Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Taksiran Usia Ekonomis Aset Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan taksiran usia ekonomis aset tetap akan mempengaruhi kepercayaan pengguna laporan keuangan. Metode garis lurus akan memberikan hasil yang lebih realitis ketika akan menjadikannya sebagai biaya fiskal daripada penggunaan metode saldo menurun berganda.

Tabel masa manfaat aset tetap pemerintah dan komersial berfungsi untuk menentukan jumlah penyusutan setiap periodenya. Biaya yang menambah manfaat suatu aktiva diakui sebagai biaya reparasi rutin dan biaya pemeliharaan. Bedanya capital expenditure dan revenue expenditure adalah pengakuan sebagai biaya fiskal.

Kapan aset tetap diakui dan bagaimana cara menghitung biaya penyusutan untuk menghindari adanya koreksi fiskal? hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti peraturan menteri keuangan sebelum mengisi surat pemberitahuan pajak tahunan badan yang wajib dilaporkan di akhir bulan ke empat dari tahun fiskal.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Taksiran Usia Ekonomis Aset Tetap

Macam-Macam Metode Penyusutan Aktiva Tetap

Macam-macam metode penyusutan aktiva tetap menurut perpajakan dapat terjadi ketika entitas melaporkan pajak penghasilannya setiap periodenya. Tabel masa manfaat aset tetap pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan mempertanggungjawabkan dana bantuan yang diberikan serta penerimaan pajak daerah.

Metode penyusutan aset tetap yang tidak memperhitungkan nilai residu adalah metode saldo menurun berganda. Masa manfaat adalah perkiraan sebuah aktiva tetap dapat dipergunakan menurut pertimbangan entitas. Masa manfaat aset menurut pajak dikategorikan sesuai dengan nilai materialitas perolehan harta tersebut.

Perbandingan antara metode garis lurus, metode saldo menurun berganda, metode unit produksi dan metode jam kerja mesin terletak pada objek pembagi aset tersebut. Ketentuan umum perpajakan atau KUP pajak hanya memperkenankan entitas menggunakan metode garis lurus dan saldo menurun berganda setiap periode.

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Residu Aktiva Tetap

Cara Menentukan Masa Manfaat Aset Tetap Pemerintah dan Perusahaan

Cara menentukan masa manfaat aset tetap pemerintah dan perusahaan perlu mempertimbangkan apakah sebuah mesin atau kendaraan diakui sebagai persediaan atau aktiva. Persediaan adalah kekayaan perusahaan yang bertujuan untuk diperdagangkan agar memperoleh penghasilan kena pajak.

Cara menghitung masa manfaat aktiva tetap perusahaan dan pemerintah daerah dapat mengikuti pengalaman perusahaan dimasa lampau. Apabila taksiran umur manfaat aset tetap dirubah, maka entitas hanya melakukan perubahan ditahun berjalan dan berikutnya tanpa mempertimbangkan perubahan di masa lampau.

Cara menentukan umur ekonomis aktiva tetap menurut ketentuan perpajakan dapat digunakan untuk instansi pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Perolehan aset tetap harus mengikuti aturan agar dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana. Langkah-langkah menentukan umur manfaat aktiva adalah

  1. Tentukan apakah mesin atau kendaraan diakui sebagai persediaan atau aktiva tetap
  2. Buka peraturan menteri keuangan atau PMK tentang penyusutan aktiva tetap
  3. Lihat kategori aset tetap untuk menghindari koreksi fiskal

Baca Juga: Contoh Kasus Hubungan Kantor Pusat dan Cabang

Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aktiva Tetap

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aktiva tetap berdampak pada penurunan tingkat kepercayaan pengguna laporan keuangan. Pemakai laporan keuangan terdiri dari pihak internal seperti manajerial dan karyawan. Pemakain laporan keuangan dari pihak eksternal seperti bank, kreditur, pemerintah pusat.

Contoh soal dan jawaban perubahan taksiran usia ekonomis aset tetap harus menyesuaikan kebiasaan entitas dalam mempertanggungjawabkan dana. Metode jumlah angka tahun akan menghitung biaya penyusutan dari penjumlahan bilangan tahun penyusutan sesuai kategori aktiva tetap menurut perpajakan.

Contoh soal dan jurnal perubahan umur manfaat aset tetap dilaksanakan ketika entitas telah mengeluarkan biaya fiskal yang besar. Misalnya CV Staff Accounting memiliki mobil seharga Rp 93.600.000 yang telah disusutkan selama 2 tahun. Pada tahun ketiga, entitas mengeluarkan capital expenditure yang menaikkan masa pakai selama satu tahun.

Hitunglah biaya penyusutan baru yang dilaporkan perusahaan pada spt tahunan badan?

Biaya Perolehan Rp 93.600.000
Umur Manfaat Awal8
Biaya Depresiasi Per Periode Rp 11.700.000
Nilai Buku akhir tahun ke dua Rp 70.200.000
Taksiran usia manfat baru7
Biaya Depresiasi setelah perubahan umur manfaat Rp 10.028.571

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Perolehan dan Penyusutan Metode Garis Lurus

Demikian contoh soal dan jawaban perubahan taksiran usia ekonomis aset tetap menurut pajak dalam materi akuntansi keuangan menengah. Metode penyusutan aset tetap yang tidak memperhitungkan nilai residu adalah metode saldo menurun berganda atau double declining method.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Taksiran Usia Ekonomis Aset Tetap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel