Pertanyaan Audit tentang Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan

Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan dilaksanakan setiap periodenya untuk memastikan kebenaran proses dokumentasi sistem

Konten [Tampil]

Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan dilaksanakan setiap periodenya untuk memastikan kebenaran proses dokumentasi sistem persediaan barang dagang. Kendala yang dialami auditor dalam mengaudit persediaan adalah kurang tahunya spesifikasi produk yang diterimanya.

Contoh soal audit pemeriksaan persediaan dan pergudangan bertujuan memastikan jumlah saldo yang dilaporkan menunjukkan kegiatan yang sebenarnya. Bagaimana cara memperoleh bukti audit jika auditor perlu memastikan eksistensi persediaan dilaksanakan dengan melaporkan barang dalam proses dan barang jadi.

Contoh soal uji compliance dan uji substantif test memiliki ruang lingkup pemeriksaan yang lebih besar. Perhitungan fisik atau stock opname dilaksanakan akuntan publik setelah tanggal laporan posisi keuangan dipublikasikan. Risiko audit persediaan adalah adanya ketidakmampuan mendeteksi kesalahan prosedur pencatatan.

Pertanyaan Audit tentang Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan

Kendala yang Dihadapi Auditor dalam Mengaudit Persediaan di Gudang

Kendala apa yang dihadapi auditor dalam mengaudit persediaan di gudang adalah akuntan publik tidak memiliki informasi berkaitan dengan harga barang. Uji compliance test dilaksanakan agar pihak perusahaan mencatat transaksi sesuai tujuan pembentukan laporan posisi keuangan setiap akhir periodenya.

Bagaimana cara memperoleh bukti audit jika auditor perlu memastikan eksistensi persediaan barang jadi dan barang dalam proses perlu mempertimbangkan sistem perhitungan persediaan berdasarkan proses dan pesanan. Process costing dan job order costing sering digunakan ketika menentukan harga pokok penjualan.

Kendala yang dihadapi auditor dalam mengaudit persediaan di gudang menjadi pertanyaa audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan. Sistem persediaan harus diawasi untuk menentukan jenis barang yang expired dan menghindari adanya barang rusak, barang cacat dan barang hilang selama proses produksi.

Baca Juga: Contoh Soal Fenomena dalam Penelitian Primer dan Sekunder

Contoh Soal Audit Siklus Persediaan dan Pergudangan

Contoh soal audit siklus persediaan dan pergudangan akan menentukan kualitas sistem pengendalian internal perusahaan. Bagaimana cara auditor menetapkan harga persediaan yang diproduksi dialokasikan sesuai faktur pembelian barang dari pemasok sesuai tanggal penerimaan barang di gudang.

Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan dapat dilakukan uji subtantif test dan complince test. Uji subtantif test adalah pengujian terhadap kewajaran saldo persediaan yang telah dilaporan akuntan publik. Sistem pengendalian internal wajib dijalankan untuk menghindari kecurangan.

Contoh soal audit pemeriksaan persediaan dan pergudangan terjadi pada PT Masraffi yang melaporkan saldo barang jadi sebesar Rp 84.585.000. Temuan auditor ketika melaksanakan audit terdapat barang senilai Rp 51.200 tidak mampu ditunjukkan pihak gudang. Bagaimana jurnal penyesuaian persediaan yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Jurnal Pengisian Kembali Kas Kecil Metode Imprest

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Persediaan Bahan Baku dan Barang Jadi

Contoh kertas kerja pemeriksaan persediaan bahan baku dan barang jadi terjadi setelah adanya pengamatan fisik. Stock opname adalah tindakan auditor untuk terjun ke lapangan dalam rangka memeriksa barang yang dilaporkan pihak gudang dan memperhitungkan konsep nilai materialitasnya.

Pertanyaan audit tentang persediaan dan pergudangan merupakan siklus aliran barang keluar masuk ke perusahaan. Bukti audit persediaan adalah kartu stock barang jadi dan barang dalam proses. Pembebanan biaya berdasarkan process costing dan job order costing harus dilaksanakan setiap periodenya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan persediaan bahan baku dan barang jadi diperuntukkan bagi perusahaan dalam rangka menganalisis sistem informasinya. Mengapa perhitungan fisik persediaan menjadi prosedur yang penting dalam prosedur audit dan tujuan pemeriksaan karena adanya asersi manajemen.

Adapun jurnal penyesuaian persediaan barang atas temuan auditor ketika melakukan pemeriksaan persediaan barang sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Harga Pokok Produksi Rp 51.200
Persediaan Barang Rp 51.200

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Surat Berharga dan Jawabannya

Demikian pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan dalam rangka menjalankan prosedur informasi keuangannya. Uji subtantif test dan compliance test dalam penilaian persediaan wajib diselenggarakan secara maksimal agar menghindari kenaikannya harga pokok penjualan.

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Audit tentang Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel