Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Persediaan Barang

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan barang diperlukan bagi akuntan publik untuk menilai kewajaran saldo persediaan yang dilaporkan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan barang diperlukan bagi akuntan publik untuk menilai kewajaran saldo persediaan yang dilaporkan. Pengertian persediaan adalah aset yang dibeli dengan tujuan membantu kegiatan produksi, disewakan dan diperdagangkan kembali untuk mendatangkan keuntungan.

Contoh kasus audit pemeriksaan persediaan barang di gudang harus dilaporkan sesuai nilai yang lebih kecil antara biaya perolehan dan nilai realisasi netto. Biaya perolehan adalah biaya yang dikorbankan perusahaan untuk mendatangkan persediaan. Nilai realiasi netto adalah estimasi barang terjual dikurangi biaya penjualan.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan persediaan adalah memastikan nilai bahan baku dan barang jadi dilaporkan sesuai nilai wajarnya. Kendala yang dialami auditor pada saat mengaudit persediaan adalah adanya risiko bawaan dan risiko pengendalian internal yang berkaitan dengan sifat persediaan dan pergudangan.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Persediaan Barang

Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Persediaan

Prosedur audit adalah metode yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan persediaan barang sesuai catatan atas laporan keuangan. Tujuan pemeriksaan persediaan adalah memastikan saldo yang tercantum pada neraca menunjukkan informasi yang sesungguhnya berada di lapangan dalam prosedur informasi keuangannya.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan persediaan hendaknya dicantumkan pada saat membuat kertas kerja pemeriksaan. Sistem penilaian persediaan akhir harus disesuaikan aliran keluar masuknya barang dipergudangan. Entitas diperkenankan menggunakan sistem fifo atau sistem rata-rata tertimbang untuk menghitung nilai persediaan akhir.

Tujuan pemeriksaan dan prosedur audit persediaan dapat disesuaikan dengan sistem pengendalian internal. Bagaimana auditor menilai kelebihan dan kelemahan sistem pengendalian internal yang diterapkan di perusahaan? yaitu dengan meminta dibuatkan bagan alir dokumen dengan diserta proses wawancara kepada berbagai divisi.

Baca Juga: Contoh Penerapan Sistem Pengendalian Internal Persediaan

Contoh Soal Pemeriksaan Persediaan Barang Dagang dan Pergudangan

Contoh soal pemeriksaan persediaan barang dagang dan pergudangan dapat dijalankan sesuai prosedur pembelian dan penjualan. Hendaknya bagian gudang terpisah dengan bagian penjualan untuk meminimalisir kemungkinan pengiriman barang lebih dari yang seharusnya dipesan oleh para pelanggannya.

Contoh kasus audit persediaan barang dagang dan pergudangan berkaitan dengan penerapan sistem penilaian persediaan. Sistem perpetual dan sistem periodik akan menentukan tingkat risiko bawaan dan risiko pengendalian internal ketika terjadi barang rusak, barang tidak sesuai standar dan barang cacat.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan barang terjadi pada PT Kakraffi dimana berdasarkan temuan audit terjadi kesalahan pencatatan barang konsinyasi sebesar Rp 67.891.500. Buatlah jurnal penyesuaian atas temuan audit pada saat mengaudit persediaan barang jadi tersebut?

Baca Juga: Contoh Compliance Test Persediaan dan Pembahasannya

Contoh Kertas Kerja Audit tentang Pemeriksaan Fisik Persediaan

Kertas kerja pemeriksaan persediaan adalah daftar persediaan barang jadi dan barang dagang yang menjadi kriteria audit yang akan dicarikan bukti audit sesuai standar yang berlaku. Kejadian setelah tanggal laporan keuangan akan mempengaruhi pengambilan keputusan para pemegang saham.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan barang perlu didokumentasikan pada kertas kerja pemeriksaan auditor. Tujuan pembuatan kertas kerja adalah membantu auditor menghitung total nilai persediaan sesuai laporan yang dibandingkan pada saat terjadinya pemeriksaan fisik persediaan ketika melaksanakan pekerjaan lapangan.

Contoh kertas kerja pemeriksaan persediaan hendaknya mampu membantu auditor menilai kualitas sistem pengendalian internal. Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan barang dagang bertujuan membantu manajemen menentukan titik order bahan baku. Adapun jurnal penyesuaian yang diperlukan untuk temuan audit adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Persediaan Barang Jadi Rp 67.891.500
Barang Konsinyasi Rp 67.891.500

Baca Juga: Contoh Subtantive Test Inventory oleh Auditor

Demikian contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan persediaan barang digudang yang menjadi materi praktikum auditing. Perhitungan penyisihan barang rusak, barang cacat dan barang tidak laku terjual memberikan kepastian nilai yang ditanggung perusahaan ketika pembiayaan pesanan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Persediaan Barang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel