Bagaimana Cara Membuat Kartu Pelanggan dan Pemasok di Myob Accounting

Bagaimana cara membuat kartu pelanggan dan pemasok di myob accounting? langkah-langkah mengisi saldo awal customer dan supplier menjadi prioritas

Konten [Tampil]

Bagaimana cara membuat kartu pelanggan dan pemasok di myob accounting? langkah-langkah mengisi saldo awal customer dan supplier menjadi prioritas dikarenakan perusahaan harus menjadwalkan penagihan dan pembayaran invoice yang telah jatuh tempo sesuai termin pembayaran yang disepakati.

Cara memasukkan saldo awal customer dan supplier pada myob accounting bertujuan agar entitas memperoleh kepastian tentang arus kas. Pengertian arus kas adalah aliran masuk dan keluarnya kas sebagai metode pembayaran utama untuk melunasi sebagian tagihan dan menerima piutang jatuh tempo.

Langkah-langkah mengisi neraca saldo awal haruslah sesuai dengan buku besar pembantu piutang dan hutang. Bagaimana cara input saldo kas kecil, kas dibank, piutang, persediaan barang dagang, aktiva tetap harus menerapkan persamaan dasar akuntansi untuk menentukan prioritas pembayaran tagihan yang jatuh tempo.

Bagaimana Cara Membuat Kartu Pelanggan dan Pemasok di Myob Accounting

Cara Membuat Customer Card dan Supplier Card di Myob

Cara membuat customer card dan supplier card pada myob versi terbaru memerluan informasi seperti alamat, kode pos, email dan nama yang bertanggungjawab ketika ada pesanan. Company profile adalah penjelasan singkat mengenai perusahaan yang berformat pdf dan berisi informasi tentang akta pendirian dan npwp.

Langkah-langkah membuat kartu pelangan dan pemasok pada aplikasi myob accounting harus menyelenggarakan aktivitas bisnisnya. Kartu customer adalah kartu yang memuat informasi detail tentang lawan transaksi dan berguna untuk melaksanakan aktivitas jual beli ketika terjadi hubungan antar perusahaan tersebut.

Cara membuat supplier card dan customer card harus didasarkan pada kebijakan akuntansi mengenai pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Myob menyediakan beberapa jenis kartu seperti kartu pelanggan, kartu pemasok dan kartu tenaga kerja sebagai dasar penentukan pemotongan pajak penghasilan orang pribadi.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Selisih Kurs Mata Uang Asing

Cara Input Saldo Awal Pelanggan dan Pemasok di Myob dan Accurate

Cara input saldo awal pelanggan dan pemasok di myob dan accurate bertujuan agar pelunasan dan pembayaran tagihan dapat berjalan sesuai termin pembayaran. Pengertian termin pembayaran menurut para ahli adalah jangka waktu pembayaran sejak barang diterima hingga kesepakatan penagihan dilaksanakan.

Cara memasukkan saldo awal customer dan supplier pada myob harus diselenggarakan secara maksimal agar arus kas masuk didapatkan secara tepat waktu. Piutang tak tertagih menandakan adanya kesulitan keuangan untuk membayarkan tagihan sesuai pembelian kredit dan penjualan kredit yang dilaksanakan.

Cara mengisi saldo awal piutang dan hutang para pelanggan dan pemasok perusahaan merupakan aktivitas pertama ketika entitas telah membentuk database baru. Menu untuk memasukkan neraca saldo awal adalah account balance sheet dan harus sesuai dengan buku besar pembantu yang dipergunakan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mencatat Transaksi Hutang Dagang

Cara Mencatat Saldo Piutang dan Hutang pada Myob Accounting

Cara mencatat saldo piutang dan hutang pada myob accounting berperan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Piutang adalah aktivitas penjualan kredit perusahaan yang akan ditunda pembayarannya ketika barang telah selesai diberikan dalam waktu sesuai termin pembayarannya.

Saldo awal hutang usaha bisa dimasukkan lewat modul list. Myob merupakan aplikasi buatan negara australia. Kode pajak dapat disesuaikan dengan aktivitas bisnis yang ada diperusahaan sebagai dasar pembayaran pajak terutang. Pajak penghasilan badan wajib dilaporkan paling lambat bulan ke empat dari tahun fiskal.

Cara mencatat saldo piutang dan hutang di myob accounting harus menyelenggarakan aktivitas bisnisnya sesuai kebijakan akuntansi. Untuk memasukkan saldo awal akun customer supplier pada myob melalui easy setup assistant wajib menyelenggarakan pembukuan melalui metode sebagai berikut:

  1. Mintalah company profile lawan transaksi
  2. Siapkan data seperti alamat, npwp, kode pos, jumlah saldo awal piutang dan hutang.
  3. Masuklah ke database dan login menggunakan akun yang dimiliki.
  4. Pilih menu New ketika masuk ke Customer Card atau Supplier Card.
  5. Isilah informasi sesuai database yang didapatkan.
  6. Myob telah memberikan jenis - jenis lawan transaksi meliputi pelanggan, karyawan dan pemasok barang

Baca Juga: Contoh Soal Kompensasi Kerugian Fiskal Selama 5 Tahun

Demikian cara membuat kartu pelanggan dan pemasok di myob accounting versi terbaru. Agar perusahaan dapat menerapkan sistem pembayaran dan penagihan sesuai termin pembayaran hendaknya menciptakan sistem pengendalian internal kas dan setara kas agar sesuai dengan masa berlakunya transaksi tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Membuat Kartu Pelanggan dan Pemasok di Myob Accounting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel