Contoh Soal dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

Contoh soal dan cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang harus segera dilaksanakan sebelum proses pembuatan laporan keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang harus segera dilaksanakan sebelum proses pembuatan laporan keuangan. Laba bersih setelah pajak menandakan perusahaan dapat membagian laba per lembar saham sesuai jumlah saham yang beredar milik para pemegang saham yang tercatat.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur diawali dengan proses mengidentifikasi contoh kasus. Setiap transaksi pertambahan nilai akan terutang ppn dan harus dilaporkan sejalan dengan aktivitas bisnis dengan menggunakan faktur pajak dan faktur pembelian barang dagang.

Langkah-langkah membuat jurnal umum, jurnal penyesuaian, jurnal penutup dan jurnal pembalik menjadi tujuan dari pembuatan laporan keuangan. Setiap tambahan manfaat ekonomis perusahaan akan didistribusikan sejalan dengan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses pada perusahaan dagang.

Contoh Soal dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan jawabannya harus dilaksanakan setiap akhir periode. Akrual basis adalah metode pencatatan transaksi dimana perusahaan mengevaluasi transaksi sejalan dengan keadaan perusahaan sebenarnya. Biaya administrasi dan biaya pemasaran menjadikan tunjangan bagi karyawan.

Contoh Soal Jurnal Penjualan Pendapatan dan Beban yang Masih Harus Dibayar

Contoh soal jurnal penjualan pendapatan yang masih harus diterima merupakan aktivitas pemberian barang dan jasa kepada pelanggan yang masih terutang. Piutang adalah akun yang menampung sementara hasil penjualan barang yang belum terbayarkan oleh pelanggan atas pemberitan termin pembayarannya.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan jasa bertujuan agar wajib pajak dapat melaporkan kondisi perusahaan sesuai realitanya. Asersi manajemen adalah pendapat manajemen mengenai aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan.

Bagaimana cara membuat jurnal pendapatan yang masih harus diterima ketika PT Kakraffi mampu memberikan barang sebanyak 50 dengan harga jual Rp 410.000 diakhir periode. Berapakah nilai piutang yang harus dibayarkan oleh pelanggan sesuai termin pembayaran yang disepakati?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Piutang Rp 20.500.000
Pendapatan Jasa Rp 20.500.000
(Jurnal penyelesaian pekerjaan

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Induk Perusahaan

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo akan mempermudah perhitungan harga pokok produksi dan beban depresiasi periode berjalan. Penyusutan akan terjadi disemua aktiva tetap yang dimiliki perusahaan sesuai tujuan pemakaian aset untuk kegiatan produksi selain tanah yang dikelola.

Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian dari neraca lajur diawali dengan proses asersi manajemen berkaitan transaksi yang terjadi. Jurnal umum berisikan informasi tentang tanggal peristiwa, akun yang dipergunakan serta mutasi kredit debit aset sejalan dengan aktivitas utama perusahaan.

Contoh soal dan cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan dagang terjadi ketika PT Kakraffi meminjam kas sebesar Rp 581.000.000 dengan bunga 9% per tahun selama 3 tahun. PT Kakraffi telah menggunakan kas selama 1 bulan dan harus membayarkan bunga sesuai masa pemakaian hutang, bagaimana cara membuat jurnal penyesuaiannya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Kas Rp 581.000.000
Pinjaman Jangka Pendek Rp 581.000.000
(jurnal mencatat pinjaman)
TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Biaya yang masih harus dibayar Rp 1.452.500
Hutang Bunga Rp 1.452.500
(Jurnal mencatat bunga pinjaman)

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Pelanggan dan Pemasok di Myob Accounting

Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka

Jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka dan jawabannya harus dilaksanakan setiap periode untuk mencegah terjadinya pemakaian aset yang tidak terotorisasi. Kesalahan dalam proses penentuan harga pokok produksi mengakibatkan berkurangnya informasi keuangan dan pembayaran pajak penghasilan badan.

Jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka terjadi ketika perusahaan membayarkan pengeluaran tetapi digunakan secara proporsional. Sistem pengendalian internal pajak dibayar dimuka harus didapatkan bukti pemotongan dan faktur pajak pembelian agar dapat dikreditkan sesuai masa pajak yang berlaku.

Contoh soal dan cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa terjadi pada PT Kakraffi yang mendaftarkan asuransi kebakaran senilai Rp 441.520.000 selama 5 tahun. Asuransi dimulai sejak 2 bulan yang laku, bagaimana langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian yang diperlukan untuk transaksi tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Asuransi dibayar dimuka Rp 441.520.000
Kas Rp 441.520.000
(Jurnal pembayaran asuransi
31/12/2018Beban Asuransi Rp 14.717.333
Asuransi dibayar dimuka Rp 14.717.333
(Jurnal pengakuan pemakaian asuransi

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Bank 2 Kolom

Demikian contoh soal cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang dari neraca lajur dan neraca saldo. Laporan keuangan dapat dibuat dari akun nominal dan akun riil. Perbedaan akun nominal dan akun riil adalah proses penilaian kinerja keuangan selama satu periode akuntansi yang berjalan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel