Contoh Kertas Kerja Audit Rekonsiliasi Kas dan Bank

Contoh kertas kerja audit atas rekonsiliasi saldo kas dan bank merupakan proses mengetahui kebenaran saldo yang dilaporkan sesuai tujuan pemeriksaan

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja audit atas rekonsiliasi saldo kas dan bank merupakan proses mengetahui kebenaran saldo yang dilaporkan. Rekonsiliasi bank adalah aktivitas perusahaan menyamakan saldo rekening giro sesuai pembukuan perusahaan dan saldo kas yang tercantum pada rekening koran bank yang digunakannya.

Prosedur audit pemeriksaan kas dan setara kas menjadi faktor penentu keberhasilan penggunaan sistem informasi akuntansi. Kas dalam mata uang asing berpengaruh terhadap kewajaran saldo keuangan yang disampaikan melalui spt tahunan badan untuk kewajiban pembayaran tagihan perusahaan setiap periodenya.

Contoh soal kas kecil dan penyelesaiannya harus diselenggarakan agar dapat memastikan kebenaran laporan keuangan. Untuk memeriksan kebenaran saldo atas bank auditor dapat meminta rekening koran atas pembayaran tagihan yang bersifat material dan bukti pendukung transaksi yang valid.

Contoh Kertas Kerja Audit Rekonsiliasi Kas dan Bank

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil bertujuan memastikan kebenaran pencatatan perusahaan sesuai kas yang ada dibrankas. Auditor dapat meminta rekening koran untuk memastikan kebenaran saldo penerimaan kas dan pengeluaran kas yang dicantumkan sesuai tujuan pembentukan persekutuan.

Prosedur Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Prosedur pemeriksaan kas dan setara kas dapat dijalankan dengan mempertimbangkan kuesioner yang diterbitkan perusahaan. Akuntan publik akan memberikan opini audit atas hasil temuan yang dilaksanakannya selama jangka waktu pemeriksaan lapangan oleh auditor di kantor akuntan publik.

Contoh prosedur pemeriksaan kas dan setara kas adalah memahami bagaimana penerapan sistem pengendalian internal di perusahaan. Uji compliant dan uji subtantif dapat digunakan untuk mengukur ruang lingkup pemeriksaan laporan keuangan ketika akuntan publik datang ke perusahaan yang ingin diaudit.

Prosedur pemeriksaan kas kecil berfungsi memastikan nilai tagihan yang dicantumkan sejalan dengan aktivitas bisnis sesungguhnya. Tujuan pemeriksaan kas kecil adalah menyakinkan pengguna laporan keuangan atas pengeluaran dan pemasukan aliran kas investasi, pendanaan dan operasional perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Process Costing 3 Departemen dan Penyelesaiannya

Contoh Kertas Kerja Audit Rekonsiliasi Kas dan Bank

Contoh kertas kerja audit rekonsiliasi kas dan bank dilaksanakan setiap awal periode akuntansi. Penambahan dan pengurangan akibat pemakaian kas harus dicatat. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang memerlukan uang tunai atau piutang sebagai metode pembayaran dimasa lampau.

Contoh kertas kerja audit rekonsiliasi kas dan bank melibatkan transaksi deposit in transit, outstanding check dan cek kosong. Kas dalam mata uang asing dapat diukur sebesar nilai tukar pada saat transaksi terjadi. Kerugian akibat selisih kurs dapat dijadikan kredit pajak atas penghasilan kena pajak perusahaan.

Bagaimana cara membuat kertas kerja pemeriksaan saldo kas dan bank terjadi ketika PT Kakraffi melaporkan adanya pencatatan dilaporan keuangan senilai Rp 85.000.000. Berdasarkan hasil dari berita acara pemeriksaan fisik uang tunai baik uang kertas atau uang koin di brankas perusahaan adalah


Nominal Uang

Jumlah

Total

Rp200

603

Rp120.600

Rp500

841

Rp420.500

Rp 1.000

616

Rp616.000

Rp 2.000

642

Rp 1.284.000

Rp 5.000

343

Rp 1.715.000

Rp 10.000

599

Rp 5.990.000

Rp 20.000

561

Rp 11.220.000

Rp 50.000

766

Rp 38.300.000

Rp 100.000

212

Rp 21.200.000

Total

Rp 80.866.100

Baca Juga: Contoh Pemerikaan Pajak Dibayar Dimuka dan Pembahasannya

Jurnal Audit Adjustment Kas Kecil

Jurnal audit adjustment kas kecil akan diberikan akuntan ketika terjadi perbedaan antara jumlah tercatat dengan jumlah kas yan dibrankas. Sistem pengendalian internal perusahaan akan menentukan sejauh mana pertanggungjawaban sistem kas kecil metode imprest dan fluktuasi untuk mengelola dana perusahaan tersebut.

Untuk memeriksan kebenaran saldo atas bank audit dapat melakukan perhitungan saldo di rekening koran. Studi kasus audit penjualan dan pembelian akan mengakibatkan perubahan terhadap saldo kas yang dilaporkan sejalan dengan aktivitas bisnis. Pendeteksian kecurangan dapat dilakukan dengan memisahkan antar divisi.

Top schedule dan supporting schedule akan membantu perusahaan memberikan estimasi kelayakan informasi keuangannya. Prosedur mengelola kas kecil dapat menggunakan sistem imprest dan sistem fluktuasi yang disesuaikan kebijakan perusahaan. Adapun jurnal penyesuaian yang diberikan oleh akuntan publik adalah


Tanggal

Keterangan

Debit

Kredit

31/12/2022

Macam-Macam Biaya

Rp 4.133.900

Kas Kecil

Rp 4.133.900

(Audit adjustmentjournal)

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang

Demikian contoh kertas kerja audit rekonsiliasi kas dan bank sesuai materi praktikum pemeriksaan laporan keuangan. Audit adalah prosedur mengetahui kebenaran pencatatan transaksi atas pengeluaran kas dan penerimaan kas sejalan dengan aktivitas yang dijalankan perusahaan selama kegiatan beroperasi

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kertas Kerja Audit Rekonsiliasi Kas dan Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel