Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung dan Tidak Langsung

Metode penghapusan piutang tak tertagih secara langsung dan tidak langsung terjadi pada perusahaan jasa dan dagang disesuaikan kebijakan akuntansinya

Konten [Tampil]

Metode penghapusan piutang tak tertagih secara langsung dan tidak langsung terjadi pada perusahaan jasa dan dagang. Piutang yang tidak dapat ditagih terjadi sebab pelanggan tidak mampu membayarkan dalam jangka waktu yang disepakati setelah beberapa kali penagihan dan telah didapatkan surat pertanyaan dari pengadilan.

Contoh soal piutang tak tertagih dapat menggunakan metode langsung dan pembentukan cadangan kerugian piutang. Taksiran umur piutang akan mempengaruhi pemberian kebijakan penjualan kredit di masa mendatang sebagai upaya perusahaan mendapatkan tambahan manfaat ekonomis atas transaksi yang dilaksanakan.

Contoh jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang didasari pada penjualan kredit atau nilai piutang dagang. Piutang timbul ketika perusahaan memberikan termin pembayaran kepada pelanggan atas barang dan jasa yang telah diberikannya dimasa lampau.

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung dan Tidak Langsung

Kelebihan dan Kekurangan Penghapusan Piutang Metode Langsung

Kelemahan penghapusan piutang metode langsung adalah mengurangi pemanfaatan informasi akuntansi tentang pemeriksaan laporan keuangan. Piutang dagang dinilai berdasarkan nilai tukar yang disepakati antara penjual dan pembeli ketika menerima informasi penagihan barang dagang kepada para pelanggannya.

Kelebihan penghapusan piutang metode langsung adalah perusahaan tidak perlu membentuk cadangan kerugian piutang ketika para pelanggan memiliki credit score bagus. Credit score adalah penilaian kualitas pembayaran secara cicilan yang berasal dari kegiatan perusahaan dimana lampau sesuai tujuan penggunaannya.

Kelebihan dan kekurangan penghapusan piutang metode langsung atau direct method didapatkan bagi perusahaan yang menerapkan kebijakan akuntansi. Piutang tak tertagih adalah piutang yang secara nyata tidak dapat dibayarkan oleh pelanggan ketika sudah terjadi penyerahan barang dan jasa kena pajak.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Penjualan Kredit

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung pada perusahaan jasa dan dagang dapat diterapkan sebagai upaya publikasi laporan keuangan. Piutang diakui ketika entitas telah memberikan barang dan jasa kepada pihak ketiga dan diakui sebagai pendapatan pada periode berjalan.

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung wajib melakukan pelaporan sesuai cadangan kerugian piutang. Koreksi fiskal akan dilaksanakan karena beban kerugian piutang bukan menjadi salah satu objek yang dapat mengurangi penghasilan kena pajak ditahun berjalan.

Metode penghapusan piutang tak tertagih secara langsung dapat melaksanakan aktivitas retur penjualan. Barang kena pajak dapat dikembalikan untuk mengurangi jumlah piutang yang kurang dibayarkan. PT Kakraffi telah memperhitungkan beban kerugian piutang sebesar Rp 44.250.000, buatlah jurnal yang diperlukan?

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Jawabannya

Jurnal Penghapusan Piutang Metode Langsung

Jurnal penghapusan piutang metode langsung akan diterapkan ketika entitas memiliki kewajiban pembayaran pajak penghasilan badan. Wajib pajak badan harus melaporkan setiap biaya yang dikeluarkan sebagai upaya mempublikasikan laporan keuangan sejalan dengan aktivitas perpajakannya.

Contoh jurnal dan metode penghapusan piutang tak tertagih secara langsung dan tidak langsung akan mempresentasikan seluruh kekayaan yang ada diperusahaan. Taksiran piutang harus didasari pada tingkat penjualan kredit atau piutang dagang yang diperoleh perusahaan diakhir periode keuangan.

Metode penghapusan piutang secara langsung dikenal dengan direct method. Metode langsung artinya perusahaan tidak membuat cadangan ketika terjadi kerugian tetapi langsung mengurangi sejumlah nilai yang tidak dapat dibayarkan oleh pelanggan. Adapun jurnal penghapusan piutang tak tertagih sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Beban Kerugian Piutang Rp 44.250.000
Piutang Dagang Rp 44.250.000

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Demikian metode penghapusan piutang tak tertagih secara langsung dan tidak langsung dalam menyusun laporan posisi keuangan dan laba rugi. Beban kerugian piutang tidak dapat dijadikan pengurang pajak penghasilan badan karena bukan sebagai deductible expance yang diakui.

Belum ada Komentar untuk "Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Secara Langsung dan Tidak Langsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel