Contoh Soal Pajak Kini dan Pajak Tangguhan PSAK 46

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan psak 46 diperlukan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan sejalan aktivitas bisnisnya setiap tahun

Konten [Tampil]

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan psak 46 diperlukan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan sejalan aktivitas bisnisnya. Entitas perlu menyelenggarakan kegiatan untuk mencatat prosedur keluar masuknya barang sesuai aktivitas operasional perusahaan agar mendapatkan keuntungal yang optimal.

Contoh perhitungan aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan bertujuan untuk memaksimalkan prosedur pencatatan informasi keuangan. Pajak tangguhan artinya adanya kewajiban pembayaran pajak dimasa mendatang tetapi sudah dilaksanakan sekarang karena adanya perbedaan kontemporer.

Faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya pajak tangguhan adanya penerapan nilai residu dan metode penyusutan yang berbeda dengan ketentuan umum perpajakan. Pajak kini dan pajak tangguhan seharusnya diterapkan untuk memaksimalkan proses pembayaran pajak penghasilan final dan pph badan usaha setiap periodenya.

Contoh Soal Pajak Kini dan Pajak Tangguhan PSAK 46

Mengapa dapat Terjadi Pajak Tangguhan dalam Menghitung Pajak Penghasilan Badan Usaha

Mengapa dapat terjadi pajak tangguhan dalam menghitung pajak penghasilan badan usaha dikarenakan perusahaan memiliki standar pencatatan tertentu. PSAK 46 memperbolehkan entitas melaksanakan pencatatan yang berbeda dengan standar akuntansi keuangan dan ketentuan umum perpajakan di indonesia.

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan psak 46 mewajibkan entitas melaporkan sejumlah penghasilan kena pajak diperiode berjalan. Manfaat dari pajak tangguhan adalah entitas tidak perlu mengajukan kredit pajak diakhir periode yang diakibatkan perbedaan kontemporer dan perbedaan permanen dalam pencatatan informasi.

Mengapa dapat terjadi pajak tangguhan dalam menghitung pajak penghasilan badan usaha sebab entitas tidak menerapkan ketentuan umum perpajakan ketika menghitung nilai residu dan beban depresiasi aktiva tetap. Penyusutan menjadi biaya non kas setiap periode yang harus dikeluarkan dan menjadi biaya tetapnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Jual Beli Tanah dan Bangunan

Contoh Soal Pajak Kini dan Pajak Tangguhan

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan psak 46 bertujuan agar entitas dapat melaporkan hibah dan kredit pajak investasi dalam negeri. Penghasilan adalah segala kekayaan yang diberikan kepada perusahaan atas aktivitas pemberian jasa dan perdagangan barang sesuai estimasi keseluruhan informasi perusahaan.

Contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan harus memperlakukan pernyataan standar akuntansi keuangan. Aktiva dan liabilitas harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan sebagai sumber daya perusahaan dan alokasi ke berbagai macam aset perusahaan sesuai tujuan yang diinginkan entitas tersebut.

Contoh soal perhitungan pajak kini dan pajak tangguhan terjadi ketika PT Kakraffi menyetujui pembelian kendaraan bermotor senilai Rp 240.000. Taksiran umur manfaat selama 3 tahun tanpa nilai residu. Bagaimana cara menghitung aset pajak tangguhan apabila aset dikategorikan pertama dalam perpajakan?

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Fluktuasi dan Perhitungannya

Cara Menghitung Aset Pajak Tangguhan dan Liabilitas Pajak Tangguhan

Cara menghitung aset pajak tangguhan dan liabilitas pajak tangguhan berperan mengoptimalkan laba setelah pembayaran pajak. Pajak menjadi kewajiban ketika entitas telah berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Kewajiban pemungutan, pemotongan dan penyetoran pajak disesuaikan standar akuntansi keuangan.

Cara menghitung liabilitas pajak tangguhan dan aset pajak tangguhan diakibatkan entitas tidak mematuhi ketentuan umum perpajakan. Aktiva tetap adalah aset yang dapat dipergunakan perusahaan selama lebih dari satu periode akuntansi dan berdampak pada informasi keuangan yang diserahkan.

Contoh soal pajak tangguhan dan jawabannya harus diselenggarakan berdasarkan informasi akuntansi tertentu. Manfaat pajak tangguhan akan didapatkan setelah entitas melaksanakan prosedur restitusi pajak pertambahan nilai untuk mendapatkan aset perusahaan selama satu periode akuntansi.

Nilai Nominal Rp 240.000
Lama penyusutan akuntansi3
lama penyusutan fiskal4
Keterangantahun 1tahun 2tahun 3tahun 4
Penyusutan berdasarkan akuntansi Rp 80.000 Rp 80.000 Rp 80.000
Penyusutan berdasarkan fiskal Rp 60.000 Rp 60.000 Rp 60.000 Rp 60.000
Aset Pajak tangguhan Rp 20.000 Rp 20.000 Rp 20.000 -Rp 60.000

Baca Juga: Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi dan Jawabannya

Demikian contoh soal pajak kini dan pajak tangguhan dalam psak 46 sesuai standar akuntansi keuangan. Perusahaan diwajibkan mematuhi psak agar dapat menyampaikan informasi sesuai kondisi financial untuk terhindari dari kerugian yang diakibatkan perpindahan masa pembayaran tagihan jangka pendek.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pajak Kini dan Pajak Tangguhan PSAK 46"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel