Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Masa Jatuh Tempo

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo bermanfaat mengurangi beban bunga yang harus dibayarkan materi akuntansi keuangan menengah

Konten [Tampil]

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum masa jatuh tempo akan dilakukan perusahaan ketika melihat nilai suku bunga menurun. Jika pelunasan obligasi dilakukan pada tanggal jatuh tempo, maka nilai yang harus dibayarkan perusahaan sebesar nilai pokok pinjaman beserta pembayaran bunga per tahun.

Contoh obligasi jangka panjang akan diterima oleh lawan transaksi ketika terjadi pinjaman kas dan setara kas. Pelunasan obligasi adalah pembayaran pinjaman kas yang telah diterima perusahaan dimasa lampau untuk membantu kegiatan operasionalnya tanpa menerbitkan tambahan saham biasa dan saham preferen.

Akuntansi keuangan menengah tentang pertanyaan obligasi akan menerangkan kapan jurnal penerbitan obligasi dan pembayaran bunga harus dicatat. Long liability artinya kewajiban jangka panjang yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada lawan transaksi sesuai termin pembayaran yang disepakati.

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Masa Jatuh Tempo

Apa itu Callable Bonds

Callable bonds adalah obligasi yang dapat dilunasi perusahaan sebelum tanggal jatuh tempo sesuai perjanjian pinjaman jangka panjang. Penyebab perusahaan mau melunasi tagihan adalah terdapat indikasi penurunan nilai suku bunga pasar yang mengakibatkan menurunnya biaya beban bunga yang harus dibayarkan.

Pertanyaan tentang obligasi terjadi ketika entitas akan mempertanggungjawabkan dana untuk melunasi tagihan yang jatuh tempo. Suku bunga pasar adalah nilai yang mau dibayarkan oleh investor agar dapat memberikan pinjaman jangka panjang sesuai keinginan dari perusahaan dalam perjanjian kerjasama.

Callable bonds adalah intrumen investasi dimana penerbit surat hutang dapat menarik kembali surat hutang sebelum masa jatuh tempo. Mengapa pelaksanaan call provision dianggap merugikan pemegang obligasi karena harus dikenakan sejumlah biaya provisi untuk membantu transaksi dapat diwujudkan.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Obligasi

Alasan Perusahaan Melunasi Obligasi Sebelum Masa Jatuh Tempo

Alasan perusahaan melunasi obligasi sebelum masa jatuh tempo dikarenakan terjadinya penurunan tingkat suku bunga pasar. Dalam perjanjian obligasi harus memuat informasi tentang nilai nominal, bunga per tahun, masa jatuh tempo dan kebijakan pengembalian dana investor yang telah dipinjam.

Mengapa perusahaan membayar pelunasan obligasi? untuk menghindari denda administrasi dan potongan pembayaran bunga. Obligasi berfungsi memberikan dana pinjaman agar entitas dapat melangsungkan kehidupannya untuk melaksanakan transaksi sesuai kebijakan yang berlaku.

Akuntansi keuangan menengah 2 tentang obligasi akan mengatur pengakuan dan penyajian liabilitas jangka panjang di laporan posisi keuangan. Jika pelunasan obligasi dilakukan pada tangal jatuh tempo maka perusahaan harus mampu membayarkan nilai hutang sesuai harga nominal beserta bunga yang disepakati.

Baca Juga: Macam-Macam Kewajiban Jangka Panjang

Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Masa Jatuh Tempo dan Jawabannya

Contoh soal pelunasan obligasi sebelum masa jatuh tempo dan jawabannya memungkinkan terjadinya penghematan pengeluaran biaya bunga. Bunga per tahun harus dibayarkan sesuai isi perjanjian pinjaman. Obligasi dapat diubah menjadi saham ketika entitas tidak mampu melunasinya sesuai tanggal perjanjian.

Contoh soal pembayaran bunga obligasi menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercantum pada surat hutang yang menunjukkan seberapa besar pokok pinjaman perusahaan. Premium dan diskonto obligasi akan terjadi ketika penjualan diatas atau dibawah nilai nominal.

Contoh soal penerbitan dan pelunasan obligasi terjadi pada PT Kakraffi yang memperoleh pinjaman jangka panjang senilai Rp 844.500.000. Masa jatuh tempo tagihan adalah 2 tahun dengan tingkat bunga 8%. Bagaimana jurnal pembayaran obligasi sebelum masa jatuh tempo dengan memanfaatkan callable bonds.

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aset Tetap

Demikian contoh soal pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo akuntansi keuangan menengah. Karakteristik obligasi adalah mengharuskan perusahaan membayarkan pokok pinjaman dan bunganya untuk memakai kas dan setara kas. Keuntungan menerbitkan obligasi adalah tidak menambah jumlah saham beredar.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Pelunasan Obligasi Sebelum Masa Jatuh Tempo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel