya dalam laporan posisi keuangan. Sekuritas dilutif adalah surat berharga yang diciptakan perusahaan untuk memperoleh tambahan sumber daya agar dapat melanjutkan kehidupannya berupa liabilitas atau ekuitas dari pihak ketiga.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi memungkinkan entitas mempertanggungjawabkan pemakaian liabilitas jangka pendek tanpa harus membayarkannya. Obligasi dimiliki hingga jatuh tempo mengakibatkan entitas harus membayarkan tagihannya secara penuh termasuk bunga dan pokok pinjamannya.

Contoh Sekuritas Dilutif yang Diterbitkan Perusahaan

  1. Waran saham
  2. Liabilitas keuangan
  3. Istrumen saham
  4. Kompensasi saham

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Per Lembar Saham

Contoh Soal Utang Yang Dapat Dikonversi dan Jawabannya

Contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya hendaknya disesuaikan materi akuntansi keuangan menengah. Dampak pengeluaran obligasi konversi adalah munculnya kewajiban kontinjensi atas aktivitas perusahaan dimasa depan sebagai dasar pembukuan dan pemrosesan informasi keuangannya.

Contoh soal obligasi konversi dan jawabannya bertujuan agar dapat membedakan waran saham dan instrumen keuangan lainnya. Bagaimana cara menghitung bunga dan jurnal pembayaran obligasi yang dimiliki hingga jatuh tempo disesuaikan standar akuntansi keuangan dan PSAK nomor 50 untuk penyampaikan informasinya.

Contoh soal utang yang dapat dikonversi dan jawabannya terjadi pada PT Kakraffi yang menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp 130.000 sebanyak 120lembar dan bunga 8%. Obligasi konversi memberikan hak opsi untuk ditukarkan dengan 100lembar saham seharga Rp 900 dan bunga 7% diakhir periode. Bagaimana jurnal pencatatan yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi untuk Kompensasi Saham

Jurnal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

Jurnal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo berasal dari informasi keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk mengupayakan pembayaran bunga dan pokok hutang. Convertible bond atau obligasi konversi memiliki harga jual yang relatif lebih tinggi dan keamanan dalam hal pengembalian hak milik pembeli.

Jurnal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo berakibat pada entitas wajib melunasi seluruh nilai utang yang dimiliki perusahaan. Obligasi merupakan tanda bukti adanya transaksi hutang piutang yang didapatkan perusahaan atas pinjaman pihak ketiga. Adapun jurnal pencatatan pembayaran obligasi diakhir periode adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Utang Obligasi Rp 15.600.000
Kas Rp 15.600.000

Jurnal Obligasi Konversi pada Akhir Periode

Jurnal obligasi konversi pada akhir periode memungkinkan entitas melaporkan seluruh kewajibannya sebagai ekuitas ketika pembeli mau menukarkannya dengan hak opsi. Present value adalah nilai sekarang dari harta kekayaan yang diperolhh perusahaan dimasa depan untuk menerbitkan laporan keuangan.

Jurnal obligasi konversi sampai akhir periode berdasarkan contoh soal utang yang dapat dikonversi mengakibatkan adanya pertambahan jumlah saham beredar. Akta pendirian perusahaan harus diubah karena adanya modal disetor dan modal ditanam. Adapun nilai present value obligasi konversi adalah

PV Nilai Nominal Rp 14.444.444
PV Pembayaran Bunga Rp 1.011.111
Harga Jual Obligasi Sekarang Rp 15.455.556

Jurnal obligasi konversi pada akhir periode yang harus dicatat oleh perusahaan ketika pembeli surat berharga mau menukarkannya dengan hak opsi pertukaran saham sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Agio Saham Biasa Rp 144.444
Utang Obligasi Rp 15.600.000
Saham Biasa Rp 90.000
Agio Saham Biasa Rp 15.654.444

Baca Juga: Contoh Soal Waran Saham dan Jawabannya

Demikian contoh soal utang yang dapat dikonversi pada akhir periode dalam materi akuntansi keuangan menengah. Kompensasi saham dan waran saham perlu diungkapkan dalam laporan keuangan untuk mencegah terjadinya penjualan saham atau kekayaan perusahaan tanpa persetujuan pihak berwenang.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Utang yang Dapat Dikonversi (Convertible Bond)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel