Contoh Soal Laporan Patty Cash Metode Imprest

Contoh soal laporan patty cash metode imprest dapat dibuat perusahaan cara membuat jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali kas kecil

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan patty cash metode imprest dapat dibuat perusahaan secara bulanan dan tahunan disesuaikan keperluan manajerial. Kas kecil dianggap sebagai aktiva lancar yang mudah diselewengkan penggunaannya terutama ketika tidak diterapkannya sistem pengendalian internal secara baik dan tepat.

Cara membuat jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali kas kecil dapat dilaksanakan setiap bulannya. Kas kecil adalah metode pembayaran perusahaan untuk membiayai pengeluaran manajerial yang memiliki nilai non material seperti pembelian peralatan dan perlengkapan kantor.

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap dapat disesuaikan kebijakan akuntansi perusahaan. Bukti pengeluaran kas diperuntukkan bagi wajib pajak yang menjalankan aktivitas bisnis. Seluruh pencatatan atas penerimaan dan pengeluaran wajib disertai otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Contoh Soal Laporan Patty Cash Metode Imprest

Laporan Kas Kecil atau Patty Cash

Laporan kas kecil atau patty cash adalah informasi tentang pendapatan dan pengeluaran perusahaan untuk membiayai kegiatan operasional yang memiliki nominal kecil. Setiap kali mutasi aliran kas harus melalui kasir dan pembelian harus melalui staff purchasing agar internal control dapat dijalankan.

Laporan patty cash bulanan dan tahunan menjadi informasi pemakaian dana perusahaan. Contoh soal kas kecil metode imprest bertujuan agar bukti pengeluaran kas dapat diotorisasi dan disetujui oleh pihak yang berwenang di perusahaan. Informasi mutasi kas diterbitkan setiap periode sesuai masa penggunaannya.

Laporan patty cash atau kas kecil bertujuan memberikan informasi kepada manajemen perusahaan tentang adanya pengeluaran perusahaan yang tidak berasal dari aktivitas bisnis utama. Biaya overhead pabrik dan biaya bahan baku menjadi pengeluaran wajib di perusahaan manufaktur yang ada di perusahaan.

Baca Juga: Contoh Kasus Etika Profesi Akuntan Publik dan Akuntan Manajemen

Contoh Soal Kas Kecil dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal kas kecil dan jurnal penyesuaiannya diperuntukkan bagi perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnis. Kas kecil berfungsi untuk membantu pemasok mendapatkan haknya yaitu pelunasan tagihan. Kas kecil menjadi metode pembayaran paling likuid dan dilaksanakan secara tunai setiap kali transaksi terjadi.

Contoh soal kas kecil metode imprest hanya memerlukan jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali kas kecil. Transaksi adalah setiap kejadian di perusahaan yang mempengaruhi aliran kas masuk dan aliran kas keluar sesuai tingkat penggunaan aset sejalan dengan keperluan bisnis perusahaan.

Soal dan jawaban kas kecil metode dana tetap atau imprest fund system diperlukan sebab perusahaan tetap memerlukan metode pembayaran tunai. Pembelian dan penjualan tunai akan dilaksanakan ketika masing-masing pihak baru kenal dan belum mengetahui kemampuan pembayarannya dimasa mendatang.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dalam Bentuk Skontro

Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil

Jurnal pembentukan dan pengisian kembali kas kecil bertujuan agar seluruh proses pencatatan perusahaan dapat dijalankan secara baik. Setiap penambahan dan pengurangan kas harus dicatat sesuai tujuan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan atau job order costing milik perusahaan.

Contoh soal laporan patty cash metode imprest dapat terjadi secara bulanan dan tahunan. PT Kakraffi yang menetapkan saldo kas kecil sebesar Rp 48.500.000. Mutasi penerimaan kas dan pengeluaran kas untuk membiayai aktivitas dari manajerial sebagai berikut:

TanggalTransaksi
Rabu, 02 Februari 2022Pembayaran biaya isi ulang galon air minum sebesar Rp 1.285.000
Selasa, 08 Februari 2022Pembayaran biaya fotocopy sebesar Rp 1.064.000
Kamis, 17 Februari 2022Pembelian materai sebesar Rp 14.600
Rabu, 23 Februari 2022Pembelian bensin kendaraan sebesar Rp 14.026.000
Senin, 28 Februari 2022Pengisian kembali kas kecil sesuai pengeluarannya

Jurnal pembentukan dan jurnal pengisian kembali kas kecil metode dana tetap dapat dibuat pada saatu transaksi berlangsung. Aktivitas perusahaan harus segera dijalankan untuk memaksimalkan sumber daya terutama pengeluaran yang bersifat kurang material. Adapun jurnal pembentukan kas kecil sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Patty Cash Rp 48.500.000
Mandiri Bank Rp 48.500.000

Cara membuat jurnal pengisian kembali kas kecil dapat disesuaikan dengan bukti kas keluar yang didapatkan. Metode imprest hanya melakukan pengisian dana kas kecil senilai bukti pengeluaran kas yang didapatkan. Adapun jurnal pengisian kembali yang harus dibuat ketika meminta cek atau bilyet giro sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022All Expance Rp 16.389.600
Mandiri Bank Rp 16.389.600

Demikian contoh soal laporan patty cash metode imprest dan metode fluktuasi. Metode dana tetap dan dana tidak tetap dalam mengelola kas kecil diperuntukkan bagi seluruh elemen perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnis. Akuntansi pengantar menjadi materi akuntansi dasar bagi calon staff accounting.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Laporan Patty Cash Metode Imprest"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel