Contoh Soal Perhitungan Analisis Umur Piutang dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaiannya dilaksanakan setiap akhir periode sebelum pembuatan laporan keuangan tahunan

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaiannya dilaksanakan setiap akhir periode sebelum pembuatan laporan keuangan dalam rangka pelaporan spt tahunan badan. Contoh piutang tak tertagih dan jawabannya diberlakukan bagi perusahaan yang memiliki kebijakan penjualan kredit bagi pelanggan.

Contoh soal dan jawaban piutang tak tertagih dapat dikerjakan menggunakan metode langsung dan metode tidak langsung. Skedul umur piutang adalah jangka waktu pembayaran yang dimulai dari diterbitkannya faktur pajak sampai periode cut-off laporan keuangan yang dibuat perusahaan.

Cara membuat analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih wajib dikerjakan untuk menyelesaikan permasalahan hutang piutang. Piutang timbul karena pelanggan belum membayarkan tagihan barang yang diterima sedangkan barang sudah dikirimkan dari gudang ke alamat pembeli.

Contoh Soal Perhitungan Analisis Umur Piutang dan Jurnal Penyesuaiannya

Mengapa Perusahaan dan Auditor Perlu Melakukan Analisis Umur Piutang

Mengapa perusahaan perlu melakukan analisis umur piutang berkaitan dengan proses penagihan atas barang yang telah dikirimkan. Daftar usia piutang diperlukan auditor untuk membantu meningkatkan sistem pengendalian internal yang dinilai berdasarkan bagan alir atau proses pembuatan bukti transaksi.

Mengapa daftar umur piutang diperlukan auditor dan perlu konfirmasi piutang karena meningkatkan kualitas pencatatan di perusahaan. Contoh soal perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaiannya akan membantu menciptakan sistem penjualan, penagihan dan penerimaan kas yang konsisten.

Mengapa perusahaan dan auditor perlu melakukan analisis umur piutang karena entitas wajib melaporkan kekayaan yang belum dibayarkan pelanggan. Manfaat perhitungan piutang tak tertagih adalah membantu evaluasi terhadap kemampuan pembayaran yang dilakukan pelanggan setelah adanya pengiriman pesanan terlebih dahulu.

Baca Juga: Contoh Soal Wesel Bunga dan Wesel Tanpa Bunga

Contoh Soal Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang

Contoh soal analisis piutang tak tertagih berdasarkan umur piutang wajib diselenggarakan menyesuaikan aturan penerimaan kas dan setara kas. Piutang terjadi karena adanya kebijakan penjualan kredit dalam rangka menciptakan omzet ditahun berjalan untuk pembayaran pajak penghasilan.

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaiannya dapat dijadikan acuan bagi perusahaan untuk mengkaji ulang penjualan cicilan atau kredit. Credit score adalah penilaian pelanggan terhadap kualitas pembayaran secara tepat waktu yang mempengaruhi pesanan yang diberikan dimasa mendatang.

Membuat analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih terjadi pada PT Kakraffi yang melaporkan adanya saldo cadangan kerugian piutang sebesar Rp 4.592.000. Auditor telah meminta buku besar pembantu piutang dengan termin pembayaran dan tanggal faktur pajak sebagai berikut:

Nama PelangganTanggal Faktur Pajak Tagihan Termin pembayaran
PT. Multindo01/06/2022 Rp 510.000.000 n/30
Pt. Surya12/11/2022 Rp 680.000.000 n/30
PT. Perdana25/12/2022 Rp 960.000.000 n/30

Baca Juga: Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank 2 Kolom dan Contohnya

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang tak tertagih diciptakan agar pembayaran dapat berjalan sesuai masa yang disepakati. Termin pembayaran adalah jangka waktu pembayaran tagihan yang dimulai dari pengiriman barang sampai waktu kesepakatan.

Cara membuat analisis usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih dapat didasari pada persentase piutang atau penjualan kredit. Piutang dagang diakhir periode dapat dibentuk cadangan kerugian piutang untuk mengantisipasi pelanggan yang tidak mampu membayarkan tagihannya.

Contoh soal perhitungan analisis umur piutang dimulai dari tanggal penerbitan faktur pajak dan diakhir dengan periode cut-off laporan keuangan. Tagihan jatuh tempo menandakan adanya keterlambatan pembayaran dari pelanggan yang diakibatkan kesalahan prosedur penerimaan kas. Adapun cara membuat skedul piutang tak tertagih adalah

Nama PelangganTanggal Faktur PajakTermin pembayaranUmur Piutang
PT. Multindo01/06/2022n/30183 hari
Pt. Surya12/11/2022n/3019 hari
PT. Perdana25/12/2022n/30-24 hari

Cara membuat jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang diperhitungkan berdasarkan persentase piutang dagang atau penjualan kredit. Apabila PT Kakraffi menetapkan 5% dari piutang jatuh tempo maka sebesar Rp 59.500.000 harus dibuatkan penyisihan piutang. Maka, jurnal penyisihan piutang tak tertagih adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Beban Kerugian Piutang Rp 54.908.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 54.908.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Piutang Lainnya

Demikian contoh soal perhitungan analisis umur piutang dan jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang dalam materi akuntansi pengantar. Metode penghapusan langsung memiliki kekurangan yaitu tidak dapat membandingkan secara real aktivitas pendapatan dan biaya yang dikorbankan oleh perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Perhitungan Analisis Umur Piutang dan Jurnal Penyesuaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel