Contoh Soal Wesel Bayar dan Pencatatan Jurnal Akuntansinya

Contoh soal pencatatan jurnal wesel bayar dan wesel tagih dalam akuntansi keuangan untuk menilai kualitas kredit dari customer atau pemasok perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal wesel bayar dan pencatatan jurnal akuntansi dapat diselenggarakan mengikuti aturan pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Wesel tagih termasuk akun hutang jangka panjang, wesel bayar termasuk akun piutang dagang. Penerbitan wesel harus ditandatangani batas waktu pengembalian pinjaman.

Bagaimana perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan bayar ditentukan berdasarkan kesepakatan dengan pemilik dana. Utang usaha atau utang dagang adalah kewajiban perusahaan untuk mengembalikan dana atas pemanfaatan aktiva milik perusahaan lain. Utang diakui sebagai penambah modal dari pihak ketiga.

Contoh jurnal wesel bayar berbunga dan tanpa bunga pada dasarnya dapat menyesuaikan aturan perpajakan yang berlaku. Pendapatan bunga wesel akan dikenakan pajak penghasilan tahunan yang dijadikan kredit pajak. Wesel tagih termasuk akun aktiva. Wesel bayar termasuk liabilitas entitas.

Kelebihan dan Kekurangan Surat Wesel Tagih dan Bayar

Kelebihan dan kekurangan surat wesel tagih dan bayar terletak pada kemampuan lawan transaksi melaksanakan pembayaran. Keuntungan memiliki wesel adalah didapatkannya pendapatan bunga diakhir periode pembayaran sehingga entitas akan memperoleh nilai nominal wesel berserta bunga per tahunnya.

Pengertian wesel tagih adalah surat perintah pembayaran tagihan kepada pelanggan perusahaan yang menggunakan kebijakan penjualan kredit. Pengertian wesel bayar adalah perjanjian tertulis untuk membayarkan sejumlah pinjaman tertentu dengan batas waktu yang disepakati untuk pemberian bunga wesel.

Kekurangan dan kelebihan wesel tagih dan wesel bayar terletak pada pihak yang menerbitkan surat hutang tersebut. Promes dan wesel memiliki kesamaan yaitu memiliki nilai nominal yang harus dibayarkan. Bunga diskonto wesel akan dipotongkan ketika terjadi penjualan wesel sebelum masa jatuh tempo berakhir.

Baca Juga: Rumus Persamaan Dasar Akuntansi Keuangan Pemerintah

Contoh Soal Wesel Bayar Berbunga dan Tanpa Bunga

Contoh soal wesel bayar berbunga dan tanpa bunga dapat diterapkan untuk memanfaatkan sistem pengendalian internal kas dan setara kas. Pendapatan bunga wesel terutang pajak penghasilan yang harus disetorkan ke negara ketika entitas melaksanakan pelaporan spt tahunan badan atau orang pribadi.

Contoh soal dan jurnal wesel bayar dan wesel tagih diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki permasalahan tunggakan pembayaran dari pelanggan. Tanggal penarikan wesel adalah masa dimana entitas mengeluarkan surat hutang. Tanggal jatuh tempo wesel adalah waktu harus dibayarkannya tagihan entitas.

Contoh soal dan jawaban wesel jangka panjang terjadi ketika PT Kakraffi membeli peralatan kantor dengan menerbitkan wesel bayar senilai Rp 84.620.000. Tingkat bunga per tahun sebesar 8% dan masa jatuh tempo selama 100 hari. Berapakah yang harus dibayarkan perusahaan ketika wesel akan jatuh tempo tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan Pembahasannya

Cara Menghitung Bunga Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Cara menghitung bunga wesel bayar dan wesel tagih dilakukan sesuai kebijakan kewajiban jangka panjang. Jangka waktu pelunasan tagihan dapat dihitung berdasarkan hari dengan ketentuan dimana tanggal penarikan wesel tidak diperhitungkan dan tanggal jatuh tempo dihitung sebagai penambah bunga.

Cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tagih dan wesel bayar berbunga dan tanpa bunga dapat dilaksanakan ketika entitas menerima surat hutang tersebut. Membeli peralatan kantor dengan menerbitkan wesel akan menambah jumlah modal dari pihak eksternal yang harus dilunasi sebelum likuidasi entitas.

Contoh soal jurnal wesel bayar dalam akuntansi keuangan menengah harus berisikan informasi nilai nominal, tingkat bunga per tahun dan jangka waktu jatuh tempo. Piutang wesel diakui sebesar nilai tercatat dalam surat hutang. Adapun contoh perhitungan beban bunga wesel jangka panjang sebagai berikut:

KeteranganJumlah
Nilai Nominal Wesel Rp 84.620.000
Bunga8%
Masa Jatuh Tempo100
Pendapatan Bunga Rp 1.854.685
Jumlah Kas yang Diterima Rp 86.474.685

Jurnal mencatat transaksi penerbitan wesel bayar dan pelunasan tagihan ketika jatuh tempo pembayaran sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
30/08/2021Hutang Dagang Rp 84.620.000
Wesel Bayar Rp 84.620.000
(Jurnal penerimaan pembayaran wesel)
08/12/2021Wesel bayar Rp 84.620.000
Kas Rp 1.854.685
Pendapatan Bunga Wesel Rp 1.854.685
Pendapatan Usaha Rp 84.620.000
(Jurnal pelunasan wesel bayar)

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Umur Aktiva Tetap

Demikian contoh soal wesel bayar dan pencatatan jurnal akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas harus dapat mencegah terjadinya kehilangan uang sebagai metode pembayaran. Piutang wesel diselesaikan dengan menyerahkan kas atau dijadikan modal saham.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Wesel Bayar dan Pencatatan Jurnal Akuntansinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel