Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekening Giro Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal audit pemeriksaan rekening giro bank dan jurnal penyesuaiannya dilaksanakan setiap akhir bulan setelah entitas mendapatkan rekening koran

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan rekening giro bank dan jurnal penyesuaiannya dilaksanakan setiap akhir bulan setelah entitas mendapatkan rekening koran. Sistem pengendalian internal piutang dan hutang mewajibkan adanya bukti transaksi yang valid untuk permintaan pembayaran tagihan melalui rekening bank.

Jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank 2 kolom dan 4 kolom dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sistem pembayaran tagihan dan penerimaan kas penjualan harus diterapkan agar dana perusahaan dapat dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan secara maksimal sesuai tujuan pendirian entitas.

Contoh soal rekonsiliasi bank beserta jawabannya bertujuan agar wajib pajak dapat melaporkan total kekayaan yang dimilikinya. Entitas harus membayarkan tagihan selama periode berjalannya transaksi untuk meminimalisir kemungkinan tercapainya kewajiban sebelum penyerahan barang kena pajaknya.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekening Giro Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh Uji Substantif dan Uji Compliance Kas dan Setara Kas

Contoh uji subtantif dan uji compliance kas dan setara kas dapat dilakukan perusahaan untuk meyakinkan adanya transaksi keuangan yang mempengaruhi kebijakan perusahaan. Sistem pengendalian internal perusahaan harus dikenali untuk mencegah terjadinya pemanipulasian data keuangan selama berjalannya kegiatan perusahaan.

Perbedaan uji subtantif dan uji compliance kas dan setara kas wajib didistribusikan selama menjalankan aktivitas bisnis perusahaan. Uji subtantif berkaitan dengan kewajaran nilai yang tercantum pada laporan posisi keuangan sejalan dengan pencatatan bukti transaksi yang berasal dari kegiatan bisnis dan non bisnis perusahaan.

Contoh uji compliance kas dan setara kas diawali dengan memeriksa bagan alir dokumen. Aliran dokumen akan menentukkan pertanggungjawaban pembuatan informasi keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, entitas berkewajiban membayarkan pajak penghasilan badan sesuai tarif yang dikenakan pada pph pasal 17 undang-undang harmonisasi peraturan perpajakan.

Baca Juga: Cara Setting PPn 11% di Accurate Dekstop dan Online

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekening Giro Bank

Contoh soal audit pemeriksaan rekening giro bank bertujuan agar setiap pengeluaran dan pemasukan kas dapat dijalankan sesuai aturan yang berlaku. Aktiva lancar adalah total kekayaan yang dimiliki perusahaan dikurangi pembayaran hutang jangka panjang dan jangka pendek yang masih ada.

Contoh soal dan jawaban audit rekening giro bank hendaknya disesuaikan aturan perpajakan yang berlaku. Setiap penggunaan kas dan setara kas harus diterbitkan bukti kas keluar sejalan dengan pemeriksaan yang dilakukan baik menggunakan uji subtantif dan uji compliance untuk menerbitkan opini audit.

Contoh kasus audit kas kecil dan penyelesaiannya terjadi ketika PT Kakraffi menerima laporan rekening koran sebesar Rp 85.615.000. Catatan perusahaan menunjukkan saldo kas dibank sebesar Rp 86.480.000. Temuan audit mengindikasikan adanya pendapatan jasa yang belum dicatat oleh perusahaan. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian rekonsiliasi banknya?

Baca Juga: Cara Menghitung Cadangan Kerugian Piutang dari Persentase Penjualan Kredit

Ayat Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank bagi Perusahaan

Ayat jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank hanya akan dicatat oleh perusahaan karena pada sisi perbankan telah menggunakan sistem terkomputerisasi. Adanya penggunaan kekayaan perusahaan mengakibatkan berkurangnya tambahan manfaat ekonomis selama menjalankan aktivitas bisnis entitas tertentu.

Contoh soal audit pemeriksaan rekening giro bank dan jurnal penyesuaiannya wajib dibuat untuk melangsungkan kegiatan perusahaan. Prinsip akuntansi berterima umum wajib menerapkan akrual basis dan going concern disetiap transaksi yang mengakibatkan berkurangnya kas dan setara kas perusahaan.

Contoh ayat jurnal penyesuaian rekonsiliasi bank 2 kolom dan 4 kolom dibedakan berdasarkan total kekayaan perusahaan. Entitas berkewajiban menghitung pendapatan kena pajak yang dapat dikoreksi fiskal positif dan negatif. Adapun jurnal penyesuaian yang dibuat berdasarkan contoh soal audit pemeriksaan rekening giro bank adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Kas Rp 865.000
Pendapatan Jasa Giro Rp 865.000

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Demikian contoh soal audit pemeriksaan rekening giro bank dan jurnal penyesuaiannya yang menjadi materi praktikum audit. Pemeriksaan laporan keuangan wajib diselenggarakan untuk menyakinkan pengguna laporan dalam mengambil keputusan yang bersifat taktis dan mendukung kegiatan perusahaan dimana mendatang.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Rekening Giro Bank dan Jurnal Penyesuaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel